• Home
  • Nasional
  • Perdana Dilaksanakan, Disdukcapil Kota Dumai Telah Mengeluarkan Sebanyak 29 Ribu KIA

Perdana Dilaksanakan, Disdukcapil Kota Dumai Telah Mengeluarkan Sebanyak 29 Ribu KIA

redaksi
Jumat, 12 Jul 2019 19:47
Sar
Salah seorang warga Kota Dumai menunjukkan KIA milik anaknya.
Xnewss.com, Dumai - Dalam dua tahun belakangan, Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai telah mengeluarkan sebanyak 29 ribu Kartu Identitas Anak (KIA).

Dimana program KIA itu sendiri merupakan pilot project perdana yang dilaksanakan di Kota Dumai. Dan hal serupa nantinya akan dilaksanakan diseluruh Kabupaten kota se Riau.

"KIA di Riau itu baru di Kota Dumai. Berdasarkan informasi, tahun ini akan dilaksanakan pula di seluruh kabupaten kota se Riau," ujar Kadisdukcapil Kota Dumai Suardi, pada Jumat (12/07/2019).

Dimana pelaksanaan program tersebut memang belum tercapai secara keseluruhan. Namun demikian, Disdukcapil optimis pembuatan KIA akan bisa terlaksana bagi seluruh masyarakat usia anak-anak di Kota Dumai.

"Sebenarnya, untuk membuatnya juga tidak sulit kok. Hanya butuh akta kelahiran dan fotokopi KK," jelasnya.

Suardi menjelaskan, bagi yang sudah berusia diatas lima tahun pada saat pembuatan, maka wajib difoto sebagai pelengkap kartu identitasnya. Sedangkan bagi yang dibawah lima tahun, tidak memiliki foto pada kartu identitas anak yang akan dikeluarkan.

"Program ini gratis tanpa biaya. Jadi, kenapa harus takut. Mari semua orangtua di Kota Dumai agar segera mengurus KIA sebagai kelengkapan administratif anak-anaknya," ajaknya.

Vivi salah seorang warga Kota Dumai mengatakan, selain proses pengurusannya yang tidak sulit, kegunaan KIA itu sendiri sudah dapat dirasakan di Kota Dumai.

"Misalnya saja pada saat mau mendaftarkan anak ke sekolah kita diminta untuk menunjukkan KIA. Nah, ini lumayan bisa menggantikan administrasi lainnya seperti akta dan sebagainya. Karena, dengan KIA, identitas anak saya sudah terdata secara online juga," tutur Ibu muda ini sambil menunjukkan KIA milik anaknya. (Sa)
T#g:Disdukcapil Kota DumaiKIA
Berita Terkait
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir

RSS

Kontak