Notice: Use of undefined constant kat - assumed 'kat' in /home/u7391150/public_html/xnewss/include/fungsi.php on line 695

    Notice: Use of undefined constant title - assumed 'title' in /home/u7391150/public_html/xnewss/include/fungsi.php on line 699

    Notice: Use of undefined constant alias - assumed 'alias' in /home/u7391150/public_html/xnewss/include/fungsi.php on line 703

    Notice: Use of undefined constant Kategori - assumed 'Kategori' in /home/u7391150/public_html/xnewss/include/fungsi.php on line 703

    Notice: Use of undefined constant Judul - assumed 'Judul' in /home/u7391150/public_html/xnewss/include/fungsi.php on line 703
  • Home
  • Pojok BPJS
  • Pastikan Jaminan KLL Lancar, BPJS Kesehatan Bangun Forum KLL dengan JR dan Polantas

Pastikan Jaminan KLL Lancar, BPJS Kesehatan Bangun Forum KLL dengan JR dan Polantas

redaksi
Senin, 14 Okt 2019 15:00
Ist
Xnewss.com, Dumai - BPJS Kesehatan Cabang Dumai menggelar Forum Koordinasi Penjaminan Kecelakaan Lalu Lintas di Rokan Hilir. Kegiatan ini dilaksanakan bersama Kasatlantas Polres Rokan Hilir David Richardo, PIC Jasa Raharja Rokan Hilir Wira, serta perwakilan dari RSUD Pratomo dan RS Cahaya guna menyamakan persepsi terkait kasus penjaminan kecelakaan lalu lintas.

Hal yang menyatukan setiap pihak dalam forum ini, yaitu aplikasi INSIDEN (Integrated System For Traffic Accidents) yang merupakan perwujudan percepatan reformasi birokrasi penjaminan korban kecelakaan lalu lintas yang sudah diterapkan sejak tahun 2018.

“Secara garis besar, terkhususnya untuk Rokan Hilir persepsinya sudah sama antara Polantas, BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja bahwa untuk kasus penjaminan kecelakaan lalu lintas diwajibkan lapor pada polisi untuk mengurus Laporan Polisi, bukanlah surat keterangan," terang Nora Duita Manurung selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai, Senin (14/10/2019).

Ia menambahkan, setiap pihak disini sangat antusias dengan adanya INSIDEN ini karena sangat membantu koordinasi antara Jasa Raharja dan Rumah Sakit serta INSIDEN memberikan penjaminan menjadi lebih tepat dan akurat karena memilki beberapa informasi yang memudahkan proses verifikasi di kedua belah pihak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Sampai saat ini, yang paling sering itu kejadian kecelakaan tunggal di Rokan Hilir dan kendalanya di lapangan itu proses pembuatan Laporan Polisi ini karena terkadang keluarga korban tidak segera melaporkan kejadian kepada kami," ucap David Richardo selaku Kasatlantas Polres Rokan Hilir.

Dalam keterangannya, David juga menyebutkan pihak Polantas sudah melakukan koordinasi yang baik dengan Jasa Raharja Rokan Hilir dan Ia mengharapkan agar pihak Rumah Sakit secara aktif memberitahukan kepada keluarga korban kecelakaan lalu lintas agar segera mengurus Laporan Polisi setelah kejadian berlangsung.

"Laporan Polisi tidak bisa langsung dikeluarkan begitu saja karena melalui serangkaian proses yang harus diselidiki dulu oleh polisi dan yang pasti untuk mengurus Laporan Polisi ini tidaklah dikenai biaya apapun karena sudah menjadi tugas kami dalam melayani masyarakat," ulas David.

Dari sisi Jasa Raharja, Wira selaku PIC juga menjelaskan bahwa Jasa Raharja klaimnya paling lambat 6 (enam) bulan setelah kejadian dan pada prinsipnya penjamin pertama untuk korban kecelakaan lalu lintas adalah PT. Jasa Raharja (Persero) dengan plavon maksimal sebesar 20 Juta Rupiah, jika telah mencapai maksimal maka selanjutnya, korban yang jika peserta JKN-KIS akan dijamin oleh BPJS Kesehatan. (Red)
T#g:
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir

RSS

Kontak