• Home
  • Pojok BPJS
  • Puskesmas Teluk Belitung Siap Bantu Warga Sekitar Daftar JKN-KIS

Puskesmas Teluk Belitung Siap Bantu Warga Sekitar Daftar JKN-KIS

redaksi
Jumat, 29 Jun 2018 18:25
Xnewss.com- Bicara tentang program JKN-KIS tentunya tidak akan terlepas dari fasilitas kesehatan karena fasilitas kesehatan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam penyelenggaraan program JKN-KIS. 

Fasilitas Kesehatan adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan perorangan, baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah, dan/atau masyarakat. 

Puskesmas merupakan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang menjadi tempat bagi Peserta JKN-KIS untuk mengakses layanan kesehatan yang bersifat non spesialistik.

Di Kabupaten Kepulauan Meranti terdapat  puskesmas yang berada di Desa Teluk Belitung, yaitu Puskesmas Teluk Belitung. 

Di desa ini rata-rata terdapat penduduk sebanyak 93 Jiwa per kilometer perseginya, sehingga Puskesmas Teluk Belitung  menjadi satu-satunya tempat bagi warga untuk mengakses layanan kesehatan, mengingat lokasi desa yang berada di pelosok dan harus ditempuh dengan perjalanan laut selama 3 jam dari Selat Panjang Kepulauan Meranti.

"Melihat kondisi tersebut kami telah mengadakan sosialisasi mengenai Program JKN-KIS, dan benar saja saat sosialisasi dilakukan banyak masyarakat yang belum mengetahui dan belum terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS," terang Yasurruna Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (28/06)

Ia juga menambahkan antusias warga desa ini juga sangat bagus, setelah diberikan sosialisasi dan mengetahui manfaat program JKN-KIS, banyak warga yang ingin mendaftar dan bertanya tentang bagaimana cara menggunakan layanan JKN-KIS. 

Akan tetapi, jarak yang jauh dari Selat Panjang tempat  Kantor Pelayanan BPJS Kesehatan Kabupaten Meranti berada, menjadi salah satu kendala yang cukup berarti bagi warga ketika hendak mendaftar sebagai Peserta JKN-KIS.

Melihat permasalahan tersebut Kepala Puskesmas Teluk Belitung, dr. Suhadi mempunyai ide untuk memudahkan warga yang ingin mendaftar menjadi Peserta JKN-KIS. 

"Kami bersedia menjadi penghubung antara BPJS Kesehatan dengan masyarakat, karena pihak kami secara rutin terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan di kabupaten," terang Suhadi.

Ide tersebut pada akhirnya disambut dengan baik oleh BPJS Kesehatan Kabupaten Meranti, dan mulailah dilakukan persiapan-persiapan termasuk pembekalan yang lebih mendalam mengenai program JKN-KIS kepada petugas puskesmas. 

Dan saat ini Puskesmas Teluk Belitung telah membuka "Pojok Khusus" bagi setiap masyarakat yang ingin menjadi Peserta JKN-KIS termasuk memberikan layanan dan konsultasi terkait program JKN-KIS.

"Pada hari libur kami juga membuka layanan tersebut, termasuk  ketika libur lebaran kemarin. Semua data yang kami terima dari masyarakat secara bertahap kami sampaikan ke BPJS Kesehatan untuk didaftarkan sebagai peserta JKN-KIS, sama sekali tidak ada pungutan biaya dan masyarakat bebas berkonsultasi," terang Suhadi.

Inilah salah satu wujud komitmen Puskesmas Teluk Belitung dalam mendukung program JKN-KIS. Selain itu Puskesmas Teluk Belitung yang walaupun berada di daerah pelosok ternyata juga telah sukses meraih akreditasi utama dari Kementerian Kesehatan RI. 

Kesuksesan tersebut pastinya memacu pihak puskesmas untuk selalu membuat terobosan baru yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat sekitar . (Rilis)
T#g:BPJS Kesehatan
Berita Terkait
  • Kamis, 04 Okt 2018 09:12

    Sempurnakan Implementasi Rujukan Online, BPJS Kesehatan Perpanjang Masa Ujicoba

    Xnewss.com, Jakarta - BPJS Kesehatan memperpanjang masa ujicoba rujukan online sampai tanggal 15 Oktober 2018 mendatang. Langkah ini bertujuan untuk menyempurnakan implementasi sistem rujukan berbasis

  • Sabtu, 29 Sep 2018 20:43

    Monitoring dan Evaluasi Implementasi Jaminan Sosial Kunjungi Siak

    Xnewss.com, Siak- Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) melakukan monitoring dan evaluasi Implementasi Jaminan Sosial di Kabupaten Siak Sriindrapura. Kunjungan dilakukan ke Puskesmas Kot

  • Jumat, 21 Sep 2018 12:00

    Perkuat Program Promprev, BPJS Kesehatan Dumai Adakan Pertemuan Koordinasi FKTP se-Kota Dumai

    Xnewss.com, Dumai - BPJS Kesehatan Cabang Dumai mengadakan pertemuan koordinasi FKTP yang ada di Kota Dumai dan turut dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kota Dumai, Kamis (20/09/2018). Pertemuan ini d

  • Jumat, 14 Sep 2018 16:55

    Bersama Kader JKN BPJS Kesehatan Gelar Sosialisasi ke Tengah Masyarakat

    Xnewss.com, Dumai - Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat sekitar BPJS Kesehatan Cabang Dumai gencar melakukan sosialisasi ke tengah lingkungan masyarakat baik yang di perkotaan maupun dae

  • Jumat, 14 Sep 2018 16:44

    Petugas SEP Sangat Apresiasi Dengan Adanya Rujukan Online

    Xnewss.com, Dumai - BPJS Kesehatan memasuki babak baru dalam hak rujukan yang akan diberikan kepada peserta JKN-KIS dari FKTP ke FKRTL, yaitu rujukan online. Pada saat sebelumnya sistem rujukan m

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak