Lindungi Tenaga Kerja, Pake JKN-KIS Aja!

redaksi
Senin, 31 Des 2018 18:26
Ist
Xnewss.com, Dumai - Apa yang dilakukan oleh PT. IKPP patut di acungi jempol, pasalnya bukan hanya memastikan bahwa seluruh pekerjanya telah terlindungi dengan Program JKN-KIS, PT. IKPP juga secara tidak langsung memastikan bahwa pekerja perusahaan yang bermitra dengannya wajib menjadi pesert JKN-KIS.

"Kami dari PT. IKPP bermitra dengan rekan kerja selalu mempersyaratkan untuk mitra kerja agar mentaati peraturan sesuai dengan peraturan perundang-undangan terutama dalam keselamatan dan kesehatan kerja" terang Zulfikar Industrial Relationship Manager PT. Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP).

Ia menambahkan mitra kerja harus melampirkan kepesertaan JKN-KIS karena jaminan kesehatan untuk setiap pekerja itu wajib dan merupakan amanat dari undang-undang.

Hal yang dikatakan oleh Zulfikar tersebut tentunya sejalan dengan apa yang termaktub di dalam UU No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang menyatakan setiap pemberi kerja wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta JKN-KIS kepada BPJS Kesehatan.

Bagi pemberi kerja maupun badan usaha akan diberikan sanksi apabila tidak mendaftarkan pekerjanya kepada BPJS Kesehatan sebagai peserta JKN-KIS. Sanksinya, yaitu sanksi administratif berupa teguran tertulis, denda, dan tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu. Pada UU No. 24 Tahun 2011 terdapat juga ancaman pidana penjara selama 8 tahun atau denda paling banyak sebesar 1 milyar rupiah jika pemberi kerja memungut iuran dari pekerjanya tetapi tidak menyetorkannya kepada BPJS Kesehatan.

"Jika diukur dari beban pembayaran ataupun premi untuk BPJS Kesehatan tentunya sangatlah murah dibandingkan dengan asuransi kesehatan lainnya. Belum lagi permasalahan penyakit yang ditanggung hingga si peserta hingga sembuh, tentunya JKN-KIS sangatlah efektif ditujukan untuk pekerja pada setiap badan usaha. Jadi jika ingin lindungi pekerja, ya JKN-KIS saja," terang Zulfikar.

Atmi Mesra selaku Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Dumai menyampaikan terimakasih atas sambutan dari management PT. IKPP dalam menyediakan tempat dan waktu bagi BPJS Kesehatan untuk melakukan sosialisasi terhadap mitra kerja PT. IKPP mengenai Program JKN-KIS.

"Kita harus mempunyai cara yang jitu untuk mensosialisasikan tentang pentingnya kepesertaan JKN-KIS ini. Sosialisasi yang dilakukan ini cukup baik dan tidak ada alasan untuk kita menolak dalam melakukan kegiatan yang positif ini di kemudian hari" tanggap Zulfikar terhadap ucapan terimakasih dari BPJS Kesehatan. (Red)
T#g:BPJS KesehatanDumai RiauMasyarakat Kota Dumai
Berita Terkait
  • Selasa, 16 Apr 2019 17:19

    BPJS Kesehatan Gelontorkan 11 Triliun Untuk Bayar Rumah Sakit

    Xnewss.com, Dumai -  BPJS Kesehatan menggelontorkan dana sebesar Rp 11 triliun untuk membayar hutang klaim jatuh tempo BPJS Kesehatan kepada rumah sakit. Di luar itu, BPJS Kesehatan juga melakuka

  • Jumat, 29 Mar 2019 18:30

    Bupati Siak : November ini Siak Harus UHC

    Xnewss.com, Siak -  BPJS Kesehatan Cabang Dumai mengadakan Forum Komunikasi Para Pemangku Kepentingan Utama SM I di Kabupaten Siak. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bupati Siak Alfedri da

  • Selasa, 26 Mar 2019 22:05

    Usai Hadiri Kampanye Jokowi, Pengunjung Banyak Meninggalkan Sampah

    Xnewss.com, Dumai - Usai kegiatan kampanye akbar pasangan 01, Joko Widodo - Makruf Amin yang dihadiri sepuluhan ribu massa dari berbagai daerah di Riau, Selasa (26/03/2019) siang menyisakan

  • Selasa, 26 Mar 2019 16:22

    Seribuan Massa Padati Kampanye Terbuka Jokowi - Amin

    Xnewss.com, Dumai - Seribuan massa pendukung calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowidodo -Makruf Amin, memenuhi taman Taman Bukit Gelanggang Kota Dumai.Kehadiran ribuan massa dari berba

  • Jumat, 22 Mar 2019 19:20

    Total Luas Karhula di Dumai Mencapai 180,75 Hektar Yang Tersebar di 6 Kecamatan

    Xnewss.com, Dumai - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Dumai terus meluas. Hingga Kamis (21/03/2019) total sudah 180,75 hektar lahan di Kota Dumai yang tersebar di 6 dari 7 Kecamatan ya

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak