Sekda Dumai Hadiri Rakornas Kepegawaian

redaksi
Rabu, 11 Jul 2018 20:57
Xnewss.com,Dumai- Sekretaris daerah Kota Dumai H. Muhammad Nasir menghadiri rapat koordinasi kepegawaian tahun 2018 yang Indonesia Covention Exhibition (ICE) Tanggerang, Rabu (11/7/2018).

Rapat dihadiri oleh seluruh kepala daerah dan perwakilan  kepala daerah se-Indonesia ini dibuka secara langsung oleh menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi Asman Abnur.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan rakornas ini diadakan dalam rangka mendukung revolusi industri 4.0 dan pemanfaatan teknologi digital bagi sumber daya pemerintah.

"Tujuan rakornas ini adalah untuk membangun komitmen instansi pemerintah pusat dan daerah untuk mempersiapkan talenta aparatur sipil negara (ASN) dalam tuntutan perubahan, dan mewujudkan ASN berkelas dunia yang menguasai teknologi," katanya membukan Rakornas di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (11/7/2018).

Untuk itu, dalam rencana pembukaan lowongan CPNS tahun ini maka pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) akan seluruhnya berbasis komputer atau computer assisted test (CAT) dan dilakukan terintegrasi. 

"Dengan perubahan mekanisme ini, alur pendaftaran CPNS akan lebih singkat sehingga memudahkan pelamar dalam pendaftaran satu pintu," kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Iwan Hermanto.

Pada kesempatan yang sama, Menteri PAN-RB Asman Abnur meminta kepada BKN untuk bisa betul-betul menyeleksi dengan baik calon-calon abdi negara yang berkualitas. Hal itu agar, setiap CPNS nantinya bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan sesuai.

"Sekarang yang jadi tugas pokok kita adalah bagaimana merencanakan pegawai yang betul-betul nyambung dengan potensi daerah, kementerian, sehingga betul-betul bisa merencanakan pegawai yang tepat sesuai dengan beban kerja," katanya.

"Kita sudah lihat bagaimana cepatnya perubahan, kalau kita tidak antisipasi peran kita akan diambil oleh robot itu. Jadi jangan lagi jadi petugas administratif, jadilah orang yang bisa merencanakan human capital negara, sehingga mengarah pada kompetensi yang benar," tuturnya.

Sementara itu Sekda Kota Dumai H. Muhammad Nasir menyambut baik apa yang diwacanakan oleh Kementrian Pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi dalam rapat koordinasi ini.

"Diharapkan dengan trobosan baru yang dilakukan kementrian ini dapat menciptakan aparatur sipil negara yang menguasai teknologi yang berkelas dunia dalam menghadapi perubahan zaman yang mana saat ini sudah masuk dalam era teknologi," ujar Sekda.

Dikatakan Muhammad Nasir penerimaan pegawai negeri sipil saat ini memang harus sesuai dengan kebutuhan dan keahlian mereka dan yang utama mengerti dengan teknologi sehingga nantinya tidak lagi menimbulkan paradigma kalau sudah menjadi ASN tidak perlu lagi membekali diri dengan teknologi karena tidak akan tertinggal dengan persaingan dan akan terus bekerja dengan digaji oleh negara. (Infotorial)
T#g:Pemko Dumai
Berita Terkait
  • Selasa, 21 Mei 2019 13:30

    Wawako Dumai: Safari Ramadan Perekat Silaturahim

    Xnewss.com,Dumai- Wakil walikota Dumai Eko Suharjo SE mengatakan, Safari Ramadan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Dumai melalui Bagian ADM Kesra di Bulan Ramadan untuk perekat silaturahmi antara p

  • Selasa, 21 Mei 2019 21:07

    Jalin Silaturahmi, Polres Dumai Gelar Buka Bersama Seluruh Elemen Masyarakat

    Xnewss.com, Dumai - Mengusung tema "dengan hikmah puasa kita pererat solidaritas dan sinergitas seluruh unsur masyarakat", Kepolisan Resort (Polres) Dumai gelar buka bersama dengan seluruh unsur

  • Senin, 20 Mei 2019 17:12

    Zulkifli AS : Pejabat dan ASN Dumai Jangan Gunakan Mobdis Untuk Mudik

    Xnewss.com, Dumai - Larangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang larangan menerima parsel dan menggunakan mobil dinas (Mobnas) untuk mudik lebaran. Ditindaklanjuti oleh  Pemerint

  • Senin, 20 Mei 2019 14:40

    Pemko Dumai Gelar Upacara Peringati Harkitnas ke 111 Tahun

    Xnewss.com, Dumai -  Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 111 tahun 2019 dilaksanakan di lapangan kantor bersama Pemko Dumai di Jalan HR Soebrantas Dumai Senin (20/05/2019).Ko

  • Sabtu, 18 Mei 2019 20:10

    Pemko Dumai Akan Optimalkan Pembangunan Fasilitas Dasar Masyarakat

    Xnewss.com, Dumai - Tiga tahun memimpin Kota Dumai, Pasangan Walikota dan Wakil Walikota Dumai, H.Zulkifli AS dan Eko Suharjo tetap komitmen memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat Dumai ses

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak