• Home
  • Nasional
  • Dinkes Temukan Jentik-Jentik di Rumah Warga Positif DBD

Dinkes Temukan Jentik-Jentik di Rumah Warga Positif DBD

redaksi
Kamis, 28 Nov 2019 18:50
Ist
Foto ilustrasi.
Xnewss.com, Dumai - Memasuki Musim penghujan, Deman Berdarah Dengue (DBD) menjadi perhatian khususnya bagi masyarakat, dan Dinas Kesehatan Dumai, termasuk pihak RSUD. 

Bahkan, dengan cuaca yang sering Hujan Panas membuat perkembangan jentik-jentik nyamuk Aedes Aygepti semakin meningkat, untuk itulah masyarakat harus rajin membersihkan lingkungan dan menjalankan program 3M Plus. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Dumai Faisal mengungkapkan, memang di akhir tahun ini penyebaran DBD mengalami peningkatan, salah satu faktornya adalah musim penghujan. 

Ia menyebutkan, dikarenakan cuaca kadang hujan dan panas, diharapkan masyarakat melakukan pembersihan dari tempat tinggal ‎sendiri maupun lingkungan sekitar. 

"Jadi kalau kebersihan di mulai dari rumah kita sendiri maka perkembangan nyamuk penyebab DBD tidak akan berkembang, tapi sebaliknya, kalau lingkungan tempat tinggal kita bersih, tapi rumah kita sendiri tidak bersih, nyamuk tetap akan berkembang," katanya, Kamis (28/11/2019).

Faisal juga menceritakan, saat tim Dinkes melakukan penyisiran ke rumah yang positif DBD, tim menemukan banyak tumpukan sampah plastik, bahkan di dalam rumah positif DBD ditemukan jentik-jentik nyamuk di Dispenser. 

Diakuinya, tidak hanya didalam dispenser, jentik jentik nyamuk juga banyak ditemukan di tempat penampungan air, wadah-wadah terbuka penampung air.

Maka dari itu ia menghimbau masyarakat, pencegahan DBD yang paling efektif adalah dengan menggalakkan 3M ‎yang dimulai dari rumah sendiri, kemudian lingkungan sekitar. 

"Kita sudah intruksikan setiap puskesmas untuk mensosialisasikan dan langsung terjun kelapangan jika ditemukan pasien positif DBD," imbuhnya.(Ry)
T#g:DBD
Berita Terkait
  • Jumat, 29 Nov 2019 18:21

    Walikota Dumai Himbau Masyarakat Galakkan PSN 3M Plus

    Xnewss.com, Dumai -  Tingginya jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi perhatian seluruh masyarakat Kota Dumai. Termasuk Walikota Dumai Zulkifli As yang meninjau sekaligus menjenguk

  • Kamis, 28 Nov 2019 18:48

    DBD di Dumai Meningkat, Jumlah Pasien Meninggal Dunia Bertambah

    Xnewss.com, Dumai - Meningkatnya jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Dumai menjadi perhatian bersama, bagaimana tidak hingga November 2019 tercatat sebanyak 803 pasien terserang

  • Kamis, 07 Nov 2019 16:40

    Penderita DBD Meningkat, Hingga November 2019 RSUD Dumai Telah Tangani 575 Pasien

    Xnewss.com, Dumai - Deman Berdarah Dengue (DBD) sudah menjadi perhatian khususnya bagi masyarakat, sebab terhitung sejak Januari-November 2019, tercatat sebanyak 575 pasien terserang penyakit DBD

  • Selasa, 16 Jul 2019 17:10

    Pasien Penderita DBD di Dumai Meningkat

    Xnewss.com, Dumai - Terhitung sejak Januari hingga Juli 2019, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai sedikitnya telah menangani sebanyak 242 pasien penderita Demam Berdarah Dengue (DBD).Diband

  • Kamis, 23 Mei 2019 19:37

    Cegah DBD, Dinkes Dumai Fokus Pemberantasan Nyamuk Hingga Mengedukasi Masyarakat

    Xnewss.com, Dumai - Musim hujan dan air pasang keling yang berlangsung hampir di seluruh wilayah Kelurahan Pangkalan Sesai dan sekitarnya  mengakibatkan banyak orang terserang sejumlah penya

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak