• Home
  • Peristiwa
  • Sebelum Roboh dan Melukai 3 Pekerja Pertamina, Kontruksi Bangunan Sejak Awal Sudah Miring

Sebelum Roboh dan Melukai 3 Pekerja Pertamina, Kontruksi Bangunan Sejak Awal Sudah Miring

redaksi
Minggu, 08 Sep 2019 15:05
Ist
Kondisi besi baja gedung olahraga tenis milik PT Pertamina yang ambruk saat proses pengerjaan.
Xnewss.com, Dumai - Pasca ambuknya gedung olahraga saat proses pengerjaan dan melukai tiga pekerja PT Pertamina pada, Jumat (06/09/2019) kemarin, ternyata kemiringan tiang baja penyangga itu telah terlihat sejak awal pengerjaan.

Proyek pembangunan gedung olahraga tenis yang baru ini, diketahui dikerjakan oleh PT. Karya Lestari Pertiwi. Dalam pengerjaannya pihak sub kontraktor terkesan asal-asalan dan tidak sesuai Bestek.

Informasi yang berhasil dirangkum dilapangan, sejak awal tiang penyangga (H-baem,red) dipasang. Banguan tersebut sudah tampak miring. Ada dugaan besarnya rangka bagian atas bangunan itu tidak dapat ditopang oleh penyangga yang berukuran lebih kecil.

Tidak sampai disana, bahkan baja H-beam yang menjadi penyangga bawah itu hanya dikunci menggunakan baut diatas pondasi sisa bangunan  lama. Selain berukuran lebih kecil, pondasi baja yang menopang hingga puluhan ton itu tidak tertanam dan hanya dikunci menggunakan coran tempel.

Sebelum kejadian naas yang menimpa tiga orang pekerja itu, kontruksi gedung olahraga milik PT Pertamina yang dibanguan dengan anggaran berkisar mencapai 2 Milyar tersebut, sudah tampak miring dan harus ditahan dari sisi sebaliknya menggunakan kawat seling baja, tentunya hal itu tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Diduga pihak Sub Kontraktor sudah mengetahui kemiringan itu dan memaksa melanjutkan pengerjaannya. Pristiwa naas itu bermula saat pekerja akan menyatukan kedua sisi besi H-beam bagian atas, namun terkendala dikarenakan terdapat kawat seling baja yang menahanya.

Akibatnya, tak lama berselang setelah seling baja dilepaskan. Bagian tengah besi baja yang diketahui memiliki berat hingga puluhan ton itu ambruk dan menimpa 3 orang pekerja bahkan salah satunya dalam kondisi kritis.

Pjs Unit Manager Communication Relation dan CSR PT. Pertamina RU II Dumai, Didi Adrian Indra Kususma saat dikomfirmasi pada, Minggu (08/09/2019) mengatakan dirinya masih menunggu hasil investigasi  perihal kronologi robohnya gedung olah raga yang sedang dalam pengerjaan tersebut.

Lebih lanjut Didi menjelaskan, ketiga orang yang tertimpa itu merupakan pekerja PT. Karya Lestari Pertiwi selaku sub kontraktor yang mengerjakan proyek tersebut.

"Benar proyek itu dikerjakan oleh PT. Karya Lestari Pertiwi. Sementara itu, dua pekerja yang tertimpa besi kemarin kondisinya sudah mulai stabil. Sedangkan satu orang lagi masih dalam pemantauan tim dokter RSUD Dumai dan diperbantukan juga personil dari Rumah Sakit Pertamina Dumai," kata Didi. (Sar)
T#g:Pertamina
Berita Terkait
  • Kamis, 08 Agu 2019 18:01

    Pertamina RU II Salurkan 24 Hewan Qurban Untuk Masyarakat

    Xnewss.com, Dumai - Sambut Hari Raya Idul Adha 1440 H. PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II salurkan bantuan hewan qurban kepada masyarakat. Dengan sentuhan semangat cinta lingkungan, pro

  • Senin, 29 Jul 2019 21:42

    Supply Avtur Gunakan Kapal MR, Pertamina RU II Dumai Tingkatkan Pendapatan Hingga 3.96 Juta USD

    Xnewss.com, Dumai - Tingkatkan potensi profit margin dan efisiensi di berbagai lini, PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II Dumai kembali jalankan inovasi. Jika pada awal Mei lalu dilaksanaan pe

  • Minggu, 28 Jul 2019 16:13

    Pedagang Kaki Lima Move On ke Bright Gas Juarai Kategori Foto AJP RU II 2019

    Xnewss.com, Dumai - Pertamina (Persero) RU II memberikan apresiasi kepada insan pers atas kontribusinya memberikan karya yang inspiratif bagi masyarakat melalui kegiatan Anugerah Jurnalistik Pertamina

  • Kamis, 11 Apr 2019 21:47

    Berdayakan Poktan Binaan, Pertamina Dumai Resmikan Kolam Pancing Bukit Mekar

    Xnewss.com, Dumai - Mendukung pemberdayaan masyarakat khususnya di bidang pertanian dan perikanan di Kota Dumai, PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II Dumai meresmikan kolam pancing di Keluraha

  • Rabu, 06 Mar 2019 14:37

    Cegah Dampak Kabut Asap, Pertamina RU II Gelar Berobat Gratis

    Xnewss.com, Dumai -  Komitmen peduli terhadap kesehatan masyarakat terutama yang berdomisili di sekitar area Kilang, PT Pertamina RU II Dumai kembali menggelar perobatan gratis, Rabu (06/03/2019)

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak