• Home
  • Politik
  • KPU Dumai Terima DP4 188.405 dari Kemendagri

KPU Dumai Terima DP4 188.405 dari Kemendagri

redaksi
Kamis, 11 Jan 2018 00:04
IST
Ketua KPU Dumai Darwis.
Xnewss.com, Dumai - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai menerima Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) dari Kementerian Dalam Negeri 188.405 orang yang terdiri dari prempuan dan laki laki yang tersebar di setiap TPS untuk pemilihan Gubenur Riau 2018 dan pemilu 2019 beberapa hari lalu.

Ketua KPU Kota Dumai Darwis Sag mengatakan, pihaknya akan memproses data-data tersebut menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS). DPS yang akan disusun mengacu pada DP4. Berdasarkan data yang diterima KPU, DP4 berjumlah 188405 orang yang pada tanggal 20 Januari nantiknya akan melakukan pengecekan atas DP4 tersebut sebagai daftar pilgub dan pemilu.

"DP4 merupakan data untuk DPS. Kami punya waktu 1 bulan, DPS kami turunkan hingga kelurahan akan diteliti dan dicocokkan. Itu untuk memastikan kualitas data kita lebih baik dibanding pemilu sebelumnya. Januari ini sudah mulai susun DPS," kata Darwis, Selasa (09/01/2018) Kemarin. 

Ia menambahkan, jumlah DP 4 188.405 orang didapatkan berdasarkan e-KTP. Menurut Darwis, tingkat validitas DP4 terjamin, sehingga duplikasi data kependudukan diharapkan tidak terjadi.

Ketua KPU ini menekankan, walau Kemendagri  telah menyerahkan DP4 kepada KPU, kerja sama antar lembaga harus tetap berjalan. "Mungkin saja ke depan masih ada perkembangan perekaman data lagi," katanya sembari menjelaskan bahwa dalam pemutakhiran data akan melibatkan beberapa pihak seperti ppk,pps.

Dengan demikian jelas Darwis, KPU menyampaikan kepada PPS melalui PPK untuk melakukan indenfikasi diwilayah masing masing. "KPU menghimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan perekaman KTP Elektronik, meminta data penduduk yang meninggal dan mutasi penduduk masuk dan keluar diwilayah masing masing," katanya.

KPU akan menyerahkan ke PPS untuk dilakukan coklit secepatnya menjelanf proses penyusunan DPT akan dilakukan sampai pengumumannya ditetapkan, ujarnya sembari menegaskan bahwa masih ada ruang kepada pemilih yang belum ter-cover dalam DPT, dimana hal itu akan menjadi data pemilih tambahan.(Sar)
T#g:
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir

RSS

Kontak