• Home
  • Peristiwa
  • Ribuan Barang Hasil Tangkapan Bea Cukai Dumai Senilai 2,5 Miliar Dimusnahkan

Ribuan Barang Hasil Tangkapan Bea Cukai Dumai Senilai 2,5 Miliar Dimusnahkan

redaksi
Rabu, 24 Jul 2019 18:25
Sar
Bea Cukai Dumai lakukan pemusnahaan terhadap ribuan barang hasil tegahaan petugas.
Xnewss.com, Dumai - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) B Dumai musnahkan ribuan barang berbagai hasil penindakan yang telah ditetapkan menjadi Barang Milik Negara (BMN), Rabu (24/07/2019) di lapangan Satuan Rudal 004 Dumai.

Keseluruhan barang bukti tersebut merupakan hasil tegahan petugas Bea Cukai Dumai, karena melanggar ketentuan Larangan Perbatasan (Lartas) saat importasinya melanggar ketentuan Undang-undnag Cukai serta melanggar ketentuan kepabeanan.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) B Dumai, Fuad Fauzi menyampaikan bahwa pemusnahan barang milik negara ini dilaksanakan tipe Madya Pabean B setelah mendapatkan persetujuan pemusnahan barang oleh Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Dumai atas nama Menteri Keuangan.

"Barang bukti yang dimusnahkan diantaranya, Rokok sebanyak 462.856 Pack, Ballpres 559 bal, Peralatan Elektronik 2358 Unit, Ban Bekas 420 Pcs, Minuman Keras 280 Pcs, Kosmetik 384 Pcs, Sparepart Mobil 9 Pcs, Obat Kuat 29 Pcs, Mainan 1 Koli, dan Sepatu 2 Koli," ujar Fuad Fauzi. 

Dijelaskan Fuad, bahwa tindakan yang dilakukan petugas Bea Cukai Dumai ini merupakan manifestasi fungsi yang diemban Bea Cukai sebagai community protector yaitu kewajiban Bea Cukai untuk melindungi masyarakat dari barang-barang ilegal yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat maupun lingkungan.

"Sementara itu, penindakan atas rokok ilegal yang melanggar ketentuan Undang-undang Cukai merupakan wujud kesungguhan segenap tugas Bea Cukai untuk menciptakan iklim usaha yang adil dan berimbang," jelasnya.

Total nilai barang yang dimusnahkan Bea Cukai Dumai hari ini diperkirakan mencapai lebih kurang 2,5 Milliar Rupiah. 

"Dengan adanya pemusnahan ini diharapkan dapat menimbulkan efek Jera kepada pelaku pelanggaran serta dapat meningkatkan Sinergi antar instansi pemerintah dalam mengamankan hak-hak penerimaan negara maupun dalam melindungi negara dan industri dalam negeri dari masuknya barang-barang ilegal berbahaya asal luar negeri yang melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku," ungkapnya.

Kegiatan pemusnahan ini dipimpin oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) B Dumai, Fuad Fauzi dan dihadiri oleh Wakapolres Dumai, Kodim 0320/Dumai, Dandendrudal 004 Dumai, Danpomal Lanal Dumai, perwakilan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Dumai, BPOM Dumai, Pengadilan Negeri Dumai. (Sa)
T#g:Bea Cukai Dumai
Berita Terkait
  • Rabu, 10 Jul 2019 15:30

    Seludupkan 39 Kg Ganja, Dua Wanita dan Satu Pria Diamankan Bea Cukai Dumai

    Xnewss.com, Dumai - Penyeludupan narkotika masih terus terjadi di Kota Dumai. Kali ini Kantor Pengawas dan Penindakan Bea Cukai (KPPBC) Dumai berhasil menggagalkan penyeludupan narkotika jenis da

  • Kamis, 01 Mar 2018 20:08

    Dalam Kapal Tak Bertuan, BC Sita Ratusan Barang Bekas

    Xnewss.com, Dumai- Kantor Pelayanan dan penindakan Bea dan Cukai (KPPBC) TMP B Dumai mengamankan sebuah kapal tanpa nama GT 6 yang mengangkut barang bekas diduga asal Malaysia pada, Sabtu (24/02/2018)

  • Senin, 26 Feb 2018 23:09

    BC Amankan Kapal Muatan Barang Ilegal, Diduga Asal Malaysia

    Xnewss.com, Dumai- Kantor Penindakan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Dumai amankan satu unit kapal bermuatan barang-barang ilegal, Senin (26/02/2018) malam. Dugaan sementara barang tersebut berasal da

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak