• Home
  • Pojok BPJS
  • BPJS Kesehatan Dumai Sosialisasikan Perpres No 82 Tahun 2018

BPJS Kesehatan Dumai Sosialisasikan Perpres No 82 Tahun 2018

redaksi
Selasa, 18 Des 2018 17:50
Sar
Kepala BPJS Kesehatan Kota Dumai, Nora Duita Manurunng Sosialisasikan Perpres No 82 Tahun 2018.
Xnewss.com, Dumai - Memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Dumai mulai mensosialisasikan Peraturan Presiden No 82 Tahun 2018 tentang jaminan sosial, Senin(17/12/2018).

Adapun Perpres no 82 tahun 2018 ini terdapat beberapa point penting dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018.

"Untuk bayi baru lahir dari peserta JKN. Bayi baru lahir dari peserta JKN wajib untuk didaftarkan paling lambat 28 hari sejak dilahirkan. Ketentuan ini mulai berlaku 3 bulan sejak diundangkan yaitu pada 18 Desember 2018," ujar Kepala BPJS Kesehatan Nora Duita Manurung.

Hal itu guna memberikan kemudahan kepada orangtua, jika sebelumnya orang tua bayi wajib mendaftarkan calon bayi jadi peserta BPJS sebelum lahir, sekarang bisa dilakukan setelah lahir. Namun, paling lambat 28 hari setelah kelahiran wajib sudah terdaftar.

Selain itu lanjut Nora menjelaskan, iuran bagi bayi baru lahir dibayarkan oleh peserta atau pihak lain atas nama peserta pada saat mendaftar paling lama 28 hari sejak dilahirkan.

"Agar kartu BPJS si bayi langsung bisa digunakan, sebaiknya iuran jangan nunggak, harus lunas. Jadi setelah 28 hari kelahiran bayi kita harus sudah terdaftar BPJS Kesehatan dan sudah bayar iuran," katanya.

Dalam peraturan ini, terdapat perubahan ketentuan mengenai status aktif peserta berdasarkan pembayaran iuran. Sebelumnya peserta dinyatakan tidak aktif apabila terdapat keterlambatan pembayaran Iuran lebih dari 1 bulan sejak tanggal 10. Saat ini penjaminan peserta diberhentikan sementara sejak tanggal 1 bulan berikutnya jika peserta atau pemberi kerja tidak membayar iuran sampai dengan akhir bulan berjalan.

"Kalau sebelumnya peserta nunggak 2 bulan baru kartunya di berhentikan sementara. Sekarang diperpendek, agar budaya bayar peserta tingkatkan lagi. Karena iuran berdampak pada pelayanan juga," jelasnya.

Bahkan, dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, jumlah tunggakan yang dihitung maksimal 24 bulan. Ketentuan ini berbeda dengan ketentuan sebelumnya yaitu tunggakan yang dihitung maksimal 12 bulan. "Ini tidak berlaku mundur. Artinya yang dihitung tunggakan maksimal 24 bulan setelah ketentuan ini mulai berlaku pada 18 Desember 2018," paparnya.

Termasuk, pajak rokok menjadi salah satu pendanaan pelayanan kesehatan masyarakat, program jaminan kesehatan nasional. Sebab, rokok menjadi salah satu indikator munculnya penyakit.(Sa)
T#g:BPJS KesehatanDumai RiauKota DumaiMasyarakat Kota Dumai
Berita Terkait
  • Senin, 21 Jan 2019 18:53

    Polres Dumai Periksa Sejumlah Saksi Dugaan Korupsi Tiga Proyek Jalan, Salah Satunya Panitia Lelang

    Xnewss.com, Dumai - Unit tindak pidana korupsi (Tipikor) Satuan Reserse dan kriminal (Satreskrim) Polres Dumai terus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi terkait dugaan perkara korupsi p

  • Senin, 21 Jan 2019 16:50

    Pengendara Mobil Sedan Terjun ke Semak Saat Kabur Usai Menabrak

    Xnewss.com, Dumai - Karma, kata yang tepat diberikan kepada pengendara Mobil Sedan Honda City ini. Diduga usai menabrak pejalan kaki, mobil itu melarikan diri bukan membantu korban yang ditabrak.

  • Senin, 21 Jan 2019 16:43

    Gelar Apel Tiga Pilar Dalam Sukseskan Pemilu 2019 Aman dan Damai

    Xnewss.com, Dumai - Menciptakan Pemilu yang aman dan kondusif di Kota Dumai dan menyamakan persepsi dalam melaksanakan pengamanan, Kepolisian Polres Dumai menggelar apel 3 pilar meningiatkan sine

  • Minggu, 20 Jan 2019 15:04

    Pawai Ta'aruf STQ Kelurahan Kampung Baru Berlangsung Meriah

    Xnewss.com, Dumai - Kegiatan Pawai Ta'aruf Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke-IX tingkat Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Bukit Kapur  berlangsung meriah. Pawai diikuti seluruh kafilah d

  • Sabtu, 19 Jan 2019 13:27

    Besok Rangkaian STQ Kampung Baru Mulai Dilaksanakan

    Xnewss.com, Dumai - Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) tingkat Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bukit Kapur yang ke IX tahun 2019 besok Minggu (20/01/2019) mulai digelar. STQ KelurahanKampung Baru d

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak