Pemberian Informasi JKN-KIS Hingga Daerah Pelosok

redaksi
Rabu, 06 Jun 2018 18:12
Xnewss.com- Pemberian Informasi Langsung (PIL) menjadi salah satu program bagi BPJS Kesehatan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam memberikan sosialisasi mengenai program JKN-KIS. Seluruh masyarakat harus tahu mengenai setiap prosedur dalam menggunakan JKN-KIS, mulai dari hak dan kewajibannya sebagai peserta, serta bagaimana mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat primer hingga ke fasilitas kesehatan tingkat rujukan. Tidak hanya di pusat kota, tetapi masyarakat di daerah pun harus tahu dengan semua hal tersebut demi tercapainya kepuasan dalam menggunakan JKN-KIS.

Kali ini Kepala Kabupaten Meranti BPJS Kesehatan Cabang Dumai menyasar sebuah lokasi yang berada di ujung perbatasan Kepulauan Meranti, yaitu Desa Teluk Belitung. Lokasi ini dapat ditempuh dengan rentang waktu 3 (tiga) jam perjalanan dari Kantor Kabupaten Kepulauan Meranti dengan melakukan dua kali penyebrangan laut.

Salah satu kondisi di lapangan yang memang sering terjadi, yaitu banyak masyarakat yang telah mempunyai JKN-KIS tetapi tidak tau bagaimana cara mengakses layanan dengan pasti. Selain itu, terdapat masyarakat yang ingin mendaftar JKN-KIS tetapi tidak tau ingin melakukan pendaftaran dimana terutama bagi masyarakat yang berda di daerah terpencil.

"Kami disini sangat jauh untuk pergi mendaftar JKN-KIS, mau memindahkan faskespun jadi susah karena akses ke kantor pelayanan jauh" terang salah satu warga yang mengikuti Sosialisasi. Sabtu (26/05)

Pada saat ini banyak cara yang disediakan BPJS Kesehatan bagi masyarakat dalam mengakses pendaftaran JKN-KIS, layanan kesehatan, ataupun perubahan data JKN-KIS. Peserta dapat langsung ke kantor layanan BPJS Kesehatan terdekat, kemudian juga bisa diakses melalui web service BPJS Kesehatan www.bpjs-kesehatan.go.id, kemudian melalui Care Center 1500 400, kader JKN, dan melalui Aplikasi Mobile JKN.

"Tadi telah diterangkan mengenai pemakaian Mobile JKN oleh peserta JKN-KIS, melalui Mobile JKN peserta bisa mengakses pendaftaran, perpindahan FKTP, perubahan data peserta. Sekiranya hal tersebut telah menjawab kesulitan masyarakat mengenai jauhnya akses ke kantor layanan BPJS Kesehatan. Karna Puskesmas merupakan satu-satunya tempat untuk melakukan pengobatan disini, kami akan menjadi agen Mobile JKN dan menjelaskan kegunaannya pada setiap peserta dan masyarakat yang datang berobat kesini" terang dr. Suhadi Kepala Puskesmas Teluk Belitung (26/05)

"Masyarakat disini sangat antusias sekali dalam mengakses Jaminan Kesehatan, hal itu terlihat dari perobatan yang telah teratur dan persalinan juga telah dilakukan di Puskesmas. Mereka juga menginginkan koordinasi yang lebih intensif dengan pihak BPJS Kesehatan," terang Yasurruna Kepala Kabupaten Meranti. Sabtu (26/05)

Runa melanjutkan Ia akan mengadakan kunjungan lanjutan untuk membuka posko PBPU dan Pemberian Informasi Langsung kepada masyarakat daerah tersebut walaupun dilaksanakan pada hari libur karena pengabdian akan dilakukan secara maksimal, waktu dan jarak tentunya bukan jadi penghalang bagi Duta BPJS Kesehatan untuk melayani Peserta JKN-KIS dengan sepenuh hati. (Rilis)
T#g:BPJS DumaiBPJS Kesehatan
Berita Terkait
  • Selasa, 16 Apr 2019 17:19

    BPJS Kesehatan Gelontorkan 11 Triliun Untuk Bayar Rumah Sakit

    Xnewss.com, Dumai -  BPJS Kesehatan menggelontorkan dana sebesar Rp 11 triliun untuk membayar hutang klaim jatuh tempo BPJS Kesehatan kepada rumah sakit. Di luar itu, BPJS Kesehatan juga melakuka

  • Jumat, 29 Mar 2019 18:30

    Bupati Siak : November ini Siak Harus UHC

    Xnewss.com, Siak -  BPJS Kesehatan Cabang Dumai mengadakan Forum Komunikasi Para Pemangku Kepentingan Utama SM I di Kabupaten Siak. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bupati Siak Alfedri da

  • Jumat, 22 Mar 2019 18:59

    Intip Pelayanan Prima, BPJS Kesehatan Cabang Dumai Lakukan Gemba Kaizen

    Xnewss.com, Dumai - Bulan Maret merupakan bulan Pelayanan Prima bagi BPJS Kesehatan, Pelayanan Prima tentunya tidak hanya dipersyaratkan untuk dilakukan oleh Frontliner dalam konteks pelayan

  • Sabtu, 09 Mar 2019 22:31

    Andi : Jika Bukan Terima Kasih, Lantas Apalagi

    Xnewss.com, Dumai- Andi Putra (36), bapak dari tiga orang anak ini sehari-hari bertarung dengan panasnya matahari berjuang untuk menghidupi keluarga kecilnya dengan menjadi seorang kuli bang

  • Kamis, 28 Feb 2019 01:50

    Indra : Jadi Kader JKN BPJS Itu Bermanfaat Buat Orang Banyak

    Xnewss.com, Dumai -  Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat buat orang banyak. Hal itu merupakan prinsip Indra (37) Kader JKN BPJS Kesehatan Cabang Dumai yang berasal dari Desa T

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak