KPU : Dumai Berpotensi Pemungutan Suara Ulang

redaksi
Rabu, 17 Apr 2019 13:12
Sar
Ketua KPU Dumai, Darwis S.ag.
Xnewss.com, Dumai - Banyaknya Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang kekurangan surat suara mulai dari surat suara pemilihan legislatif Kota hingga surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden di Kota Dumai membuat pemungutan suara di Kota Dumai berpotensi dilakukan pengulangan.

Potensi pemungutan suara ulang ini tidak terlepas dari banyaknya TPS yang mengalami kekurangan surat suara.

Ketua KPU Kota Dumai, Darwis S.ag kepada awak media, Rabu (17/04/2019) mengakui adanya beberapa TPS yang mengalami kekurangan surat suara.

"Memang ada beberapa TPS yang mengalami kekurangan surat suara dan kita akan terus berupaya melakukan pemenuhan surat suara tersebut," ujar Darwis.

Untuk memenuhi kekurangan surat suara di satu TPS maka kita sarankan untuk berkoordinasi dengan TPS terdekat untuk meminta surat suara yang kurang. Kalau memang masih kurang kita akan Carikan solusi terbaik untuk itu.

Terkait solusi yang akan diberikan oleh KPU terkait kurangnya surat suara Darwis tidak menjawab dengan terang. "Nanti kita akan cari solusi bagaimana mengatasi masalah ini," tambahnya.

"Sesuai dengan undang undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum, maka bisa dilakukan pemungutan suara ulang. Pemilu di Kota Dumai berpotensi untuk diulang," kata Darwis.

Ini human eror, saya sebelumnya sudah memerintahkan kepada pegawai kita untuk hati-hati dalam bekerja.

Sementara itu, ketua Bawaslu Kota Dumai Zulfan mengakui adanya laporan kekurangan surat suara di sejumlah TPS yang ada di Kota Dumai.

"Sesuai laporan yang kita dapat, tidak hanya di satu TPS saja terjadi kekurangan surat suara di Kota Dumai namun ada beberapa tempat. Bahkan ada satu tempat mengalami kekurangan surat suara mencapai 194 surat suara,"ujar Zulfan.

Dikatakan Zulfan, ada laporan yang kita terima mengatakan kalau ada disalah satu TPS yang surat suaranya tertukar. "Seharusnya surat suara ada di daerah pemilihan 3 namun dikirim ke TPS yang ada di daerah pemilihan 1," tambah Zulfan.

Sebelumnya kita sudah berkali-kali menekankan kepada KPU untuk bekerja lebih hati-hati dalam penyaluran surat suara, namun mungkin ini humas eror sehingga terjadi seperti ini, sesuai dengan undang undang pemilu nomor 7 tahun 2017 memungkinkan untuk dilakukan pemungutan suara ulang. (Sa)
T#g:CoblosKPU DumaiKota Dumai
Berita Terkait
  • Selasa, 07 Mei 2019 15:01

    Hasil Rekapitulasi KPU Dumai, Pasangan Probowo - Sandi Unggul

    Xnewss.com, Dumai - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai akhirnya menuntaskan proses penghitungan suara tingkat Kota, Senin (06/05/2019) malam.Proses perhitungan yang berlangsung hingga larut m

  • Sabtu, 04 Mei 2019 15:38

    Penghitungan Suara Berjalan Sukses, Tomas Sungai Sembilan Ajak Kembali Pererat Silaturahmi

    Xnewss.com, Dumai- Setelah hampir satu bulan lebih saling mempromosikan pasangan calon Presiden dan wakil presiden serta calon legislatif yang di usung dengan program kerja yang ada sudah saatnya masy

  • Sabtu, 04 Mei 2019 15:31

    Tomas Apresiasi Pemilu Serentak 2019 Berlangsung Sukses

    Xnewss.com, Dumai- Tokoh masyarakat Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai mengapresiasi pelaksanaan dan penghitungan suara yang berjalan transparan, adil, jujur, lancar serta demokratisApresiasi tinggi ju

  • Sabtu, 04 Mei 2019 15:24

    Sukses Perhitungan Suara Tingkat PPK, H. Paiman Ajak Masyarakat Bersabar menunggu Hasil Penghitungan KPU Kota

    Xnewss.com, Dumai- Pemilu 2019 di Kota Dumai secara keseluruhan sudah dilaksanakan secara transparan, jujur dan adil serta demokratis.Berbagai intrik selama proses demokrasi lima tahunan di Kota

  • Jumat, 03 Mei 2019 20:41

    Satgas Karlahut Mandiri Tangguh Bersatu Sungai Sembilan Resmi Dikukuhkan Wawako Dumai

    Xnewss.com, Dumai - Komitmen memberantas dan mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kota Dumai, Satgas Karlahut Mandiri Tangguh Bersatu Kecamatan Sungai Sembilan dikukuhkan,

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak