Advertorial

Pemkab Meranti Berhasil Tangani Covid-19

redaksi
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Meranti, Muhammad Fahri SKM

Xnewss.com,MERANTI- Untuk saat ini, tidak ada lagi pasien positif Covid-19 di Meranti. Semuanya telah sembuh. Kemarin sempat angka positif mencapai 12 orang. SF menjadi pasien terakhir dan telah kita antar langsung pulang ke rumahnya di Bandul,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Meranti, Muhammad Fahri SKM, Jum’at (19/6/2020).


Walaupun saat ini kasus Covid-19 sudah nol atau tidak ada lagi masyarakat yang menderita penyakit asal Wuhan, Cina itu, diminta agar tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Meranti.


Lebih jauh, Fahri juga merincikan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) saat ini juga sudah nol atau tidak ada lagi. Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) tinggal 372 orang dari jumlah sebelumnya sebanyak 8459 orang.


“Dengan situasi yang sudah lebih baik saat ini, kita tidak mau masyarakat teledor atau merasa sudah aman. Karena Covid-19 masih terus menjadi ancaman  saat ini. Kita telah mensosialisasikan agar tetap menjalankan protokol kesehatan. Tentunya dengan tetap cuci tangan pakai sabun setelah menjalankan aktivitas,  pakai masker bagi yang sehat maupun yang mengalami sakit serta hindari kerumunan. Kita tidak mau kecolongan lagi,” harapnya.


Agar sosialisasi agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Meranti itu telah meminta kepada seluruh puskesmas untuk memaksimalkan perannya. Sehingga seluruh masyarakat bisa tetap mewaspadai ancaman Covid-19.


“Jika puskesmas melihat ada gejala atau potensi Covid-19 ditengah masyarakat, segera lakukan rapid tes. Hal itu penting guna memutus mata rantai penyebaran penyakit tersebut. Jika ditemukan positif, langsung karantina dan lanjutkan dengan melakukan tes Swab,” katanya.


Selain itu, untuk pintu masuk ke sejumlah wilayah di Meranti juga akan terus dijaga oleh petugas yang terdiri dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, Dishub dan tentunya petugas kesehatan sendiri. Bagi masyarakat yang ingin bepergian dan datang ke Meranti juga akan diminta agar dapat melengkapi diri dengan surat kesehatan.


"Kita masih tetap waspada. Terutama saat tidak ada kasus seperti saat ini. Jangan sampai kita lengah dan kecolongan lagi,” ucapnya.


Oleh sebab itu, Fahri mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat di Meranti untuk dapat bersama-sama membantu pemerintah dalam kewaspadaan saat ini. Karena Covid-19 ini bisa datang kapan saja dan dari siapa saja.(FMI)

Penulis: redaksi