Pojok BPJS

Goes To Customer BPJS Kesehatan Kabupaten Siak Sasar ASN

redaksi
Istimewa
Xnewss.com, Dumai - Dalam rangka meningkatkan pemahaman Peserta Program JKN-KIS dan bersempena HUT BPJS Kesehatan ke-52 BPJS Kesehatan Kabupaten Siak melaksanakan Kegiatan BPJS Kesehatan Goes To Customer temu peserta JKN-KIS khususnya segmen Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) Pegawai Negeri.


Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak dibuka oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Jamaluddin. Hadir sebagai peserta kegiatan tersebut adalah seluruh Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian masing-masing OPD dan Instansi Vertikal yang ada di Kabupaten Siak.


Kegiatan dilaksanakan dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan Covid-19 yang sudah diatur oleh pemerintah seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk ke ruangan.


Dalam sambutannya, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Siak memberikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan dan sekaligus sebagai sarana untuk menyampaikan saran atau masukan serta keluhan yang pernah dialami ketika mengakses pelayanan. Selain itu, karena peserta yang hadir adalah Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian masing-masing OPD dan Instansi Vertikal yang ada di Kabupaten Siak, diharapkan dapat menyampaikan kembali kepada seluruh ASN yang ada di OPD atau Instansi masing-masing.


"Apresiasi untuk BPJS Kesehatan, kegiatan ini bagus sekali, terutama untuk menambah informasi, menyampaikan saran dan masukan serta keluhan yang pernah dialami oleh ASN terutama di rumah sakit. Saya menghimbau kepada seluruh peserta yang hadir untuk dapat berperan aktif agar seluruh informasi yang diterima dapat kita teruskan kembali ke seluruh ASN yang ada di OPD atau instansi masing-masing," kata Jamaluddin. (24/07/2020)


Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Siak, Rina Elfita Purba menyampaikan bahwa Kegiatan Goes To Customer ini merupakan salah satu upaya BPJS Kesehatan untuk lebih dekat sekaligus membangun komunikasi yang baik dengan peserta JKN-KIS terutama ASN.


"Melalui kegiatan ini, kami ingin memberikan informasi terbaru terkait Program JKN-KIS, menerima keluhan, pertanyaan serta saran atau masukan, terutama bagi yang pernah mengakses pelayanan kesehatan. Harapannya, semua bisa memahami Program JKN-KIS ini," ungkapnya.


Ia menambahkan, selain menyampaikan informasi terkait kepesertaan, iuran, alur pelayanan serta hak dan kewajiban sebagai peserta, Rina juga menyampaikan  dengan perkembangan teknologi  mendorong BPJS Kesehatan untuk selalu memberikan kemudahan bagi peserta untuk dapat memperoleh informasi, mengakses layanan dan menyampaikan keluhan. Mulai dari Aplikasi Mobile JKN yang saat ini sudah banyak dimanfaatkan oleh peserta, ada Voice Interactive JKN (VIKA) yang merupakan pelayanan informasi menggunakan mesin penjawab melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500400 dan ada juga Chat Assistant JKN (CHIKA) yang akan direspon oleh Artificial Intelligence.


"BPJS Kesehatan terus berinovasi dengan memberikan kemudahan bagi peserta. Salah satunya Mobile JKN, yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja, cukup dengan menggunakan Smartphone kita masing-masing. Bisa untuk pindah faskes, ubah data peserta, pendaftaran pelayanan di FKTP dan RS, Konsultasi Kesehatan dengan Dokter di FKTP, mengetahui ketersediaan tempat tidur dan jadwal operasi di RS, bahkan bisa untuk Skrining Mandiri Covid-19," tutup Rina. (Red)

Penulis: redaksi