• Home
  • Peristiwa
  • Sambut Idul Fitri, Jemaah Tiga Masjid di Kelurahan Bukit Nenas Gelar Takbir Keliling Api Obor

Sambut Idul Fitri, Jemaah Tiga Masjid di Kelurahan Bukit Nenas Gelar Takbir Keliling Api Obor

redaksi
Selasa, 04 Jun 2019 22:58
Sar
Terlihat sejumlah anak-anak membawa obor sembari mengumandangkan takbir.
Xnewss.com, Dumai - Guna melestarikan budaya api obor dan mempererat tali silaturahmi sesama, sekaligus menyambut Idul Fitri 1440 H - 2019 M dari tiga Masjid di Kelurahan Bukit Nenas, Kecamatan Bukit Kapur gelar takbir keliling api obor secara terpisah.

Kegiatan diadakan oleh remaja dan jemaah Masjid Al-Iklas, Masjid Baiturrahman dan Masjid Nurul As'Ad dalam bertepatan malam Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Acara meliputi takbir keliling mengunakan api obor, menariknya peserta mengelilingi kampung, dimulai dari Masjid Nurul As'Ad yang memiliki rute jalan Garuda simpang Murini, Pasar Sabtu Pawang Sidik dan kembali lewat Sukarno-Hatta begitu juga dengan jemaah Masjid Baiturrahman yang melintas sukarno-Hatta, jalan Agenda dan Pawang Sidik kembali ke jalan Soekarno- Hatta. Sedangkan Masjid Al Ikhlas rutenya hanya di jalan Sukarno - Hatta sampai Akbid dan Polsek bukit kapur kembali ke simpang Auri.

Ketua Pemuda Masjid Nurul As'Ad Khairuddin yang sempat ditemui mengatakan, kegiatan tahun ini merupakan keinginan jamaah dan remaja.

"Alhamdulillah, kegiatan Idul Fitri 1440 H ini merupakan momentum bagi kita umat Islam dan masyarakat RT 11 dan 12 untuk memeriahkan kegiatan ini dengan positif dan penuh makna agama dan budaya lokal," jelas Khairuddin.

Takbiran keliling diikuti jemaah dengan antusias serta semangat, ungkap Udin  sembari menjelaskan kegiatan ini diikuti 10 unit mobil  yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut, begitu juga dengan sepeda motor namun berjalan dengan tertib dan sopan selama berada di Jalan Raya.

Disamping itu perwakilan remaja masjid Baiturrahman Fahmi dan Kozen
Yang ditemui di lapangan menjelaskan bahwa inimerupakan program tahunan, dimana remaja melaksanakan takbir keliling dengan berjalan kaki sambil membawa api obor.

"Kegiatan  Idul Fitri 1440 H merupakan program tahunan Remaja Masjid Baiturrahman, sehingga acara ini setiap tahun pasti akan diselenggarakan. Pada tahun ini acara Idul Fitri 1440 H dapat dikatakan sukses berkat dukungan semua elemen masyarakat. Saya juga mengucapkan terima kasih bagi para masyarakat, semoga kegiatan ini yang dilaksanakan dapat dikembangkan untuk memperkaya khasanah nilai-nilai budaya Islami dan budaya lokal," ucap Fahmi.

Sedangkan Ketua RT03 Ayub yang diwakili perwakilan remaja Masjid Al Ikhlas Zulfikar mengatakan bahwa acara mereka merupakan tradisi tahunan, dimana para orang tua dan anak-anak bersama sama membawa api obor sambil mengumandangkan takbir sepanjang rute.

Dalam kegiatan ini dilepas secara resmi dari ketua RT dan perangkat kepolisian dari Polsek Bukit Kapur.

Terlihat dilapangkan anggota Lembaga Pemerdaya  Masyarakat Kelurahan Bukit Nenas dari seksi pemuda dan olahraga Triyanto juga pengurus masjid Nurul As'Ad ikut dalam pawai keliling ini.

Sesuai pantauan dilapangan, personil kepolisian menjaga arus lalu lintas supaya tidak terjadinya hal hal yang tidak diinginkan karena rute yang dilalui merupakan arus lalu lintas yang padat karena merupakan jalan lintas antar kabupaten kota. (ck5)
T#g:Idul Fitri 1440 H
Berita Terkait
  • Rabu, 12 Jun 2019 19:03

    Bhabinkamtibmas Polsek Dumai Barat "Beraye" bersama Tomas

    Xnewss.com,Dumai-  Mempererat tali silaturahmi disuasana Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, Jajaran Polsek Dumai Barat dalam hal ini unit Binaan Masyarakat (Binmas) bersama seluruh Bhabinkamtibmas

  • Senin, 10 Jun 2019 17:53

    Dewi Sandra ApresiasiPelayanan Pospam dan Posyan Polres Dumai

    Xnewss.com,Dumai- Arus mudik balik Lebaran 2019 di Kota Dumai, dipastikan aman dan lancar. berkat kesigapan petugas pospam yang berada di Pelabuhan Pelindo, Senin (10/06/2019). "H+5 ini arus balik te

  • Senin, 10 Jun 2019 17:22

    Mudik Lebaran Idulfitri Aman, Masyarakat Apresisasi Kinerja Polres Dumai

    Xnewss.com,Dumai- Masyarakat mengapresiasi pengamanan Polres Dumai dalam melaksanakan pengamanan saat mudik lebaran Idulfitri 1440 H yang bisa berjalan dengan lancar dan aman. Indra warga Kota Medan

  • Minggu, 09 Jun 2019 21:42

    Warga Sidodadi Gelar Halal Bi Halal Guna Pererat Silahturahmi

    Xnewss.com, Dumai - Warga Sidodadi RT12 Simpang Murini, Kelurahan Bukit Nenas, Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai, Minggu (09/06/2019) sore menggelar Halal Bi Halal.Kegiatan Halal Bi Halal ini

  • Sabtu, 08 Jun 2019 17:51

    Remaja Sukajadi dan Sukaramai Kayu Kapur Gelar Halal Bihalal Idul Fitri

    Xnewss.com, Dumai - Sudah merupakan tradisi turun temurun masyarakat Kayu Kapur, Kota Dumai mengelar silaturahmi Idul Fitri , yang setiap tahun nya di moderen kan.Remaja Sukajadi dan remaja Sukaramai

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak