Pariwara

Pemko Dumai Siapkan Dua Kantor Kelurahan Pemekaran di Kecamatan Bukit Kapur

redaksi
Sar
Camat Bukit Kapur bersama rombongan saat meninjau lokasi.
Xnewss.com, Dumai - Walikota Dumai melalui Camat Bukit Kapur Agus Gunawan Ssos mengemukakan, rencana Pemerintah memekarkan Kelurahan mendapat lampu hijau dari Kementerian Dalam Negeri Repulik Indonesia.


Hal ini diungkapkan Camat Bukit Kapur Agus Gunawan Ssos dalam peninjauan lokasi pembangunan kantor Kelurahan Bagan Besar Selatan di Jalan KUD RT05 Eks kantor Rumah Hewan Potong dan Bukit Kayu Kapur Selatan di Jalan Kebun RT 14.


Agus mengatakan, banyak pertimbangan untuk dimekarkannya kelurahan  di Kecamatan Bukit Kapur. Antara lain, rentang pelayanan dan kendali pemerintahan bisa lebih cepat.


"Kami berharap tidak ada hambatan dalam pemekaran kelurahan karena anggaran nya sudah ada," katanya.


Untuk persyaratan sudah terpenuhi. Mulai dari luas wilayah, penduduk sampai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sudah menyetujui (pemekaran), jelasnya.


Ia melanjutkan, Pemerintah Kota Dumai sudah pula mempersiapkan sarana dan prasana untuk kedua kelurahan tersebut.


Seperti, gedung perkantoran sementara dan perkantoran permanen baik untuk di rehap maupun di bangun baru.


"Perlu diketahui, satu kantor  lahannya sudah aman karena memang milik Pemko Dumai dan satu lagi hibah dari masyarakat," ujar Agus.


Pemerintah mengatakan, Pemko Dumai sudah melakukan kajian akademis dengan melibatkan akademisi, Ia menjelaskan, rencana pemekaran ini sendiri sudah digulirkan sejak beberapa tahun lalu dan baru di realisasikan pada 2020 ini. Karena Covid tapi di tunda dan akan di realisasikan paling lambat Desember 2020 jika itu sudah ada persetujuan dari pemerintah Pusat.


"Untuk bisa melakukan pemekaran syaratnya paling penting adalah Dumai harus sudah melakukan pelayanan administrasi terpadu. Selain itu kita harus mempersiapkan titik koordinat termasuk fasilitas kantor Kelurahan sementara menjelang di bangun," kata Camat Bukit Kapur  menerangkan.


Tuntutan kualitas pelayanan masyarakat dan kajian akademik menjadi pertimbangan lainnya. Dari jumlah angka kepadatan penduduk di setiap kelurahan juga sudah dibagi merata. Intinya perluasan ini lebih mempermudah pelayanan masyarakat di dua kelurahan sebelumnya," paparnya.


"Saat ini kecamatan Bukit Kapur memiliki 5 kelurahan dan di tambah dua menjadi tujuh kelurahan. Semoga dengan dilakukannya pemekaran ini menjadi pendorong ujud perekonomian warga dan pembangunan wilayah," pungkasnya. (xn5)

Penulis: redaksi