• Home
  • Advertorial
  • Pemerintah Rohil Programkan 4 Pokok Strategis Menjadi Prioritas Membangun Daerah

Pemerintah Rohil Programkan 4 Pokok Strategis Menjadi Prioritas Membangun Daerah

redaksi
Selasa, 10 Okt 2017 14:49
Xnewss.com,Bagansiapiapi - Bupati Rokan Hilir H Suyatno membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2017, Kamis (9/3/2017) di gedung serbaguna, Bagansiapiapi.

Dalam Musrenbang tersebut turut dihadiri, Kepala Bappeda Provinsi Riau Rahmad Rahim, Wakil Bupati Drs Jamiluddin, Ketua DPRD H Nasrudin Hasan, Kapolres Rohil AKBP Henry Posma Lubis, Perwakilan Dandim Mayor Ediyanto, Sekda Drs H Surya Arfan, anggota DPRD Provinsi Riau Firdaus SA,g, Kepala Badan,Kantor dan Dinas serta para Camat dilingkungan Pemda Rohil.

Bupati Rohil H Suyatno dalam sambutannya berterima kasih kepada Pemerintah Propinsi Riau yang telah memperhatikan Rokan Hilir dalam mewujudkan pembanggunan baik infrastruktur yang tujuan untuk meningkatkan akses jalan dan jambatan yang menghubungkan dari satu daerah ke daerah lainnya dan sekaligus mempercepat proses peningkatan ekonomi masyarakat dengan pendeknya jarak jangkau suatu daerah dengan akses jalan yang dibanggun.

"Kegiatan ini merupakan program Pemda Rohil yakni ada 4 pokok yang sangat strategis yang menjadi proritasnya untuk membanggun Rokan Hilir.

1. Kata Bupati Suyatno, untuk meningkatan SDM yang ungul yang pertama bagaimana meningkatkan SDM sekolah,yakni Sekolah Dasar dan SMP, tanggung jawab kabupaten. 

     Bupati Suyatno berikan tetesan pilio pada anak balita

2. Meningkatkan angka Kesehatan di Rokan Hilir seperti bagaimana kesehatan ibu dan anak, dan bagaimana pemerataan kesehatan di rokan hilir, yakni terbagi di Puskesma-puskesmas.

3. Tenaga kerja, dengan adanya pabrik yang dapat menyerap tenaga kerja lokal yang sesuai dengan Perda yang ada di rokan hilir, perlu dibekali dengan keterampilan dan keahlian diperlukan juga pengawasan terhadap perusahaan yang ada bagaimana dengan tenaga kerjanya lokalnya dan disesaikan dengan kebutuhannya.

Meningkatkan fasilitas pembangunan, pemerintahan kita tata kembali tentu ditanya ke SKPD tata kembali dimana yang dahulu ada 34 dan sekarang sudah tinggal 25 saja serta ditata kembali mudah mudah kita lebih hemat lagi, dan dapat lebih banyak pembangunan yang dapat dilakukan walaupun dengan keuangan yang kita peroleh lebih kecil pun tentu kita menekan kebijakan rutin,"bebernya.

Kata Bupati, untuk meningkatkan Pariwisata yang selama ini terbiarkan saja dan perlu dikelola kembali guna untuk menambah pendapatan daerah dimana untuk rekriasi tidak perlu lagi mengeluarkan uang yang banyak karna kita punya seperti Danau Napangga,Danau Gatal dan lain-lainya.


Tambah Bupati, Pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan. Untuk akses dasar seperti pembanggunan jalan dan jambatan, Air bersih, Perumahan pemukiman yang layak. Kita proritaskan propinsi kita minta untuk menyelesaikan jalan propinsi yakni jalan kubu,jalan bagansiapi dan jalan panipahan, dan dengan dananya lebih kurang 100 milyar untik ruas jalan kubu, Bagansiapiapi dan panipahan. 

"Untuk dikerjakan dan sudah ada dana propinsi. kita minta penambahan seperti jalan ke Mahato Manggala itu juga jalan propinsi dan jalan bagan kesinaboi itu juga dana propinsi dan kita kabupaten adalah jalan kubu bagan siapiapi yang sudah diansur setiap tahun dibangun dengan dana 30 milyar ,dan jalan simpang kanan dan bagan senembah yang dulu dirijit dengan lebih kurang 30 milyar dan dianggarkan juga tahun ini untuk kelanjutannya dan tahun ini juga kita laksanakan dan jalan bagansiapiapi ke ujung tanjung merupakan jalan nasional yang sudah diajukan untuk biaya APBN saja,"terangnya.

Sebut orang nomor satu di rohil ini, kita juga punya kegiatan yang baru yakni kerja sama dengan Kota Madya Dumai dan kab Bengkalis dengan nama "Duralis" dan diadakan MOU dalam

kegitan Air Bersih yang titik terletak di Tanah Putih Tj Melawan dan diawal akan dibangun1500 per liter per detik.

"Rohil 400 liter Dumai 500 dan Bengkalis 600 yang mengalir dari tanah putih ke Bagansiapiapi, dan kemudian diarah di daerah kecamatan yang lain. Dan akan dilelang tahun ini karna dana sudah ada. Karena pipanya sudah dianggarkan dari propinsi 300 milyar,dan dikerja bersama yakni Dumai,Bengkalis,Rohil,dan propinsi dan dana sudah ada 73 milyar dilelang tahun ini. 

Serta bagaimana dengan program Rumah Layak Huni dimana selama ini kita membanggun 5 atau 3 didesa akan tetapi tingkat kemiskinan itu tidaklah merata didesa ataupun dikecamatan dan diperlukan perubahan cara pelaksananya ditahun ini,"paparnya.

Disamping itu juga, kata Bupati Suyatno, pembangunan rumah resetlemen dimana adanya kampung yang dipindahkan apakah karena banjir ataupun terletak dipinggir sungai ataupun yang rawan akan bencana alam. 

                   Bupati Suyatno panen cabe merah di Kecamatan Kubu


4. Kawasan pembanggunan industri, ucap Suyatno, kita tidak membangun sentral khusus akan tetapi mengkuatkan sentral apa yang dilakukan oleh masarakat seperti padi ini sentral seperti Rimbo melintang,Bagansiapiapi,kubu,Sinaboi juga sudah ada gilingan padi hal ini nanti akan digiring untuk baganmana hasil hasil pertanian seperti dapat dikemas dengan baik.

Lanjut Bupati, hasil pertanian untuk kita sendiri dan uangpun beredar didaerah kita sendiri ucap ketua bapeda bapak Job.Dan ditambah lagi dengan sentral buah-buahan seperti nenas dirantau bais,keladi di Sinaboi,yang selama ini penamnya sekali kecil dan perlu ditingkatkan skala besar.

"Sedangkan bidang prikanan seperti tambak kerang, perternakan juga kita perhatikan juga serta kita untuk meningkatkan daerah lain yang tujuan untuk pertumbuhan ekonomi kerakyatan ditahun kedua bupati kita,"ujarnya. ( Adv Humas Rohil )
T#g:
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir

RSS

Kontak