Pariwara

Pemkab Siak Bersama Forkopimda Upacara Virtual HUT Bhayangkara Ke-74

redaksi
Humas
Xnewss.com, Siak - Pataka Tribrata merupakan nilai dasar pedoman moral dan penuntun nurani bagi setiap anggota Polri, nilai ini perlu terus dipupuk agar setiap prajurit polri memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam upaya penegakan hukum, serta melindungi dan mengayomi masyarakat, sehingga tercipta Kantibmas yang kondusif guna mendukung masyarakat yang produktif.


Dalam upaya tersebut, bertempat di lantai II ruang vidcon, Rabu (01/07/2020), Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Jamaluddin bersama Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanjaya didampingi Ketua DPRD Kabupaten Siak Azmi, Kajari Siak Zondri, SH, Ketua Pengadilan Negeri Siak Roza El Afrina, Danramil  Mayor Suratno, Wakapolres Siak Zulanda,SIK  mengikuti upacara virtual Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-74 yang diselenggarakan langsung dari Istana ke-Presidenan di Jakarta, upacara virtual ini juga dihadiri oleh seluruh jajaran Mentri dan Kepala Lembaga Tinggi Negara.


Bertindak selaku inspektur upacara Presiden Republik Indonesia H.Joko Widodo, dalam amanatnya menyampaikan ucapan selamat ulang tahun serta apresiasi kepada Korp Bhayangkara yang telah memberikan pengabdian kepada Bangsa dan Negara.


"Atas nama rakyat, bangsa, dan negara saya mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke-74 kepada seluruh keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia, serta saya ucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian, pengorbanan dan sumbangsih saudara sekalian dalam rangka menjaga Kantibmas, penegakan hukum serta pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat," ujar Joko Widodo.


Presiden juga menyampaikan harapan besar kepada Polri untuk ikut aktif dalam mengajak masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan


Pandemi covid-19 yang melanda Dunia, termasuk Indonesia merupakan cobaan berat dalam situasi ini, kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat dibutuhkan dalam mengajak masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, serta aktif mengawal kelancaran penyaluran bantuan sosial dan terutama menjaga Kamtibmas tetap kondusif.


"Keselamatan rakyat adalah yang paling utama, Keselamatan dan kepentingan rakyat adalah hukum tertinggi," tambah mantan Gubernur Jakarta tersebut.


Disamping itu, Presiden juga mengingatkan kepada jajaran Polri untuk terus mereformasi diri secara total, profesional dan modern.


"Saya ingatkan bahwa Polri akan menghadapi tantangan yang semakin berat dan kompleks. Mulai kejahatan konvensional, lintas negara, kejahatan berimplikasi kontingensi, sampai kejahatan terhadap kekayaan negara, untuk itu Jajaran Polri harus terus mereformasi diri secara total, profesional dan modern," tambahnya.


Diakhir sambutan Presiden menyampaikan intruksi sebagai pedoman pelaksanaan tugas Polri diantaranya Polri untuk mengamalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya,  membangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel, memantapkan soliditas internal perkuat sinergritas TNI POLRI.


Presiden Jokowi juga memberikan instruksi agar Polri menerapkan strategi proaktif, bertindak persuasif, humanis. Polri juga diharapkan terus meningkatkan pelayanan publik yang modern, profesional, menjaga kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan.


Terakhir mantan Wali Kota Solo itu juga menambahkan agar Polri terus mendukung proses pemulihan ekonomi Nasional sesuai kewengan yang dimiliki Polri.


Pada acara selanjutnya,  Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Jamaluddin beserta Kapolres Siak Doddy S Sanjaya melaksanakan tasyakuran yang pelaksanaannya dipusatkan di halaman Kantor Polres Siak. Acara tersebut selain dihadiri unsur Muspida, juga dihadiri oleh tokoh masyarakat, alim ulama, LSM, serta perwakilan BRI Kcp. Siak dan masyarakat.


Dalam sambutannya, Jamaluddin mengucapkan tahniah HUT Bhayangkara serta apresiasi kepada jajaran Polres Siak atas dedikasi tinggi kepada masyarakat dalam menjaga Kamtibmas tetap kondusif.


"Saya mewakili Bapak Bupati dan Pemerintah Kabupaten Siak mengucapkan selamat hari jadi Bhayangkara ke-74 kepada seluruh jajaran Polres Siak,  kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras, pengabdian, dan segala upaya yang telah dilakukan Bapak Kapolres beserta jajaran dalam pengamanan Kamtibmas di tengah pandemi covid-19 ini," ungkapnya.


Jamaluddin dalam kesempatan ini juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga pola hidup sehat dalam menyongsong era baru new normal.


"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat dimasa pandemi covid-19 yang belum di temukan obatnya ini, untuk tetap waspada dan menjalankan pola hidup sehat dalam menyongsong era baru new normal," harapnya.


Sesuai dengan moto perayaan HUT Bhayangkara ke-74  yakni Kamtibmas Kondusif, masyarakat semakin produktif saya mengharapkan agar Kapolres beserta jajaran terus bersinergi dengan TNI, serta masyarakat untuk terus menjaga Kamtibmas di Kabupaten Siak  ini sehingga masyarakat tetap produktif di tengah pandemi covid-19," tambahnya.


Dikesempatan yang sama Kapolres Siak Doddy F Sanjaya mengucapkan terimakasih kepada panitia dan seluruh elemen masyarakat sehingga acara dapat berjalan dengan lancar. Kapolres juga menghimbau kepada jajaran prajurit agar terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.


"Saya mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya acara ini dengan baik,  Saya juga intruksikan kepada seluruh prajurit agar tetap disiplin, mengajak masyarakat menjaga pola hidup sehat, guna mewujudkan Kamtibmas kondusif untuk mendukung masyarakat produktif," terangnya.


Pada akhir kegiatan dilaksanakan potong tumpeng oleh Kapolres dan diserahkan kepada prajurit termuda Bripda Fernando Julianto Hasibuan, dan prajurit tertua Kompol Akhmaliah. Kemudian acara dilanjutkan pembagian hadiah sebagai bentuk apresiasi Polres Siak kepada masyarakat yang telah ikut memeriahkan HUT Bhayangkara ke -74 tahun ini. (Jp)

Penulis: redaksi