10 Warga Binaan Terserang Tifus, Rutan Kelas II B Intruksikan Bersih-Bersih Kamar

redaksi
Jumat, 22 Nov 2019 20:04
Sar
Xnewss.com, Dumai - Dampak over kapasitas yang terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Dumai memicu terjadinya gangguan kesehatan bagi warga binaan, terutama penyakit tifus.

Kondisi Hujan dan panas yang saat ‎ini sedang melanda Kota Dumai ditambah kondisi lingkungan kurang mendukung, sedikitnya ada 10 warga binaan yang terkena penyakit tifus. 

Kepala Rutan Kelas II B Dumai, Rindra Wardhana melalui Kepala Kesatuan Pengawasan Rutan ‎(KPR) Aldino Octalaperta ‎mengatakan, bahwa penyakit tifus menjadi perhatian khusus bagi warga binaan Rutan Dumai, mengingat kondisi saat ini menampung 1000 lebih penghuni.


"Belakang ini sekitar 10 orang yang terkena tifus, tapi alhamdulliah ‎seluruhnya sudah sehat dan bisa beraktifitas seperti biasa di Rutan," katanya, Jumat (22/11/2019)

Dirinya menyebutkan, penyakit tifus yang sempat menyerang warga binaan  disebabkan lingkungan yang kurang bersih, terlebih saat ini penghuni Rutan Dumai melebih kapasitas maksimalnya.

Menanggapi hal itu Aldino mengaku, pihaknya bergerak cepat dengan mengintruksikan seluruh pegawai dan warga binaan untuk melaksanakan kegiatan bersih-bersih kamar secara rutin. Bagi warga binaan yang sudah terjangkit agar kroscek dengan tim medis guna mengantisipasi adanya penyakit lainnya.

Ia juga mengintruksikan, untuk melakukan pembersihan bak-bak penampungan air, dan barang-barang disekeliling Rutan yang bisa menadah Air, agar perkembangan nyamuk aides aygepti tidak berembang yang berkemungkinan menyerang warga binaan.

"Alhamdulillah ‎sejauh ini tidak ada yang terserang Demam berdarah dangue (DBD), mudah mudahan jangan sampai terjadi, akan tetapi kita mengajak warga binaan melaksankan kegiatan bersih-bersih secara rutin, minimal satu minggu sekali, guna mengantisipasi terserang penyakit lainnya," harapnya.(Ry)
T#g:
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir

RSS

Kontak