• Home
  • Edukasi
  • Gandeng Poktan Lansia, Pertamina RU II Sulap Asset 'Tidur' Jadi Kebun Buah

Gandeng Poktan Lansia, Pertamina RU II Sulap Asset 'Tidur' Jadi Kebun Buah

redaksi
Jumat, 14 Des 2018 16:13
Penanaman perdana kebun buah binaan Pertamina RU II Dumai

Xnewss.com, Dumai- Komitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pertamina RU II Dumai kembali melakukan gebrakan. Kali ini perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menggandeng Kelompok Tani (Poktan) menyulap lahan tidur menjadi kebun berbasis buah-buahan.
Hal itu terbukti, dalam penanaman perdana berbagai macam jenis buah-buahan, Jumat (14/12/2018) di lahan seluas 25 Ha, tepatnya di Jalan Putri Tujuh.

General Manager Pertamina RU II, Otto Gerentaka mengungkapkan bahwa, sebagai BUMN yang bertanggungjawab untuk memasok kebutuhan energi nasional dalam bentuk minyak dan gas, Pertamina juga menjalankan sejumlah program sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat sekitar.

"Program CSR ini merupakan program pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan aset milik Pertamina yang sebelumnya adalah lahan tidur atau tidak digunakan dimanfaatkan dengan menanam buah-buahan. Lahan yang belum termanfaatkan menjadi lebih produktif dan dapat membantu Pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pangan lokal serta meningkatkan taraf ekonomi masyarakat khususnya kelompok tani," ungkap Otto.

Selain itu, ia berharap nantinya lahan pertanian tersebut bisa semakin berkembang hingga menjadi kebun buah yang juga dimanfaatkan sebagai eduwisata bagi kelompok-kelompok tani lainnya di Kota Dumai.

Sementara itu, Unit Manager Communication & CSR RU II, Muslim Dharmawan menambahkan, bahwa program ini dijalankan oleh 24 petani lansia yang berasal dari Kelurahan Teluk Binjai dan Tanjung Palas yang terkumpul dalam Kelompok Tani Setia Kawan yang juga terdaftar di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

"Kami bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai dengan memberikan pendampingan teknis kepada kelompok tani, mulai dari pemilihan tanaman, pelatihan, penanaman, hingga pemeliharaan," kata Muslim.

Selain bantuan pinjam pakai lahan kata Muslim, Pertamina juga membantu dalam bibit tanaman dan sarana prasarana pertanian, salah satunya berupa saung pertemuan. "Untuk tahapan pertama, tanah yang akan digarap adalah seluas 3 Ha dengan 6 varian buah-buahan. Di antaranya adalah buah durian, naga, mangga, kelengkeng, rambutan, dan jambu madu," tutup Muslim.(Wadi)

T#g:CSRMasyarakat Kota DumaiPertamina RU IIPoktan
Berita Terkait
  • Jumat, 19 Apr 2019 21:38

    Empat ABK Tewas Diduga Kehabisan Oksigen Saat Bersihkan Bungker Tongkang

    Xnewss.com, Siak - Empat orang korban Anak Buah Kapal (ABK) yang terjebak di bungker kapal BG Maju Lancar di Pelabuhan Industri Buton Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak suda

  • Jumat, 19 Apr 2019 15:43

    KPU Dumai Akui Kesalahan Input Formulir C 1, Berikut Penjelasannya

    Xnewss.com, Dumai - Terkait adanya kesalahan input data yang dilakukan oleh operator sitem penghitungan (Situng) Kota Dumai di TPS 10 Kelurahan Laksamana Kecamatan Dumai Kota, pada Kamis 18 April

  • Kamis, 18 Apr 2019 15:40

    Kurang Diminati, Lelang Seleksi Jabatan Sekda Dumai Diperpanjang

    Xnewss.com, Dumai -  Pemerintah Kota Dumai melalui Panitia Seleksi lelang jabatan Sekretariat Daerah (Setda) kembali memperpanjang masa pendaftaran yang awalnya 5 April memasuki tahap pengumuman

  • Rabu, 17 Apr 2019 14:49

    Banyak Warga Belum Kebagian Surat Suara, TPS 016 Sukajadi Tunda Proses Penghitungan Suara

    Xnewss.com, Dumai - Proses penghitungan surat suara di TPS 016 Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Dumai Kota terpaksa dilakukan penundaan.Penghitungan hasil pemungutan suara ini terpaksa ditunda karen

  • Rabu, 17 Apr 2019 14:04

    Bawaslu Dumai Terima Laporan Politik Uang

    Xnewss.com, Dumai - Bawaslu Dumai menerima laporan dugaan politik uang yang dilakukan oleh tim relawan salah satu calon legislatif (caleg) di Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai atau Daerah Pemi

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak