• Home
  • Nasional
  • DBD di Dumai Meningkat, Jumlah Pasien Meninggal Dunia Bertambah

DBD di Dumai Meningkat, Jumlah Pasien Meninggal Dunia Bertambah

redaksi
Kamis, 28 Nov 2019 18:48
Ist
Foto istimewa.
Xnewss.com, Dumai - Meningkatnya jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Dumai menjadi perhatian bersama, bagaimana tidak hingga November 2019 tercatat sebanyak 803 pasien terserang penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Bahkan, tiga anak meninggal dunia akibat penyakit berbahaya tersebut. Data tersebut merupakan hasil yang dirangkum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai.

Kepala Seksi Pelayanan Medis RSUD Kota Dumai, dr Bakrie‎ mengungkapkan, terhitung sejak Januari hingga November 2019, tercatat sebanyak 803 pasien terserang penyakit DBD yang ditangani RSUD dan tiga anak di Kota Dumai meninggal dunia akibat DBD. 

Diakuinya, tiga anak tersebut dilarikan ke RSUD Dumai, ketika masuk ke tingkat paling membahayakan yakni DSS (Dengue Shock Syndrom).

"Hingga November 2019, ada 803 pasien DBD yang kita tangani, dimana 3 anak meninggal dunia. Satu warga Kelurahan Bagan Besar meninggal dunia Januari lalu, satu warga Kelurahan Teluk Binjai meninggal dunia pada 4 November  2019, dan satu lagi 1 pasien dari kecamatan Sungai Sembilan pada 12 November 2019, " terangnya.

Dijelaskannya, untuk jumlah pasien DBD yang ditangani setiap bulannya, berkisar pada angka 20 hingga 60 pasien. Dimana, jumlah penderita DBD meningkat signifikan terjadi pada November  dengan jumlah 239  pasien.

"Secara keseluruhan, pasien yang terserang DBD diusia 5-15 tahun. Sesuai data pasien DBD yang kita tangani di bulan November mencapai 239 orang. Artinya, jika dibandingkan pada bulan lainnya, jumlah itu meningkat cukup signifikan," ungkapnya.

Ia menjelaskan, adapun wilayah yang rentan terserang DBD terdapat ditiga Kecamatan yaitu, Kecamatan Sungai Sembilan ada ditiga Kelurahan, Tanjung Penyebal dan Basilam Baru. Sementara, untuk Kecamatan Dumai Timur, ada dua Kelurahan, Jaya Mukti dan Bukit Batrem. Terakhir, di Kecamatan Bukit Kapur ada di Kelurahan Bagan Besar dan Bukit Kapur. 

Ia menegaskan, belajar dari pengalam tiga pasien meninggal dunia yang pihaknya tangani, karena adanya keterlambatan penangan terhadap pasien, dimana mereka tiba di RSUD dengan kondisi pasien sudah masuk ke tingkat paling membahayakan. 

"Untuk itu kita himbau masyarakat jika anaknya terserang gejala penyakit DBD agar segera dibawa ke Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan intensif, sebelum terlambat," pungkasnya.(Ry)
T#g:DBD
Berita Terkait
  • Jumat, 29 Nov 2019 18:21

    Walikota Dumai Himbau Masyarakat Galakkan PSN 3M Plus

    Xnewss.com, Dumai -  Tingginya jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi perhatian seluruh masyarakat Kota Dumai. Termasuk Walikota Dumai Zulkifli As yang meninjau sekaligus menjenguk

  • Kamis, 28 Nov 2019 18:50

    Dinkes Temukan Jentik-Jentik di Rumah Warga Positif DBD

    Xnewss.com, Dumai - Memasuki Musim penghujan, Deman Berdarah Dengue (DBD) menjadi perhatian khususnya bagi masyarakat, dan Dinas Kesehatan Dumai, termasuk pihak RSUD. Bahkan, dengan cuaca ya

  • Kamis, 07 Nov 2019 16:40

    Penderita DBD Meningkat, Hingga November 2019 RSUD Dumai Telah Tangani 575 Pasien

    Xnewss.com, Dumai - Deman Berdarah Dengue (DBD) sudah menjadi perhatian khususnya bagi masyarakat, sebab terhitung sejak Januari-November 2019, tercatat sebanyak 575 pasien terserang penyakit DBD

  • Selasa, 16 Jul 2019 17:10

    Pasien Penderita DBD di Dumai Meningkat

    Xnewss.com, Dumai - Terhitung sejak Januari hingga Juli 2019, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai sedikitnya telah menangani sebanyak 242 pasien penderita Demam Berdarah Dengue (DBD).Diband

  • Kamis, 23 Mei 2019 19:37

    Cegah DBD, Dinkes Dumai Fokus Pemberantasan Nyamuk Hingga Mengedukasi Masyarakat

    Xnewss.com, Dumai - Musim hujan dan air pasang keling yang berlangsung hampir di seluruh wilayah Kelurahan Pangkalan Sesai dan sekitarnya  mengakibatkan banyak orang terserang sejumlah penya

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak