• Home
  • Pojok BPJS
  • New E-Dabu dan Pemeriksaan COEX Wujud Kepedulian BPJS Kesehatan Kepada Pekerja

New E-Dabu dan Pemeriksaan COEX Wujud Kepedulian BPJS Kesehatan Kepada Pekerja

redaksi
Sabtu, 24 Agu 2019 13:04
Ist
Xnewss.com, Dumai - BPJS Kesehatan Cabang Dumai kembali melakukan upaya yang positif dalam mengambil langkah maju untuk menertibkan badan usaha yang sejatinya mempunyai tenaga kerja dan harus didaftarkan secara keseluruhan.

Dimulai dengan sosialisasi tentang program JKN-KIS hingga sosialisasi tentang new E-Dabu dan dilakukannya pemeriksaan badan usaha COEX.

Kali ini BPJS Kesehatan melakukan hal tersebut di Duri dan diperuntukkan bagi badan usaha yang berdomisili di daerah sekitar Duri.

"BPJS Kesehatan mengundang lebih dari 50 badan usaha untuk dilakukan sosialisasi new E-Dabu dan pemeriksaan COEX. Pemeriksaanan ini ditujukan agar seluruh badan usaha secara 100 persen mendaftarkan seluruh karyawannya sebagai peserta JKN-KIS. Tidak hanya sampai disitu, setiap badan usaha wajib menyampaikan data sebenarnya kepada BPJS Kesehatan terkait gaji dan tunjangan tetap pekerjanya karena hal ini menjadi dasar perhitungan iuran bagi pekerja penerima upah hingga berujung kepada kelas rawat yang akan didapatkannya," terang Aditya Herwanto selaku Relationship Officer BPJS Kesehatan Cabang Dumai, Sabtu (24/08/2019).

Adit menambahkan, badan usaha yang diundang bukan hanya yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS tetapu juga ada badan usaha yang belum terdaftar sehingga mereka juga langsung bisa mendaftarkan pekerjanya pada saat itu juga.

Pada saat ini BPJS Kesehatan terus melakukan improvisasi dalam melakukan pelayanan terhadap pesertanya. Salah satu hal terbaru, yaitu terdapatnya Aplikasi E-Dabu 4.2 yang merupakan penyempurnaan dari Aplikasi E-Dabu 4.0 yang dipersiapkan untuk menggantikan E-Dabu lama 3.1.

Banyak kelebihan yang dijanjikan dalam penyempurnaan aplikasi E-Dabu ini untuk terwujudnya kemudahan pada pederta badan usaha. Salah satu fitur terbaru, yaitu adan usaha dapat melakukan pengecekan kepesertaan pekerjanya melalui E-Dabu berdasarkan NIK.

Kegiatan ini mendapatkan tanggapan yang positif dari pimpinan PT. Andalas Carvis, Ikmal. "Kita sangat mengapresiasi kinerja BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan Jaminan Kesehatan ini karena pekerja yang sangat aktif di lapangan sangat perlu diberikan perlindungan melalui jaminan kesehatan hingga keluarga mereka. Adanya aplikasi E-Dabu terbaru menjadikan akses kami menjadi mudah karena banyak fitur baru yang akan sangat membantu pelaku badan usaha dalam mengupdate data pekerjanya, baik dari gaji hingga perubahan status kepesertaan pekerja yang sebelumnya belum termasuk pada badan usaha tempat mereka bekerja," terang Ikmal.

Ia menambahkan dengan diadakannya pemeriksaan rutin oleh BPJS Kesehatan juga merupakan bentuk wujud kepedulian mereka terhadap kesejahteraan masyarakat yang menjadi pekerja pada badan usaha agar mendapatkan hak sesuai dengan ketentuan undang-undang. (Red)
T#g:
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir

RSS

Kontak