Mulai 2019, Pemko Dumai Terapkan e-LAKIP

redaksi
Selasa, 10 Apr 2018 13:05
Xnewss.com- Tahun depan, Pemerintah Kota Dumai mulai menerapkan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah berbasis IT atau e-LAKIP. Menjelang itu, aparatur Pemko Dumai mendapat bimbingan teknis tentang penggunaan aplikasi e-LAKIP di ballroom hotel Grand Zuri Dumai Selasa (10/4).

"Bimtek diharapkan bisa dijadikan forum untuk sharing dan berbagi pengalaman dalam pengembangan tugas pokok dan fungsi masing-masing dalam mensukseskan e-Lakip di Kota Dumai," ujar Walikota Dumai H Zulkifli As saat membuka bimtek tersebut.

Pembukaan Bimtek dihadiri seluruh Kepala OPD di lingkup Pemko Dumai tetmasuk seluruh Camat se Kota Dumai. Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung dua hari, 10 sampai degan 11 April 2018, bertujuan meningkatkan kemampuan dan pemahaman ASN dalam melaporkan kinerja ke dalam sistem aplikasi yang disebut e-Lakip. 

Sehingga ke depan akan terwujud manajemen pemerintahan yang transparan, partisipatif, akuntabel dan berorientasi pada hasil. Kegiatan ini sskaligus untuk mewujudkan program smartcity yang telah di gagas sejak 2017.

Mengingat pentingnya pelaksanaan e-LAKIP ini, Zul As berharap agar seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan ini secara sungguh sungguh dari awal sampai akhir. Jangan ada yang meninggalkan tempat sebelum acara selesai.

Ini bertujuan agar apa yang disampaikan oleh narasumber dapat dipahami dan diaplikasikan dengan baik. "Kepada narasumber kami mengucapkan terimakasih atas bantuan dan dedikasinya kepada Pemko Dumai," ujarnya.

Menyinggung tentang akuntabilitas Pemko Dumai tabun 2017, walikota menjelaskan bahwa dari hasil evaluasi Kemenpan-RB, nilai akuntabilitas Kota Dumai baru mencapai nilai CC atau cukup baik dengan skor berkisar dari 50 sampai dengan 65. Tahun 2018 ini ditargetkan mampu mencapai nilai B dengan skor 65 sampai dengan 75.

"Mudah-mudahan ini bisa tercapai. Mengingat implementasi e-Lakip didalam penyusunan LKj-IP ditingkat OPD dan di tingkat Kota secara bertahap sudah kita lakukan. Kita juga sudah berkomitmen untuk meningkatkan kinerja masing-masing OPD," harap wako

Beberapa rekomendasi sudah diberikan oleh Tim Evaluasi dari Menpan RB dalam upaya memperkuat Sistem Akuntabilitas Kinerja di Kota Dumai. Rekomendasi juga dalam kaitan meningkatkan Nilai Lakip yakni dengan pemanfatan sistem pelaporan dengan berbasis IT atau e-Lakip. (Infotorial)
T#g:Pemko Dumai
Berita Terkait
  • Senin, 23 Jul 2018 20:46

    Sudah 4 Bulan Ketua RT di Bukit Kapur Belum Terima Honor

    Xnewss.com, Dumai - Sudah hampir 4 bulan, para ketua RT se kecamatan Bukit Kapur, Dumai, Riau belum menerima gaji honor. Sehingga berdampak pada perekonomian masyarakatHal ini disampaikan ketua F

  • Senin, 23 Jul 2018 16:57

    Buka Lahan Dengan Cara Dibakar, Seorang Petani Diamankan Polisi

    Xnewss.com, Dumai - Meski mengetahui dan tidak sengaja diduga membuka lahan dengan membakar, JS(48) warga Kecamatan Bukit Kapur harus berususan dengan pihak berwajib. JS diamankan satreskrim Polres Du

  • Senin, 23 Jul 2018 16:44

    Walikota Dumai Tepung Tawari 184 CJH

    Xnewss.com, Dumai- Pemerintah Kota Dumai melaksanakan prosesi Walimatus Safar terhadap 184 jemaah calon haji Kota Dumai sebelum diberangkatkan ke embarkasi Batam pada Jum'at (27/07/2018) mendatan

  • Senin, 23 Jul 2018 16:19

    7 Tahanan Tipikor Mendekam di Rutan Dumai

    Xnewss.com, Dumai- Setelah menjalani sejumlah rangkaian persidangan dan dinyatakan terbukti bersalah 7 orang terpidana perkara tindak pidana korupsi (tipikor) kini mendekam di rumah tahanan (Rutan) ke

  • Sabtu, 21 Jul 2018 21:09

    Sebanyak 7.780 Kg Rasta Disalurkan ke Warga BaBe

    Xnewss.com, Dumai- Sebanyak 7.780 kilogram (Kg) beras untuk keluarga sejahtera atau rastra disalurkan tim kelurah Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur, Dumai Riau, ke warga penerima, Jumat (21/07/2018)

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak