Hukrim

Hakim Lepaskan Pelaku Pemenggal Kepala Gadis Muda, Ini Alasannya

redaksi
Sar
Jasad gadis wanita muda yang ditemukan tanpa kepala.
Xnewss.com, Dumai - Pengadilan Negeri Dumai Kelas I A mengabulkan eksepsi atau keberatan terdakwa pembunuhan sadis Suci Fitria yang dituangkan dalam hasil putusan sela, Rabu (29/07/2020) kemarin.


Dalam putusan sela itu, majelis hakim  Alponsus Nahak SH, Abdul Wahab SH dan Renaldo MH Tobing SH menetapkan mengembalikan berkas perkara Nomor 244/Pid.B/2020/PN Dum atas nama Veri Hendri Als Veri Bin Alm Amiruddin Azis kepada Penuntut Umum dan memerintahkan terdakwa dibebaskan dari tahanan dengan segera.


Adapun eksepsi yang diajukan pihak terdakwa tentang Kompetensi Relatif dan menyatakan PN Dumai tidak berwenang mengadili perkara aquo dan memerintahkan penuntut umum melimpahkan perkara tersebut ke pengadilan negeri Pekanbaru Kelas IA.


Humas II Pengadilan Negeri Dumai Kelas IA, Desbertua Naibaho SH MH dikonfirmasi, Kamis (30/7) mengatakan, bahwa putusan sela itu menimbang bahwa berdasarkan pasal 84 ayat (2) Undang-Undang nomor 8 tahun 1981 tentang KUHAP dan demi tercapainya asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan, majelis hakim berpendapat Pengadilan Negeri Pekanbaru Kelas IA yang mempunyai wewenang menyidangkan perkara ini.


"Sebab, setelah menilai beberapa pertimbangan dan saksi-saksi yang akan memberikan keterangan dalam perkara ini berdomisili di wilayah hukum Pengadilan Negeri Pekanbaru, sehingga majelis hakim Pengadilan Negeri Dumai Kelas IA tidak mempunyai kewenangan menyidangkan perkara ini," sebut pria yang kerap disapa Naibaho itu.


Kendati demikian, ia menegaskan, dilepaskannya terdakwa ini tidak serta merta mengugurkan status tersangka dan dakwaannya. Namun, majelis hakim menilai Pengadilan Negeri Dumai Kelas IA tidak mempunyai kewenangan untuk menyidangkan terdakwa, atas beberapa pertimbangan.


Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Dumai Khairul Anwar SH MH dikonfirmasi juga menegaskan, bahwa pihaknya akan melakukan upaya perlawanan atas putusan sela tersebut.


"Ya dengan putusan sela majelis hakim tersebut, tentunya kita akan mengajukan perlawanan," tegas singkat Kejari Dumai sembari menyebutkan bahwa dirinya sedang berada diluar Kota Dumai.(Ry)

Penulis: redaksi