Pojok BPJS

IDI Gelar Operasi Katarak Gratis Bersama BPJS Kesehatan

redaksi
Ist
Xnewss.com, Meranti - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Riau dan PERSI daerah Riau menggelar Halal Bihalal dan Bhakti Sosial bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti. Acara tersebut digelar dengan berbagai macam rangkaian acara, mulai dari Operasi Katarak, pengobatan gratis, Tablig Akbar, hingga pendirian pesantren di Kepulauan Meranti. Tentunya hal ini menjadi suatu kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.


Sebagai rekan dan mitra yang bekerjasama dengan baik, BPJS Kesehatan ikut mengambil bagian untuk berpartisipasi dalam rangkaian acara tersebut. BPJS Kesehatan Cabang Dumai melalui Kantor Kabupaten Meranti mengambil langkah untuk turut serta dalam kegiatan operasi katarak bagi masyarkat Kepulauan Meranti.


"Setelah melakukan Skrinig kesehatan terhadap masyarakat yang terindikasi Katarak, ditemukan sebanyak  62 orang yang positif menderita katarak. Setelah itu pihak panitia akan menyeleksi kembali diantara 62 orang tersebut siapa saja yang hendak dilakukan Operasi Katarak pada jadwal kegiatan Bakti Sosial," terang dr. R. H. Riasari Direktur RSUD Meranti. (10/08/2018)


Ia menambahkan kegiatan operasi katarak gratis ini dilakukan agar masyarakat Meranti mendapat penanganan penyakit katarak karena sampai sekarang tidak ada dokter Spesialis mata di Meranti, selama ini masyarakat selalu dirujuk keluar wilayah Meranti untuk pengobatan Katarak. Operasi Katarak terhadap masyarakat Meranti tersebut dilakukan pada Minggu (12/08/2018) di RSUD Meranti dan membutuhkan biaya sebanyak 50 juta rupiah.


Sebelum dilakukan operasi katarak dilakukan sosialisasi terhadap masyarakat yang terindikasi tersebut dengan memaparkan materi mengenai apa itu katarak, penyebab, jenis katarak, pengobatannya, serta bagaimana pola hidup dan pola makan yang sehat yang harus dilakukan agar terhindar dari katarak.


"Pada kesempatan kali ini kami BPJS Kesehatan Cabang Dumai, memeberikan donasi sebanyak 20 juta rupiah untuk membantu melakukan operasi katarak tersebut, dan kita berharap dengan bantuan yang ada dapat membantu masyarakat sekitar sehingga kualitas kesehatan di Meranti terus meningkat," terang Nora Duita Manurung Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai.


Salah satu peserta operasi katarak Rusli mengatakan, bahwa Ia merasa sangat terbantu dengan kegiatan operasi gratis ini karena tidak perlu pergi ke Pekanbaru untuk melakukan operasi karena bagi masyarakat yang kurang mampu sangat kesulitan untuk berobat keluar wilayah Meranti.


Ketika agenda Halal Bihalal dan Bakti Sosial ini dilakukan, secara Spesial Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengunjungi acara tersebut dan juga ikut dalam rangkaian kegiatan serta bercengkrama dengan masyarakat yang ingin melakukan operasi katarak secara gratis. (Red)

Penulis: redaksi