• Home
  • Nasional
  • Cegah Antrian Panjang Pemudik, Jadwal Roro Dumai - Rupat Ditambah

Cegah Antrian Panjang Pemudik, Jadwal Roro Dumai - Rupat Ditambah

redaksi
Rabu, 29 Mei 2019 15:49
Sar
Terlihat antrian sepeda motor di roro penyebrangan Dumai - Rupat
Xnewss.com, Dumai - Sepekan menjelang peringatan Idul Fitri 1440 Hijriah, pengguna jasa kapal penyeberangan Roro Dumai-Rupat mulai mengalami peningkatan.

Peningkatan jumlah pengguna jasa angkutan Roro ini masih di dominasi oleh kendaraan berat cold diesel baik dari Rupat menuju Kota Dumai maupun sebaliknya. Sementara untuk jumlah pemudik orang masih dalam ukuran normal.

"Sampai saat ini peningkatan memang ada namun khusus untuk golongan 5 yakni Cold diesel sementara penumpang lainnya masih normal. Seperti tahun lalu peningkatan jumlah angkutan mobil besar ini karena mereka mengejar barang yang diangkat dan mengingat menjelang H-4 biasanya kendaraan besar tidak bisa lagi kita angkut," ujar Kepala UPT Roro Dumai Andre, Rabu (29/05/2019).

Dikatakan Andre untuk peningkatan penumpang mudik biasanya terjadi pada H-3 dimana masyarakat Dumai banyak menuju ke Pulau Rupat untuk berlebaran sementara untuk puncak arus balik akan terjadi pada H+3.

"Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kita akan menambah jadwal penyeberangan yang biasanya 14 kali dengan 2 kapal penyeberangan menjadi 18 kali penyeberangang. Kalau nantinya juga tidak cukup kita akan menambah jam operasional sampai pukul 22.00 WIB guna mengangkut pemudik," tambah Andre.

Untuk kali ini ongkos kapal Roro mengalami peningkatan dari sebelumnya. Peningkatan tarif Roro berkisar sekitar 15 persen dari sebelumnya namun itu bukan karena kenaikan khusus lebaran atau tuslah namun kenaikan ongkos normal berdasarkan Perda  karena selama 5 tahun belakangan tidak ada menaikkan biaya angkut Roro Dumai-Rupat, terang Andre.

"Pada 31 Mei 2019 nanti juga ada program mudik gratis yang dilakukan oleh ASDP kepada penumpang Roro Dumai-Rupat. Dimana program mudik gratis tersebut akan berlangsung satu hari penuh dari pagi sampai sore namun hanya untuk pengguna jasa Roro pejalan kaki saja," pungkas Andre. (Sa)
T#g:Mudik Lebaran 2019Roro Penyebrangan
Berita Terkait
  • Jumat, 31 Mei 2019 22:08

    H- 5 Lebaran, Jumlah Penumpang Domestik Mencapai Dua Ribu

    Xnewss.com, Dumai - Menjadi pintu masuk ke Provinsi Riau dari sejumlah daerah, suasana pelabuhan Dumai terus terlihat padat akan kegiatan arus mudik.Tercatat sebanyak 2.326 penumpang yang menggun

  • Kamis, 30 Mei 2019 19:06

    Kapolres : Perhatikan Tiga Hal Ini Sebelum Mudik

    Xnewss.com, Dumai - Masyarakat yang merayakan hari raya Idul Fitri tidak terlepas dari melaksanakan mudik atau pulang kampung. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melaksanakan

  • Senin, 27 Mei 2019 18:13

    H-9 Lebaran, Terjadi Lonjakan Penumpang di Terminal AKAP

    Xnewss.com, Dumai - Hingga H-9 hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, lonjakan penumpang di terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Type A Dumai mulai terasa. Jumlah penumpang meningkat hingga

  • Kamis, 02 Agu 2018 14:06

    Aktifitas Penyebrangan Roro Dumai - Rupat Lumpuh Total

    Xnewss.com, Dumai- Aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Roro Dumai- Rupat lumpuh terhitung Kamis (02/08/2018). Saat ini tidak ada kapal yang melayani penyebrangan dari Pelabuhan Purnama (Kota Dumai) m

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak