Sekda Dumai Hadiri Rakornas Kepegawaian

redaksi
Rabu, 11 Jul 2018 20:57
Xnewss.com,Dumai- Sekretaris daerah Kota Dumai H. Muhammad Nasir menghadiri rapat koordinasi kepegawaian tahun 2018 yang Indonesia Covention Exhibition (ICE) Tanggerang, Rabu (11/7/2018).

Rapat dihadiri oleh seluruh kepala daerah dan perwakilan  kepala daerah se-Indonesia ini dibuka secara langsung oleh menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi Asman Abnur.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan rakornas ini diadakan dalam rangka mendukung revolusi industri 4.0 dan pemanfaatan teknologi digital bagi sumber daya pemerintah.

"Tujuan rakornas ini adalah untuk membangun komitmen instansi pemerintah pusat dan daerah untuk mempersiapkan talenta aparatur sipil negara (ASN) dalam tuntutan perubahan, dan mewujudkan ASN berkelas dunia yang menguasai teknologi," katanya membukan Rakornas di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (11/7/2018).

Untuk itu, dalam rencana pembukaan lowongan CPNS tahun ini maka pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) akan seluruhnya berbasis komputer atau computer assisted test (CAT) dan dilakukan terintegrasi. 

"Dengan perubahan mekanisme ini, alur pendaftaran CPNS akan lebih singkat sehingga memudahkan pelamar dalam pendaftaran satu pintu," kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Iwan Hermanto.

Pada kesempatan yang sama, Menteri PAN-RB Asman Abnur meminta kepada BKN untuk bisa betul-betul menyeleksi dengan baik calon-calon abdi negara yang berkualitas. Hal itu agar, setiap CPNS nantinya bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan sesuai.

"Sekarang yang jadi tugas pokok kita adalah bagaimana merencanakan pegawai yang betul-betul nyambung dengan potensi daerah, kementerian, sehingga betul-betul bisa merencanakan pegawai yang tepat sesuai dengan beban kerja," katanya.

"Kita sudah lihat bagaimana cepatnya perubahan, kalau kita tidak antisipasi peran kita akan diambil oleh robot itu. Jadi jangan lagi jadi petugas administratif, jadilah orang yang bisa merencanakan human capital negara, sehingga mengarah pada kompetensi yang benar," tuturnya.

Sementara itu Sekda Kota Dumai H. Muhammad Nasir menyambut baik apa yang diwacanakan oleh Kementrian Pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi dalam rapat koordinasi ini.

"Diharapkan dengan trobosan baru yang dilakukan kementrian ini dapat menciptakan aparatur sipil negara yang menguasai teknologi yang berkelas dunia dalam menghadapi perubahan zaman yang mana saat ini sudah masuk dalam era teknologi," ujar Sekda.

Dikatakan Muhammad Nasir penerimaan pegawai negeri sipil saat ini memang harus sesuai dengan kebutuhan dan keahlian mereka dan yang utama mengerti dengan teknologi sehingga nantinya tidak lagi menimbulkan paradigma kalau sudah menjadi ASN tidak perlu lagi membekali diri dengan teknologi karena tidak akan tertinggal dengan persaingan dan akan terus bekerja dengan digaji oleh negara. (Infotorial)
T#g:Pemko Dumai
Berita Terkait
  • Sabtu, 21 Jul 2018 21:09

    Sebanyak 7.780 Kg Rasta Disalurkan ke Warga BaBe

    Xnewss.com, Dumai- Sebanyak 7.780 kilogram (Kg) beras untuk keluarga sejahtera atau rastra disalurkan tim kelurah Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur, Dumai Riau, ke warga penerima, Jumat (21/07/2018)

  • Jumat, 20 Jul 2018 19:39

    Diduga Stres, Seorang Warga Mekar Sari Ditemukan Tewas Tergantung

    Xnewss.com, Dumai - Diduga Stres Suyono (47) warga Kelurahan Mekar Sari, Kecamatan Dumai Selatan ditemukan tewas tergantung dibelakang rumahnya, Jumat (20/07/2018) sekira pukul 06.00 WIB.Kejadian berm

  • Jumat, 20 Jul 2018 15:56

    Budaya Turun Temurun, 9 CJH Bukit Kapur Ikuti Prosesi Tepung Tawar

    Xnewss.com, Dumai - Sembilan orang Calon Jamaah Haji (CJH) tahun 2018 asal Kecamatan Bukit Kapur mengikuti prosesi tepung tawar di gedung agenda kecamatan, Jumat (20/07/2018).Prosesi tepung tawar diha

  • Kamis, 19 Jul 2018 18:06

    Rutan Dumai Bantah Telah Menelantarkan Unyil Hingga Tewas

    Xnewss.com, Dumai- Terkait meninggalnya salah seorang warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Dumai, Muhammad Yusuf (38) alias Unyil yang mengalami serangan jantung, Rabu (18/7) sekira pukul 09.17 WIB dini

  • Kamis, 19 Jul 2018 17:38

    Pendaftaran Caleg Ditutup, Perindo Dumai Tidak Daftarkan Bacaleg

    Xnewss.com, Dumai- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai yang terletak di jalan perwira resmi menutup pendaftaran bakal calon anggota legislatif, Selasa (17/7/2018) pukul 00.00 WIB kemarin. Seba

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak