• Home
  • Pojok BPJS
  • Awalnya Benci Tapi Ternyata JKN-KIS Ada Untuk Masyarakat

Awalnya Benci Tapi Ternyata JKN-KIS Ada Untuk Masyarakat

redaksi
Jumat, 05 Apr 2019 12:58
Sar
Eko peserta JKN KIS yang merasakan manfaatnya.
Xnewss.com, Dumai - Eko (36) merupakan seorang peserta JKN-KIS yang terdaftar sejak tahun 2016. Pada awalnya ayah satu orang anak ini sungguh sangat enggan menjadi peserta JKN-KIS karena merasa tidak akan terpakai.

"Pada waktu itu Saya sama sekali tidak ingin menjadi peserta JKN-KIS karena saya merasa hal itu akan menjadi sesuatu yang mubazir. Daftar dan harus bayar setiap bulan tetapi tidak terpakai untuk berobat, seakan sia-sia saja," ujar Eko (05/04/2019).


Ia menambahkan, ternyata pemahaman yang seperti itu sangat salah dan sama sekali tidak terbukti. Manfaat menjadi peserta JKN-KIS itu sangat besar terutama untuk risiko sakit yang tidak akan pernah kita tahu kapan akan datang menghampiri kita.

"Sebenarnya waktu itu saya mendaftarkan keluarga kami tanpa sepengetahuan suami (Eko) dan alhasil dia tidak terima akan hal itu karena dengan pemikiran kami yang berbeda akan manfaat program ini," jelas Rina istri Eko yang setia berusaha memahamkan Eko tentang program JKN-KIS.

Semua kekeliruan itu terbantahkan sejak Eko mengetahui ada benjolan didekat perutnya. Pada awalnya tidak ada yang mencurigakan dari hal tersebut, tetapi semakin lama benjolan tersebut semakin besar dan terasa sakit bahkan sangat mengganggu.

"Sebenarnya benjolan itu terasa dalam beberapa tahun terakhir dan perlahan-lahan semakin membesar hingga akhirnya saya merasakan sakit pada benjolan tersebut apalagi ketika bergesekan dengan baju yang saya pakai," tutur Eko.

Dirinya takut akan dioperasi apalagi jika dihitung-hitung biayanya pasti besar dan kondisi keuangan kurang mendukung. Hingga akhirnya Ia menyadari semua biaya tersebut akan ditanggung lewat JKN-KIS dan tumor yang ada didekat perutnya tersebut dioperasi.

"Sesuatu yang saya tidak sukai pada awalnya ternyata itulah yang menolong saya. Benjolan itu telah dioperasi dan semua biayanya ditanggung melalui JKN-KIS hingga saya melakukan kontrol ulang di rumah sakit. Seketika pemikiran saya berubah, ternyata Program JKN-KIS ada untuk masyarakat. Sangat membantu dan meringankan beban kita di bidang kesehatan," ucapnya.

Eko yang sehari-harinya bekerja sebagai Linmas di Desa Tambusai Batang Dui telah merasakan bagaimana pentingnya Program Jaminan Kesehatan. Tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga akan berguna bagi orang lain. Fungsi gotong royong melalui subsidi silang iuran JKN-KIS akan menjadi senjata yang ampuh untuk memerangi mahalnya biaya perobatan. (Red)
T#g:BPJS Kesehatan
Berita Terkait
  • Senin, 06 Mei 2019 15:44

    Ilham : Sistem BPJS Tidak Ada Kendala

    Xnewss.com, Dumai - Tidak bisa mendaftarkannya seratusan peserta BPJS di RSUD Dumai guna mendapatkan layanan kesehatan, Senin (06/05/2019) mendapatkan perhatian dan menjadi perhatian tersendiri d

  • Senin, 06 Mei 2019 13:11

    Pasien Sakit Jantung Harus Pulang Karna Tidak Dapat Layanan di RSUD Dumai

    Xnewss.com, Dumai - Meski sudah mengantre ber jam-jam diruang tunggu atau ruang pendaftaran poliklinik RSUD Dumai agar ibunya mendapatkan perawatan jalan atas sakit jantungnya, nyatanya membuat E

  • Senin, 06 Mei 2019 12:31

    Ratusan Peserta BPJS Tak Dapat Pelayanan di RSUD Dumai

    Xnewss.com, Dumai - Seratusan masyarakat Dumai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) terpaksa mengantre dan tidak mendapatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).Rat

  • Selasa, 16 Apr 2019 17:19

    BPJS Kesehatan Gelontorkan 11 Triliun Untuk Bayar Rumah Sakit

    Xnewss.com, Dumai -  BPJS Kesehatan menggelontorkan dana sebesar Rp 11 triliun untuk membayar hutang klaim jatuh tempo BPJS Kesehatan kepada rumah sakit. Di luar itu, BPJS Kesehatan juga melakuka

  • Jumat, 29 Mar 2019 18:30

    Bupati Siak : November ini Siak Harus UHC

    Xnewss.com, Siak -  BPJS Kesehatan Cabang Dumai mengadakan Forum Komunikasi Para Pemangku Kepentingan Utama SM I di Kabupaten Siak. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bupati Siak Alfedri da

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak