• Home
  • Edukasi
  • Rayakan HUT Kelurahan, Waginen Ajak Jaga Kebersihan

Rayakan HUT Kelurahan, Waginen Ajak Jaga Kebersihan

redaksi
Senin, 08 Jan 2018 20:22
IST
Xnewss.com- Lurah Kampung Baru, Waginen memberikan banyak pesan moril kepada warga Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai yang merayakan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8. Orang nomor satu di kelurahan ini bahkan rela merogoh kocek untuk merealisasikan berbagai bingkai kegiatan.

Waginen menganggap kesempatan ini sangat bagus untuk membangun silaturahmi antar warga dan para tokoh masyarakat serta pihak swasta untuk bersama saling bahu-membahu membangun daerah ini. 

Menurutnya, Kampung Baru merupakan multyetnis dan agama, sehingga perlu terus dipupuk kebersamaan dengan menghargai setiap perbedaan.

"Makanya dalam setiap kesempatan, saya selalu mengajak warga untuk berdoa bersama agar kota kita dijauhkan dari ancaman marah bahaya dan bencana, serta pertikaian dan perpecahan. Biar kita semua mendapatkan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat nanti," ujar Waginen.

Dirinya juga menyampaikan selain lomba kerbersihan antar lingkungan Rukun Tetangga (RT) yang kegiatan itu diperlombakan, lingkungan RT mana yang memelihara pasilitas umum dengan baik dan mampu mengajak warganya menjalin Kekompakan.

Sebagai pemberian contoh awal, kantor lurah dan balai petemuan dicat dan dirapikan,  baru ke lingkungan warganya.
 
Memurutnya, kebersamaan merupakan modal dasar pembangunan. Bahkan ia mengakui, Pembangunan tidak bisa mungkin  membangun sendiri tanpa dukungan dari segenap masyarakat. Dukungan masyarakat menurutnya bisa dimulai dengan langkah terkecil. Misalkan menjaga keamanan serta kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal.

Berbicara masalah kebersihan lingkungan lanjut Lurah Kesayangan Warga ini, tidak perlu melihat jauh-jauh. Cukup menjaga kebersihan di sekitar lingkungan tempat tinggal. Artinya, kebersihan pekarangan rumah, serta drainase di sekitar rumah harus menjadi tanggung jawab sendiri. Jika semua orang melakukan hal yang sama, maka secara otomatis semangat menjaga kebersihan itu akan meluas hingga ke level RT, kelurahan, kecamatan, bahkan hingga tingkat Kota Dumai

Selama ini tutur dia, Pemko Dumai terutama Kelurahan Kampung Baru terus gencar menggelar kompetisi berupa lomba lingkungan Hijau Bersih dan Sehat (HBS) antar RT dan kelurahan. Namun semua itu dilakukan bukan sebagai tujuan utama.

Melainkan itu hanya sekadar membangun motivasi warga agar bisa tarus menjaga kebersihan lingkungannya. Bila kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungannya sudah terbangun, maka tanpa lomba pun masyarakat sudah harus bisa sadar untuk menjaga kebersihan acara akan dimulai dari tangal 16 hingga 20 sebagai puncak MTQ tingjat kelurahan dan doa bersama.(sar)
T#g:
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir

RSS

Kontak