Sekda Dumai Hadiri Rakornas Kepegawaian

redaksi
Rabu, 11 Jul 2018 20:57
Xnewss.com,Dumai- Sekretaris daerah Kota Dumai H. Muhammad Nasir menghadiri rapat koordinasi kepegawaian tahun 2018 yang Indonesia Covention Exhibition (ICE) Tanggerang, Rabu (11/7/2018).

Rapat dihadiri oleh seluruh kepala daerah dan perwakilan  kepala daerah se-Indonesia ini dibuka secara langsung oleh menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi Asman Abnur.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan rakornas ini diadakan dalam rangka mendukung revolusi industri 4.0 dan pemanfaatan teknologi digital bagi sumber daya pemerintah.

"Tujuan rakornas ini adalah untuk membangun komitmen instansi pemerintah pusat dan daerah untuk mempersiapkan talenta aparatur sipil negara (ASN) dalam tuntutan perubahan, dan mewujudkan ASN berkelas dunia yang menguasai teknologi," katanya membukan Rakornas di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (11/7/2018).

Untuk itu, dalam rencana pembukaan lowongan CPNS tahun ini maka pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) akan seluruhnya berbasis komputer atau computer assisted test (CAT) dan dilakukan terintegrasi. 

"Dengan perubahan mekanisme ini, alur pendaftaran CPNS akan lebih singkat sehingga memudahkan pelamar dalam pendaftaran satu pintu," kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Iwan Hermanto.

Pada kesempatan yang sama, Menteri PAN-RB Asman Abnur meminta kepada BKN untuk bisa betul-betul menyeleksi dengan baik calon-calon abdi negara yang berkualitas. Hal itu agar, setiap CPNS nantinya bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan sesuai.

"Sekarang yang jadi tugas pokok kita adalah bagaimana merencanakan pegawai yang betul-betul nyambung dengan potensi daerah, kementerian, sehingga betul-betul bisa merencanakan pegawai yang tepat sesuai dengan beban kerja," katanya.

"Kita sudah lihat bagaimana cepatnya perubahan, kalau kita tidak antisipasi peran kita akan diambil oleh robot itu. Jadi jangan lagi jadi petugas administratif, jadilah orang yang bisa merencanakan human capital negara, sehingga mengarah pada kompetensi yang benar," tuturnya.

Sementara itu Sekda Kota Dumai H. Muhammad Nasir menyambut baik apa yang diwacanakan oleh Kementrian Pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi dalam rapat koordinasi ini.

"Diharapkan dengan trobosan baru yang dilakukan kementrian ini dapat menciptakan aparatur sipil negara yang menguasai teknologi yang berkelas dunia dalam menghadapi perubahan zaman yang mana saat ini sudah masuk dalam era teknologi," ujar Sekda.

Dikatakan Muhammad Nasir penerimaan pegawai negeri sipil saat ini memang harus sesuai dengan kebutuhan dan keahlian mereka dan yang utama mengerti dengan teknologi sehingga nantinya tidak lagi menimbulkan paradigma kalau sudah menjadi ASN tidak perlu lagi membekali diri dengan teknologi karena tidak akan tertinggal dengan persaingan dan akan terus bekerja dengan digaji oleh negara. (Infotorial)
T#g:Pemko Dumai
Berita Terkait
  • Jumat, 16 Nov 2018 19:25

    137 Warga Terjaring Selama Lima Hari Menggelar Operasi Yustisi

    Xnewss.com, Dumai - Ratusan orang terjaring  Operasi Yustisi 2018 di Kota Dumai. Ada 137 orang terjaring dalam operasi yang berlangsung selama lima hari. Operasi ini berakhir, Jum'at (1

  • Jumat, 16 Nov 2018 19:21

    Selama Operasi Yustisi, 18 Orang Kedapatan Sedang Mesum

    Xnewss.com, Dumai - Selama menggelar operasi Yustisi di Kota Dumai. Tim gabungan mengamankan sedikitnya 18 orang yang kedapatan berduaan di sejumlah wisma saat operasi berlangsung.Mereka yang diamanka

  • Kamis, 15 Nov 2018 22:30

    Pertagas Janji Segera Memperbaiki Lubang Box Culvert di Kelurahan Bukit Nenas

    Xnewss.com, Dumai -  PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk beserta rekanan tidak akan membiarkan ambles dan kerusakan di jalan Soekarno Hatta, Kecamatan

  • Kamis, 15 Nov 2018 18:59

    Demi Keselamatan, PT. CPI Bersihkan Area Sekitar Jaringan Pipa Migas

    Xnewss.com, Dumai - PT Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI), selaku Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia, akan melaksanakan pekerjaan perawatan dan perbaikan pipa penyalur mig

  • Kamis, 15 Nov 2018 18:07

    Tingkatkan Kelulusan di Program Full Day School, SMAN 3 Gelar Jam Tambahan

    Xnewss.com, Dumai- Semenjak adanya kebijakan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Full Day School (FDS) diterabkan sesuai peraturan yang tertuang dalam Permendikbud Nomo

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak