Cabai Dumai Tembus Pasar Sumbar dan Kepri

redaksi
Kamis, 01 Nov 2018 14:17
Sarwadi
Walikota Dumai, H Zulkifli As potong pita dalam kegiatan Hari Ketahanan Pangan.
Xnewss.com, Dumai- Sebagai daerah pengimpor bahan kebutuhan pokok dan sayuran, Kota Dumai terus berbenah untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan di daerahnya.

Apresiasi tinggi pantas diberikan kepada petani Dumai dan Dinas pertanian dan peternakan Kota Dumai yang sudah berhasil menjadikan Dumai bebas dari ketergantungan daerah lain atas kebutuhan beberapa bahan pokok diantaranya cabai.

Jika sebelumnya kebutuhan cabai Dumai dipasok dari Provinsi Sumatra Barat dan Sumatra Utara namun dalam beberapa tahun belakangan ini cabai asal Kota Dumai sudah menembus pasar Sumatra Barat yang notabenennya merupakan daerah penghasil cabai dan sayuran lainnya yang menjadikan Dumai sebagai daerah pemasaran mereka.

Tidak hanya Sumatera Barat, cabai petani Dumai juga sudah beresar di beberapa daerah di Provinsi Riau diantaranya Kota Duri, Bengkalis, Siak dan Pekanbaru. Bahkan petani Dumai juga sudah mengirim cabai hasil panen mereka ke Kota Batam, Kepulauan Riau.

"Dalam satu tahun Dumai bisa menghasilkan rataan cabai sebanyak 900 ton dan sudah sangat jauh melebihi kebutuhan Dumai. Dengan kata lain saat ini Kota Dumai sudah swasembada cabai," kata Hadiono, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Dumai.

Dikatakan pria berkacamata ini, saat ini luas lahan cabai kita ada sekitar 150 hektar dengan setiap hektarnya bisa menghasilkan cabai sebanyak 6 ton. Dimana untuk lahan cabai kita terbesar di Kecamatan Sungai Sembilan dan Kecamatan Medang Kampai.

"Saat ini cabai kita sudah dijual dibeberapa daerah di Provinsi Riau seperti Duri Bengkalis, Siak dan Pekan Baru. Selain itu cabai kita juga sudah menembus pasar Sumatra Barat dan Kepukauan Riau," jelas Hadiyono.

Keberhasilan kita dalam menciptakan swasembada cabai bukan tanpa halangan. Kondisi cuaca di Kota Dumai sangat mempengaruhi hasil panen cabai petani kita sehingga terkadang untuk kebutuhan cabai kita juga ada pasokan dari daerah Sumatra Barat namun semua itu dapat kita kendalikan. (Sar)
T#g:Dumai RiauKota DumaiMasyarakat Kota DumaiPemko DumaiSwasembada Cabai
Berita Terkait
  • Senin, 21 Jan 2019 18:53

    Polres Dumai Periksa Sejumlah Saksi Dugaan Korupsi Tiga Proyek Jalan, Salah Satunya Panitia Lelang

    Xnewss.com, Dumai - Unit tindak pidana korupsi (Tipikor) Satuan Reserse dan kriminal (Satreskrim) Polres Dumai terus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi terkait dugaan perkara korupsi p

  • Senin, 21 Jan 2019 16:50

    Pengendara Mobil Sedan Terjun ke Semak Saat Kabur Usai Menabrak

    Xnewss.com, Dumai - Karma, kata yang tepat diberikan kepada pengendara Mobil Sedan Honda City ini. Diduga usai menabrak pejalan kaki, mobil itu melarikan diri bukan membantu korban yang ditabrak.

  • Senin, 21 Jan 2019 16:43

    Gelar Apel Tiga Pilar Dalam Sukseskan Pemilu 2019 Aman dan Damai

    Xnewss.com, Dumai - Menciptakan Pemilu yang aman dan kondusif di Kota Dumai dan menyamakan persepsi dalam melaksanakan pengamanan, Kepolisian Polres Dumai menggelar apel 3 pilar meningiatkan sine

  • Minggu, 20 Jan 2019 15:04

    Pawai Ta'aruf STQ Kelurahan Kampung Baru Berlangsung Meriah

    Xnewss.com, Dumai - Kegiatan Pawai Ta'aruf Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke-IX tingkat Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Bukit Kapur  berlangsung meriah. Pawai diikuti seluruh kafilah d

  • Sabtu, 19 Jan 2019 13:27

    Besok Rangkaian STQ Kampung Baru Mulai Dilaksanakan

    Xnewss.com, Dumai - Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) tingkat Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bukit Kapur yang ke IX tahun 2019 besok Minggu (20/01/2019) mulai digelar. STQ KelurahanKampung Baru d

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak