Notice: Use of undefined constant kat - assumed 'kat' in /home/u7391150/public_html/xnewss/include/fungsi.php on line 695

    Notice: Use of undefined constant title - assumed 'title' in /home/u7391150/public_html/xnewss/include/fungsi.php on line 699

    Notice: Use of undefined constant alias - assumed 'alias' in /home/u7391150/public_html/xnewss/include/fungsi.php on line 703

    Notice: Use of undefined constant Kategori - assumed 'Kategori' in /home/u7391150/public_html/xnewss/include/fungsi.php on line 703

    Notice: Use of undefined constant Judul - assumed 'Judul' in /home/u7391150/public_html/xnewss/include/fungsi.php on line 703
  • Home
  • Pojok BPJS
  • Jaga Konsistensi Pelayanan FKTP, BPJS Kesehatan Adakan Monev KBK

Jaga Konsistensi Pelayanan FKTP, BPJS Kesehatan Adakan Monev KBK

redaksi
Sabtu, 27 Apr 2019 18:44
Ist
Xnewss.com, Meranti - Kabupaten Kepulauan Meranti yang merupakan salah satu wilayah kerja BPJS Kesehatan Kantor Cabang Dumai telah mencapai Universal Health Coverage (UHC). Untuk terus menjaga pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan terus mengawasi pelayanan yang diberikan oleh pihak pelaksana pelayanan kesehatan terutama Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Untuk itu BPJS Kesehatan Cabang Dumai mengadakan pertemuan Monitoring dan Evaluasi KBK dan Peer Review se-Kabupaten Kepulauan Meranti yang dihadiri oleh perwakilan setiap FKTP yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan serta pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, Jumat (26/04/2019).

"Hari ini kita mengapresiasi FKTP yang ada di Meranti karena terdapat kemajuan dari evaluasi KBK pada triwulan yang sebelumnya," terang Wyzri Andipo selaku Kepala Bidang Penjamin Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Dumai.

Dipo menambahkan, yang terpenting dari pertemuan ini adalah, kita harus terus memperbaiki pelayanan kepada peserta di FKTP dan FKTP agar mau berkomitmen untuk terus melakukan yang terbaik, sehingga setiap ada monitoring dan evaluasi seluruh hasilnya terus mengarah ke kondisi yang lebih baik.

"Indikator penilaian KBKP didasarkan atas beberapa indikator, yaitu angka kontak, rasio rujukan rawat jalan non spesialistik, rasio peserta prolanis rutin berkunjung ke FKTP, dan rasio kunjungan rumah. Target pemenuhan komitmen pelayanan adalah batasan optimal indikator komitmen pelayanan yang harus dipenuhi oleh FKTP sehingga akan menuju Zona Aman.

"Kita sebagai pemberi pelayanan tentunya berkomitmen untuk memenuhi indikator penilaian yang telah ditentukan dan tentunya hal tersebut akan menjadi standar dalam memberikan pelayanan kepada peserta," ucap dr. Farid Moses yang merupakan perwakilan dari Puskesmas Alai.

Ia juga menambahkan, tentang Kabupaten Meranti yang saat ini telah mencapai UHC sebaiknya telah dipastikan bahwa seluruh masyarakat memang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sehingga tidak ada lagi masyarakat yang complain belum terdaftar dan tentunya mereka dapat mengakses pelayanan kesehatan sepenuhnya dengan menggunakan JKN-KIS.

Dipo juga menerangkan komitmen promotif preventif yang harus dilakukan oleh FKTP, yaitu sinergi dengan program PTM untuk penjaringan peserta prolanis, karena peserta PTM yang terdetksi DM dan HT bisa dijadikan prolanis sehingga membantu pemantauan dan mengontrol penyakit peserta, melakukan update peserta prolanis untuk tahun 2019 dan melaporkan Ke BPJS Kesehatan untuk di flagging di aplikasi, melakukan pemeriksaan HbA1C dan kimia darah bersinergi dengan Lab (Pemeriksaa 1 kali 6 bulan untuk setiap peserta PROLANIS), melakukan pemeriksaan GDP kepada peserta prolanis khusus DM & dapat ditagihkan sebagai klaim non kapitasi, melakukan pemeriksaan IVA dan menagihkan ke BPJS Kesehatan. (Red)
T#g:
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2020 xnewss.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir

RSS

Kontak