• Home
  • Pojok BPJS
  • BPJS Kesehatan Perkenalkan Digitalisasi Klaim Non Kapitasi

BPJS Kesehatan Perkenalkan Digitalisasi Klaim Non Kapitasi

redaksi
Rabu, 28 Agu 2019 09:27
Ist
Xnewss.com, Dumai - BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional selalu menampilkan innovasi dalam bekerjasama dengan fasilitas kesehatan guna melakukan pelayan yang terbaik kepada peserta JKN-KIS. Kali ini BPJS Kesehatan akan memunculkan ide kreatif yang akan segera direalisasikan dalam pelaksanaannya pada fasilitas kesehatan tingkat primer, yaitu Digitalisasi Klaim Non Kapitasi.

Digitalisasi Klaim Non Kapitasi atau yang selanjutnya disebut e-claim primer merupakan proses perekaman data klaim secara elektronik yang bertujuan untuk menyederhanakan proses pengajuan klaim non kapitasi oleh FKTP yang dapat digunakan sebagai dokumentasi data pelayanan Peserta secara digital.

"Sebelum melakukan penerapan di lapangan kita terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada PIC fasilitas kesehatan primer yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Dumai. Disini kita akan memaparkan apa saja kemudahan yang akan didapatkan nantinya, baik oleh FKTP, BPJS Kesehatan, maupun bagi peserta JKN-KIS,” terang Nora Duita Manurung selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai. (28/08/2019)

Ia menambahkan, manfaat yang nantinya akan didapatkan oleh peserta, yaitu kontinuitas pelayanan kesehatan. Sementara bagi BPJS Kesehatan akan bermanfaat dalam mempercepat proses verifikasi, memastikan pembayaran pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien, serta meningkatkan akuntabilitas.

Setelah melakukan sosialisasi kepada PIC FKTP, selanjutnya BPJS Kesehatan Cabang Dumai juga melakukan pelatihan secara khusus kepada PIC FKTP secara bergantian dengan jadwal yang diatur guna mempresentasikan dan mencontohkan penggunaan Digitalisasi Klaim Non Kapitasi tersebut.

“Setelah mendapatkan keterangan sosialisasi dan pelatihan kami dapat memahami bahwa nantinya digitalisasi klaim non kapitasi tersebut dapat memudahkan FKTP, seperti memudahkan pengajuan klaim, meminimalisir berkas klaim, meningkatkan kepastian pembayaran klaim oleh FKTP, dan FKTP memiliki catatan riwayat pelayanan Peserta secara digital," terang Yana PIC Klinik Sehati.

Selain itu hal yang baru dalam E-Claim, yaitu fitur entri pemeriksaan klinis yang lebih lengkap yang memudahkan FKTP untuk memantau kesehatan Peserta terdaftar, Fitur SPP (Surat Pernyataan Pelayanan) untuk membuktikan pelayanan telah diterima oleh Peserta, Fitur FKPP (Formulir Klaim Pelayanan Primer) serta rekapitulasi data pelayanan yang diterima Peserta dan ditandatangani oleh DPJP. (Red)
T#g:
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir

RSS

Kontak