• Home
  • Pojok BPJS
  • Sosialisasi Peraturan Bupati Kepulauan Meranti No.14 Tahun 2017

Sosialisasi Peraturan Bupati Kepulauan Meranti No.14 Tahun 2017

redaksi
Rabu, 21 Feb 2018 11:21
Xnewss.com, Meranti - Perlindungan dan peningkatan kesejahteraan tenaga kerja menjadi salah satu tujuan dijalankannya program Jaminan Sosial Nasional.

Jaminan Sosial yang terdiri dari Jaminan Kesehatan dan Jaminan di bidang Ketenagakerjaan menjadi sasaran utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Untuk menjalankan fungsi dan tanggungjawabnya sebagai penyelenggara daerah otonom Pemerintah Daerah tentunya ingin memastikan sendiri bahwa perlindungan dan peningkatan kesejahteraan tenaga kerja dan masyarakatnya terlaksana dengan baik. 

Oleh sebab itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti mengeluarkan Peraturan Bupati Kepulauan Meranti No. 13 Tahun 2017 tentang Perlindungan Tenaga Kerja Melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Hal ini dimaksudkan sebagai dasar hukum dan pedoman bagi Pemerintah Kabupaten, BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan dalam pelaksanaan Program Jaminan Sosial di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Setelah diundangkan Peraturan Bupati ini disosialisasikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kejaksaan Negeri Selat Panjang. Turut hadir dalam sosialisasi ini, badan usaha kecil, menegah, hingga skala yang besar beserta perwakilan masyarakat sekitar.

Sosialisasi ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Yulian N. Ia menuturkan bahwa peraturan ini tidak hanya ditujukan untuk pekerja saja, tetapi juga ditujukan untuk masyarakat umum yang berada di wilayah Kepulauan Meranti.

Ruang Lingkup peraturan bupati tersebut, yaitu mengenai Kepesertaan dan Jaminan: tata cara pendaftaran: besaran dan tata cara pembayaran iuran: sanksi administratif: pembinaan, pengawasan, dan pengendalian: monitoring, evaluasi, dan pelaporan: dan program kerja dan pembiayaan. 

Dalam hal pekerja ataupun pemberi kerja tidak mematuhi isi dari peraturan bupati ini akan diancam dengan sanksi administratif, yaitu berupa teguran tertulis, denda, dan tidak mendapat pelayanan publik.

"Dengan adanya peraturan bupati ini kita harapkan masyarakat maupun pelaku usaha menjadi lebih sadar akan kewajiban pendaftaran Peserta JKN KIS sehingga UHC dapat segera tercapai" terang Nora Duita Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai. (Rilis)
T#g:BPJS Kesehatan
Berita Terkait
  • Selasa, 16 Apr 2019 17:19

    BPJS Kesehatan Gelontorkan 11 Triliun Untuk Bayar Rumah Sakit

    Xnewss.com, Dumai -  BPJS Kesehatan menggelontorkan dana sebesar Rp 11 triliun untuk membayar hutang klaim jatuh tempo BPJS Kesehatan kepada rumah sakit. Di luar itu, BPJS Kesehatan juga melakuka

  • Jumat, 29 Mar 2019 18:30

    Bupati Siak : November ini Siak Harus UHC

    Xnewss.com, Siak -  BPJS Kesehatan Cabang Dumai mengadakan Forum Komunikasi Para Pemangku Kepentingan Utama SM I di Kabupaten Siak. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bupati Siak Alfedri da

  • Jumat, 22 Mar 2019 18:59

    Intip Pelayanan Prima, BPJS Kesehatan Cabang Dumai Lakukan Gemba Kaizen

    Xnewss.com, Dumai - Bulan Maret merupakan bulan Pelayanan Prima bagi BPJS Kesehatan, Pelayanan Prima tentunya tidak hanya dipersyaratkan untuk dilakukan oleh Frontliner dalam konteks pelayan

  • Sabtu, 09 Mar 2019 22:31

    Andi : Jika Bukan Terima Kasih, Lantas Apalagi

    Xnewss.com, Dumai- Andi Putra (36), bapak dari tiga orang anak ini sehari-hari bertarung dengan panasnya matahari berjuang untuk menghidupi keluarga kecilnya dengan menjadi seorang kuli bang

  • Kamis, 28 Feb 2019 01:50

    Indra : Jadi Kader JKN BPJS Itu Bermanfaat Buat Orang Banyak

    Xnewss.com, Dumai -  Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat buat orang banyak. Hal itu merupakan prinsip Indra (37) Kader JKN BPJS Kesehatan Cabang Dumai yang berasal dari Desa T

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak