Mulai 2019, Pemko Dumai Terapkan e-LAKIP

redaksi
Selasa, 10 Apr 2018 13:05
Xnewss.com- Tahun depan, Pemerintah Kota Dumai mulai menerapkan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah berbasis IT atau e-LAKIP. Menjelang itu, aparatur Pemko Dumai mendapat bimbingan teknis tentang penggunaan aplikasi e-LAKIP di ballroom hotel Grand Zuri Dumai Selasa (10/4).

"Bimtek diharapkan bisa dijadikan forum untuk sharing dan berbagi pengalaman dalam pengembangan tugas pokok dan fungsi masing-masing dalam mensukseskan e-Lakip di Kota Dumai," ujar Walikota Dumai H Zulkifli As saat membuka bimtek tersebut.

Pembukaan Bimtek dihadiri seluruh Kepala OPD di lingkup Pemko Dumai tetmasuk seluruh Camat se Kota Dumai. Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung dua hari, 10 sampai degan 11 April 2018, bertujuan meningkatkan kemampuan dan pemahaman ASN dalam melaporkan kinerja ke dalam sistem aplikasi yang disebut e-Lakip. 

Sehingga ke depan akan terwujud manajemen pemerintahan yang transparan, partisipatif, akuntabel dan berorientasi pada hasil. Kegiatan ini sskaligus untuk mewujudkan program smartcity yang telah di gagas sejak 2017.

Mengingat pentingnya pelaksanaan e-LAKIP ini, Zul As berharap agar seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan ini secara sungguh sungguh dari awal sampai akhir. Jangan ada yang meninggalkan tempat sebelum acara selesai.

Ini bertujuan agar apa yang disampaikan oleh narasumber dapat dipahami dan diaplikasikan dengan baik. "Kepada narasumber kami mengucapkan terimakasih atas bantuan dan dedikasinya kepada Pemko Dumai," ujarnya.

Menyinggung tentang akuntabilitas Pemko Dumai tabun 2017, walikota menjelaskan bahwa dari hasil evaluasi Kemenpan-RB, nilai akuntabilitas Kota Dumai baru mencapai nilai CC atau cukup baik dengan skor berkisar dari 50 sampai dengan 65. Tahun 2018 ini ditargetkan mampu mencapai nilai B dengan skor 65 sampai dengan 75.

"Mudah-mudahan ini bisa tercapai. Mengingat implementasi e-Lakip didalam penyusunan LKj-IP ditingkat OPD dan di tingkat Kota secara bertahap sudah kita lakukan. Kita juga sudah berkomitmen untuk meningkatkan kinerja masing-masing OPD," harap wako

Beberapa rekomendasi sudah diberikan oleh Tim Evaluasi dari Menpan RB dalam upaya memperkuat Sistem Akuntabilitas Kinerja di Kota Dumai. Rekomendasi juga dalam kaitan meningkatkan Nilai Lakip yakni dengan pemanfatan sistem pelaporan dengan berbasis IT atau e-Lakip. (Infotorial)
T#g:Pemko Dumai
Berita Terkait
  • Minggu, 24 Feb 2019 14:41

    Polisi Gelandang 47 Wanita Terapis dan Pemandu Lagu

    Xnewss.com, Dumai - Sebanyak 47 wanita pemandu lagu dan wanita terapis (pijat) diamankan pihak kepolisian Polres Dumai dalam razia kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (K2YD), Sabtu (23/02/2019)

  • Selasa, 19 Feb 2019 17:05

    JPO di Jalan SSQ Ancam Keselamatan Pengguna, Masyarakat Harapkan Perhatian Pemko Dumai

    Xnewss.com, Dumai - Kondisi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kota Dumai sangat memprihatinkan dan dapat mengancam keselamatan masyarakat. Selain sudah tidak layak

  • Minggu, 17 Feb 2019 15:44

    Polisi Usut Dugaan Korupsi Pembangunan Sekolah Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

    Xnewss.com, Dumai - Diduga adanya kerugian negara terhadap pembangunan sekolah politeknik kelautan dan perikanan Dumai, Kepolisian Resort (Polres) Dumai melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah sa

  • Jumat, 15 Feb 2019 18:06

    Tunjukkan IMB Mati Saat Disidak, Satpol PP Panggil Pimpinan Eks Dumai Square

    Xnewss.com, Dumai - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Dumai melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke proyek City Mall Eks Dumai Square, di Jalan Raya Bukit Datuk Lama, Kecamatan Dumai Selatan,

  • Rabu, 13 Feb 2019 18:10

    Diselimuti Kabut Asap, Dumai Tingkatkan Status Siaga Darurat Bencana

    Xnewss.com, Dumai - Kebakaran hutan dan lahan di Dumai semakin meluas, Pemerintah Kota Dumai akhirnya menetapkan status siaga darurat bencana kabut asap, Rabu (13/02/2019).Rapat penetapan status siaga

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak