• Home
  • Nasional
  • Bupati Rohil Pimpin Apel Pencanangan Muatan Lokal Budaya Melayu Riau

Bupati Rohil Pimpin Apel Pencanangan Muatan Lokal Budaya Melayu Riau

redaksi
Rabu, 27 Jun 2018 15:12

Xnewss.com,BAGANSIAPIAPI,  - Bupati Kabupaten Rokan Hilir H. Suyatno pimpin apel pelaksanaan pencanangan pemuatan muatan lokal budaya melayu Riau di lapangan Taman Budaya kawasan perkantoran Batu Enam Bagansiapiapi, Rohil, Senin (25/6/2018).

Hadir pada apel bersama, Wakil Bupati Rohil, Drs Jamiludin, Ketua DPRD Nasrudin Hasan, Forkompinda, Sekda Surya Arfan, para Asisten, Kepala OPD, Camat serta ASN dijajaran pemkab Rohil.

Dalam sambutan Gubernur Riau yang dibacakan Bupati Rohil, H Suyatno menyampaikan bahwa ketentuan yang berkaitan langsung dengan kebudayaan tempatan antara lain ditetapkan melalui peraturan daerah (Perda) Nomor 36 Tahun 2001. Dalam perda tersebut bahwa visi daerah Riau adalah menjadikan Riau sebagai pusat ekonomi dan kebudayaan melayu dalam masyarakat yang agamais dibentangan Asia Tenggara pada Tahun 2020.

"Visi maupun misi Riau 2020 berdasarkan suatu kenyataan yang penuh wujud, misi tersebut memperlihatkan suatu sikap yang optimis. Kita mencatat selama ini upaya menghadirkan muatan lokal tersebut sudah dilaksanakan, berbagai Kabupaten /Kota telah melaksanakan muatan lokal disekolah-sekolah," kata Suyatno.

Lanjutnya, namun disisi lain masih ada Kabupaten /Kota yang belum menerapkannya. Materinyapun beraneka ragam misalnya hanya tulisan Arab Melayu, padahal kebudayaan mencakup segala yang berhubungan dengan segala permartabatan manusia," ungkapnya.

Bupati Suyatno menambahkan, Pemerintah Provinsi Riau tidak bisa bekerja sendiri untuk pemuatan muatan lokal budaya melayu Riau tanpa dukungan dan kerjasama dari Lembaga Melayu Riau.

"Pemerintah Provinsi Riau tidak bisa kerja sendiri untuk pemuatan muatan lokal budaya melayu Riau ini. Untuk itu sangat besar terima kasih kepada Lembaga Adat Melayu Riau Provinsi Riau yang aktif membantu pemerintah Riau dalam pemuatan muatan lokal budaya melayu Riau ini," jelas Suyatno diakhir pidato Gubri.

Usai melaksanakan apel perdananya setelah cuti dari jabatan sebagai Bupati Rokan Hilir karena maju sebagai calon wakil gubernur Riau, ia menyatakan telah aktif kembali dan mulai bertugas sejak pukul 00:00 Tanggal 25 Juni 2018.

"Mulai malam tadi pukul 00:00, saya sudah kembali melaksanakan tugas sebagai Bupati Rokan Hilir. Untuk itu kegiatan kita sehari-hari dalam melayani masyarakat dapat dilaksanakan lebih baik lagi," harap Suyatno.

Terkait dengan pemuatan muatan lokal budaya melayu Riau Ia juga berharap melalui program pencanangan pembuatan muatan lokal Melayu ini, Riau yang identik dengan budaya melayu lebih terkenal di tingkat nasional dan mancanegara.

"Dalam rangka hari muatan lokal untuk budaya melayu Riau ini semua dilaksanakan secara serentak dalam wilayah Propinsi Riau. Mudah-mudahan Riau terkenal identik dengan budaya melayunya dapat terangkat sampai tingkat Nasional maupun ke mancanegara," harapnya.

Untuk menekankan agar budaya Melayu Riau dilestarikan, tambah Bupati, terutama ada istiadat, dan tata krama karena melayu terkenal dengan santun.

"Melayu terkenal santun, sopan, dan sebagainya, bayangkan tari tepak sirih zapin ada sebuah lirik kain buruk untuk menghapus air mata, itu maknanya kan luar biasa, itulah kita menhargai satu yang lainnya," ujarnya. (Andi)

T#g:PNSPemkab RohilPendidikan
Berita Terkait
  • Rabu, 27 Jun 2018 15:15

    2019, 3 Kabupaten Akan Nikmati Air PAM Regional

    BAGANSIAPIAPI, - Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno, menyampaikan kabar gembira, dia menyebutkan ditahun 2019 nantinya proyek air pam (SPAM) regional tiga Kabupaten Dumai Rohil dan B

  • Rabu, 27 Jun 2018 15:10

    Bupati Rohil Serahkan 1.096 Sertifikat dari 18 Korwil kepada Guru

    Xnewss.com,BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir, H Suyatno AMp didampingi Sekda, Drs H Surya Arfan MSi, Kadis pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) H Rusli Syarief, Ketua DPRD H Nasruddin Hasan menyerah

  • Kamis, 24 Mei 2018 14:44

    Enam Pejabat Penghulu Dilantik Plt Bupati Rohil

    Xnewss.com,BAGANSIAPIAPI - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Rokan Hilir (Rohil), Drs Jamiluddin melantik sebanyak enam orang pejabat (Pj) penghulu di lingkungan Pemkab Rohil.Pengambilan sumpah jabatan dan

  • Selasa, 22 Mei 2018 20:19

    Plt Bupati Rohil Hadiri Sertijab Ketua PN di Pekanbaru

    Xnewss.com,PEKANBARU - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Rokan Hilir (Rohil) Drs H Jamiluddin menghadiri acara pelantikan sekaligus serah terima jabatan (sertijab) Ketua Pengadilan Negeri (PN) Rokan Hilir,

  • Selasa, 22 Mei 2018 20:18

    Pasar Ramadan Tahun Ini di Bagansiapiapi Diramaikan 92 Pedagang

    Xnewss.com,BAGANSIAPIAPI - Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Rohil, Drs H Ferry H Parya MSi meresmikan Pasar Ramadan di Jalan Mawar Bagansiapiapi, Kamis (17/5/2018) sore kemarin. Pasar Ramadan ta

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak