Lindungi Tenaga Kerja, Pake JKN-KIS Aja!

redaksi
Senin, 31 Des 2018 18:26
Ist
Xnewss.com, Dumai - Apa yang dilakukan oleh PT. IKPP patut di acungi jempol, pasalnya bukan hanya memastikan bahwa seluruh pekerjanya telah terlindungi dengan Program JKN-KIS, PT. IKPP juga secara tidak langsung memastikan bahwa pekerja perusahaan yang bermitra dengannya wajib menjadi pesert JKN-KIS.

"Kami dari PT. IKPP bermitra dengan rekan kerja selalu mempersyaratkan untuk mitra kerja agar mentaati peraturan sesuai dengan peraturan perundang-undangan terutama dalam keselamatan dan kesehatan kerja" terang Zulfikar Industrial Relationship Manager PT. Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP).

Ia menambahkan mitra kerja harus melampirkan kepesertaan JKN-KIS karena jaminan kesehatan untuk setiap pekerja itu wajib dan merupakan amanat dari undang-undang.

Hal yang dikatakan oleh Zulfikar tersebut tentunya sejalan dengan apa yang termaktub di dalam UU No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang menyatakan setiap pemberi kerja wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta JKN-KIS kepada BPJS Kesehatan.

Bagi pemberi kerja maupun badan usaha akan diberikan sanksi apabila tidak mendaftarkan pekerjanya kepada BPJS Kesehatan sebagai peserta JKN-KIS. Sanksinya, yaitu sanksi administratif berupa teguran tertulis, denda, dan tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu. Pada UU No. 24 Tahun 2011 terdapat juga ancaman pidana penjara selama 8 tahun atau denda paling banyak sebesar 1 milyar rupiah jika pemberi kerja memungut iuran dari pekerjanya tetapi tidak menyetorkannya kepada BPJS Kesehatan.

"Jika diukur dari beban pembayaran ataupun premi untuk BPJS Kesehatan tentunya sangatlah murah dibandingkan dengan asuransi kesehatan lainnya. Belum lagi permasalahan penyakit yang ditanggung hingga si peserta hingga sembuh, tentunya JKN-KIS sangatlah efektif ditujukan untuk pekerja pada setiap badan usaha. Jadi jika ingin lindungi pekerja, ya JKN-KIS saja," terang Zulfikar.

Atmi Mesra selaku Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Dumai menyampaikan terimakasih atas sambutan dari management PT. IKPP dalam menyediakan tempat dan waktu bagi BPJS Kesehatan untuk melakukan sosialisasi terhadap mitra kerja PT. IKPP mengenai Program JKN-KIS.

"Kita harus mempunyai cara yang jitu untuk mensosialisasikan tentang pentingnya kepesertaan JKN-KIS ini. Sosialisasi yang dilakukan ini cukup baik dan tidak ada alasan untuk kita menolak dalam melakukan kegiatan yang positif ini di kemudian hari" tanggap Zulfikar terhadap ucapan terimakasih dari BPJS Kesehatan. (Red)
T#g:BPJS KesehatanDumai RiauMasyarakat Kota Dumai
Berita Terkait
  • Senin, 21 Jan 2019 18:53

    Polres Dumai Periksa Sejumlah Saksi Dugaan Korupsi Tiga Proyek Jalan, Salah Satunya Panitia Lelang

    Xnewss.com, Dumai - Unit tindak pidana korupsi (Tipikor) Satuan Reserse dan kriminal (Satreskrim) Polres Dumai terus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi terkait dugaan perkara korupsi p

  • Senin, 21 Jan 2019 16:50

    Pengendara Mobil Sedan Terjun ke Semak Saat Kabur Usai Menabrak

    Xnewss.com, Dumai - Karma, kata yang tepat diberikan kepada pengendara Mobil Sedan Honda City ini. Diduga usai menabrak pejalan kaki, mobil itu melarikan diri bukan membantu korban yang ditabrak.

  • Senin, 21 Jan 2019 16:43

    Gelar Apel Tiga Pilar Dalam Sukseskan Pemilu 2019 Aman dan Damai

    Xnewss.com, Dumai - Menciptakan Pemilu yang aman dan kondusif di Kota Dumai dan menyamakan persepsi dalam melaksanakan pengamanan, Kepolisian Polres Dumai menggelar apel 3 pilar meningiatkan sine

  • Minggu, 20 Jan 2019 15:04

    Pawai Ta'aruf STQ Kelurahan Kampung Baru Berlangsung Meriah

    Xnewss.com, Dumai - Kegiatan Pawai Ta'aruf Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke-IX tingkat Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Bukit Kapur  berlangsung meriah. Pawai diikuti seluruh kafilah d

  • Sabtu, 19 Jan 2019 13:27

    Besok Rangkaian STQ Kampung Baru Mulai Dilaksanakan

    Xnewss.com, Dumai - Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) tingkat Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bukit Kapur yang ke IX tahun 2019 besok Minggu (20/01/2019) mulai digelar. STQ KelurahanKampung Baru d

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak