• Home
  • Peristiwa
  • Tradisi Pawai Obor MTS Yamas Meriahkan Tahun Baru Islam di Bukit Nenas

Tradisi Pawai Obor MTS Yamas Meriahkan Tahun Baru Islam di Bukit Nenas

redaksi
Senin, 10 Sep 2018 21:52
Sarwadi
Suasana pawai obor yang pelajar MTS Yamas di Bukit Nenas.
Xnewss.com, Dumai -  Iring-iringan ratusan siswa-siswi MTs Yamas dan Pemuda Banser Ansor  Bukit Kapur, Kota Dumai, melakukan pawai obor warnai pergantian tahun baru Islam, 1 Muharam 1440 Hijriyah.

"Pawai obor setiap pergantian tahun baru Islam dimeriahkan ratusan pelajar MTs yamas, mereka keliling sambil membawa alat musik Mersi Band dan tradisional, seperti Kompang dan robbana," kata Marhalim Sag, Kepala Sekolah Mts Yamas, saat memberikan kata sambutan dalam pelepasan anggota pawai obor.

Kegiatan pawai obor menyambut datangnya tahun baru Islam yang dilaksanakan usai menjalankan salat Isya karena mulai dari sholat asar berbagai kegiatan hingga khatam al quran. Mereka berjalan kaki mulai dari Pawang Sidik, Agenda dan Sukarno Hatta  ditutup pengajian oleh siswa di MTs Yamas.

Menurut Marhalim, pawai obor merayakan tahun baru Islam sudah berjalan dua tahun. Tapi, kini semakin meriah karena melibatkan pemuda, tokoh masyarakat setempat. Mereka tetap melestarikan pawai obor tersebut di iringi berbagai kegiatan keislaman.

Sementara itu, Lurah Bukit Nenas, Abdul Gani yang membuka pawai obor, ia mengungkapkan bahwa pawai obor sudah menjadi tradisi yayasan Mts Yamas.

"Pawai obor diharapkan tetap lestari dan dijaga oleh generasi selanjutnya, makna yang paling utama mempersatukan warga dengan kegiatan massal tersebut," tutur Abdul Gani.

Kegiatan pawai obor sepanjang Jalan sukarno Hatta, Agenda dan Jalan Pawang Sidik, arus lalu lintas tetap normal. Karena peran pemuda Banser Ansor turut partisipasi dalam mengatur arus lalu lintas yang di pandu Babinkhatibmas Bukit Nenas, Ipda Syari.

Berdasarkan pantauan xnewss.com pawai obor kali ini berjalan lancar dan dikawal atau dipandu oleh pihak kepolisian lalu lintas dan di bantu pemuda banser ansor berjalan tertib.

"Kita sudah menurunkan beberapa personel untuk ketertiban dan keamanan pawai obor ," ucap  Bhabinkamtibmas Bukit Nenas, Ipda Syari.(Sar)
T#g:Bukut KapurDumai RiauMasyarakat Kota DumaiPemko Dumai
Berita Terkait
  • Jumat, 16 Nov 2018 19:25

    137 Warga Terjaring Selama Lima Hari Menggelar Operasi Yustisi

    Xnewss.com, Dumai - Ratusan orang terjaring  Operasi Yustisi 2018 di Kota Dumai. Ada 137 orang terjaring dalam operasi yang berlangsung selama lima hari. Operasi ini berakhir, Jum'at (1

  • Jumat, 16 Nov 2018 19:21

    Selama Operasi Yustisi, 18 Orang Kedapatan Sedang Mesum

    Xnewss.com, Dumai - Selama menggelar operasi Yustisi di Kota Dumai. Tim gabungan mengamankan sedikitnya 18 orang yang kedapatan berduaan di sejumlah wisma saat operasi berlangsung.Mereka yang diamanka

  • Jumat, 16 Nov 2018 18:01

    Bentuk Kepedulian, Polsek Dumai Kota Santuni Warga Kurang Mampu

    Xnewss.com, Dumai - Tim Safari Berkah Polsek Dumai Kota kembali menyambangi masyarakat kurang mampu dan sakit di Kelurahan Kelurahan Bintan, Kecamatan Dumai Kota, Kamis(15/11/2018) kemarin.Pelaks

  • Kamis, 15 Nov 2018 22:30

    Pertagas Janji Segera Memperbaiki Lubang Box Culvert di Kelurahan Bukit Nenas

    Xnewss.com, Dumai -  PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk beserta rekanan tidak akan membiarkan ambles dan kerusakan di jalan Soekarno Hatta, Kecamatan

  • Kamis, 15 Nov 2018 18:59

    Demi Keselamatan, PT. CPI Bersihkan Area Sekitar Jaringan Pipa Migas

    Xnewss.com, Dumai - PT Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI), selaku Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia, akan melaksanakan pekerjaan perawatan dan perbaikan pipa penyalur mig

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak