Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017

Ciptakan Generasi Muda Berkarakter Pancasila

redaksi
Selasa, 02 Mei 2017 17:45
Xnewss.com- Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017. Pemerintah Kota Dumai melaksanakan Upacara Bendera dilapangan upacara ex. Kantor Walikota Dumai jl. H.R. Soeberantas Dumai.

Turut hadir pada upacara tersebut (Sekretaris Daerah Kota Dumai) H. M. Nasir, (Ketua DPRD) Gusri Efendi, (Wakil Ketua DPRD) Firdaus dan Seluruh Forkompimda Kota Dumai.

Pada kesempatan tersebut (Ketua DPRD Kota Dumai) Gusri Efendi selaku Inspektur Upacara membacakan Sambutan  Walikota Dumai, yang merupakan Amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Pada Upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017, sebagai berikut:

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Ketua DPRD saat itu, Pemerintah  menyampaikan apresiasi pada semua pihak, pada semua pelaku pendidikan di mana pun berada, yang telah mengambil peran aktif untuk mencerdaskan saudara sebangsa. 

"Terimakasih untuk para pendidik disemua jenjang, yang telah bekerja keras membangkitkan potensi peserta didik untuk menjadi manusia berkarakter mulia, yang mampu meraih cita-cita dan menjadi pembelajar sepanjang hidup," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Gusri, Pendidikan telah membukakan pintu wawasan, menyalakan cahaya pengetahuan, dan menguatkan pilar ketahanan moral. Persinggungan dengan pendidikanlah yang telah memungkinkan para perintis kemerdekaan untuk memiliki gagasan besar yang melampaui zamannya. Gagasan dan perjuangan pula yang membuat Indonesia dijadikan sebagai rujukan oleh bangsa-bangsa di Asia dan di Afrika.

"Manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa. Jangan sesekali kita mengikuti jalan berpikir kaum kolonial di masa lalu. Fokus mereka, kaum colonial itu, adalah pada kekayaan alam saja dan tanpa peduli pada kualitas manusianya. Kaum kolonial memang datang untuk mengeruk dan menyedot isi bumi Nusantara, menguras hasil bumi Nusantara. Karena itu, mereka peduli dan tahu persis data kekayaan alam kita, tetapi mereka tidak pernah peduli dengan kualitas manusia di Nusantara," ungkapnya.

Tidak sampai disitu, lanjut Politisi partai PDI-P ini, Kini kita sudah 71  tahun merdeka. Kemerdekaan itu bukan hanya untuk menggulung kolonialisme, melainkan juga untuk menggelar kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

"Jangan sampai kita hanya tahu tentang kekayaan alam, tetapi tidak tahu kualitas manusia di negeri kita. Kita harus berkonsentrasi pada peningkatan dan pengembangan kualitas manusia. Kita tidak boleh mengikuti jalan berpikir kaum kolonial yang terfokus hanya pada kekayaan alam, tetapi, sekali lagi saya tegaskan melupakan soal kualitas manusia," jelasnya.

Pada kita yang telah sejahtera itu, jelas terlihat bahwa pendidikan adalah hulunya. Karena pendidikanlah, maka terbuka peluang untuk hidup lebih baik. Pendidikan itu seperti tangga berjalan yang mengantarkan kita meraih kesejahteraan yang jauh lebih baik. 

"Wajah masa depan kita berada di ruang-ruang kelas, Akan tetapi hal itu bukan berarti bahwa tanggung jawab membentuk masa depan itu hanya berada di pundak pendidik dan tenaga kependidikan di institusi pendidikan. Secara konstitusional, mendidik adalah tanggung jawab negara. Namun, secara moral, mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik. Mengembangkan kualitas manusia Indonesia harus dikerjakan sebagai sebuah gerakan bersama. Semua harus ikut peduli, bahu-membahu, saling sokong dan topang untuk memajukan kualitas manusia Indonesia lewat pendidikan," urainya.

Selain itu, disampaikan Ketua DPRD Dumai, peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini dengan tema 'Pendidikan dan Kebudayaan Sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila'. 

"Dengan tema ini, Gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter Pancasila adalah sebuah ikhtiar mengembalikan kesadaran tentang pentingnya karakter Pancasila dalam pendidikan kita. Sudah digariskan bahwa pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab. Itulah karakter Pancasila yang menjadi tujuan Pendidikan Nasional kita," tegasnya.

Terakhir dihimbau Gusri Efendi, Mulai hari ini, kita harus mengubah perspektif bahwa pendidikan bukan hanya urusan kedinasan di pemerintahan, melainkan juga urusan kita dan ikhtiar memajukan pendidikan adalah juga tanggung jawab kita semua. (Infotorial).
T#g: DPRDPemko Dumai
Berita Terkait
  • Selasa, 18 Des 2018 17:44

    Disdukcapil Kota Dumai Musnahkan 5700 KTP

    Xnewss.com, Dumai- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) memusnahkan 5700 keping kartu tanda penduduk (KTP) yang rusak dan sudah ditarik dari pemiliknya paska beralih ke KTP elektron

  • Senin, 10 Des 2018 17:04

    Pemko Dumai Taja Dialog Menuju Indonesia Bebas Korupsi

    Xnewss.com, Dumai- Memperingati hari anti korupsi 2018, Pemerintah Kota Dumai menggelar dialog dengan tema menuju Indonesia bebas dari korupsi, Senin (10/12/2018) di Gedung Pendopo.Dalam dialog itu me

  • Kamis, 06 Des 2018 20:04

    Sekda Dumai Ditahan KPK, Wako Akan Tunjuk PJS

    Xnewss.com, Dumai- Terkait Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Dumai, Muhammad Nasir ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (5/12/2018) malam, terkait dugaan korupsi peningkatan Jalan Batu Panj

  • Kamis, 06 Des 2018 09:41

    Jelang Ujian Nasional, SMPN 1 Dumai Tingkatkan Pengawasan

    Xnewss.com, Dumai - Meningkatkan kemampuan peserta didiknya dalam mempersiapkan diri jelang Ujian Nasional 2019 mendatang. Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Dumai melakukan pengawasan ektr

  • Rabu, 05 Des 2018 17:57

    Pengerjaan Jalan Tol Dumai - Pekanbaru Terhambat Lahan HTI PT Arara Abadi

    Xnewss.com, Dumai - Pembebasan sebagian lahan proyek jalan tol Dumai masih terkatung-katung. Sehingga jalan bebas hambatan yang membentang dari Dumai  hingga Duri sepanjang le

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak