• Home
  • Peristiwa
  • Penipuan Via Selular Marak, Kapolres Himbau Masyarakat Waspada

Penipuan Via Selular Marak, Kapolres Himbau Masyarakat Waspada

redaksi
Rabu, 11 Jul 2018 18:17
Sarwadi
Kapolres Dumai AKBP Restika Pardamean Nainggolan.
Xnewss.com, Dumai - Setelah lama tidak terdengar penipuan melalui telepon selular kini kembali terulang. Aksi penipuan itu kembali terjadi di Kota Dumai, Riau, Rabu (11/07/2018) siang.

Dana (25) warga Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, Riau. Ia terpedaya oleh seseorang melaui telepon selular, pemuda ini mengalami kerugian hingga satu juta rupiah lebih.

Kejadian berawal saat Dana ditelepon seseorang dengan menggunakan nomor yang tidak dikenal. Pelaku mulai memperdaya korban dengan mengatakan  menemukan sebuah tas berisikan barang berharga milik saudara korban yang tertinggal didalam sebuah toilet disebuah SPBU.

"Pelaku menelpon dengan menyebutkan nama Adi yang merupakan salah satu rekan saya, dan saya tidak menaruh curiga awalnya. Pelaku kemudian meminta saya mengirimkan sejumlah pulsa untuk diberikan kepada petugas SPBU yang menemukan barang tersebut sebagai imbalan," ujarnya saat dikomfimasi Xnewss.com melalui telefon selular, Rabu (11/07/2018).

Lanjut Dana menceritakan, Ia tidak menaruh curiga dikarenakan saat kejadian dirinya sedang dalam perjalanan keluar kota. Kecurigaan dirinya muncul setelah pelaku beberapa kali meminta untuk dikirimkan sejumlah pulsa ke nomor yang berbeda.

"Saya yang mulai curiga kemudian menelpon rekan yang juga mengenal Adi untuk memastikan hal tersebut. Setelah saya berikan nomor penelpon itu, ternyata bukanlah nomor Adi yang dimaksud dan baru menyadari bahwa saya telah terpedaya dengan pelaku," jelasnya.

Berbeda, menanggapi hal tersebut Kapolres Dumai AKBP Restika Pardamean Nainggolan, menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terpedaya dengan modus penipuan melalui telepon selular dan lain sebaginya.

"Kita menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap modus penipuan melalui telepon selular ini. Apabila menerima telepon dari nomor baru dan mengaku seseorang yang kita kenal, untuk dapat terlebih dahulu memastikanya agar tidak menjadi korban," himbau Kapolres Dumai.

Terakhir ditambahkan, masyarakat harus cerdas dalam menanggapi hal seperti ini, banyak modus yang digunakan para pelaku dalam mengelabuhi korbanya baik itu dari online, sms maupun telepon. Apabila terdapat warga yang dirugikan dapat melaporkan ke Polisi. (Wadi)
T#g:Dumai RiauHukrimMasyarakat Kota DumaiPenipuan Minta PulsaPolres Dumai
Berita Terkait
  • Sabtu, 21 Jul 2018 21:09

    Sebanyak 7.780 Kg Rasta Disalurkan ke Warga BaBe

    Xnewss.com, Dumai- Sebanyak 7.780 kilogram (Kg) beras untuk keluarga sejahtera atau rastra disalurkan tim kelurah Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur, Dumai Riau, ke warga penerima, Jumat (21/07/2018)

  • Jumat, 20 Jul 2018 19:39

    Diduga Stres, Seorang Warga Mekar Sari Ditemukan Tewas Tergantung

    Xnewss.com, Dumai - Diduga Stres Suyono (47) warga Kelurahan Mekar Sari, Kecamatan Dumai Selatan ditemukan tewas tergantung dibelakang rumahnya, Jumat (20/07/2018) sekira pukul 06.00 WIB.Kejadian berm

  • Jumat, 20 Jul 2018 19:34

    Pelaku Jambret Yang Kerap Meresahkan Berhasi Dibekuk Polsek Pangkalan Kuras

    Xnewss.com, Dumai - Dua pelaku jambret yang kerap meresahkan masyarakat dengan aksinya yang tak jarang hingga mengakibatkan korban luka-luka berhasil dibekuk tim Buru Sergap (Buser) Polsek Pangkalan K

  • Jumat, 20 Jul 2018 15:56

    Budaya Turun Temurun, 9 CJH Bukit Kapur Ikuti Prosesi Tepung Tawar

    Xnewss.com, Dumai - Sembilan orang Calon Jamaah Haji (CJH) tahun 2018 asal Kecamatan Bukit Kapur mengikuti prosesi tepung tawar di gedung agenda kecamatan, Jumat (20/07/2018).Prosesi tepung tawar diha

  • Kamis, 19 Jul 2018 18:06

    Rutan Dumai Bantah Telah Menelantarkan Unyil Hingga Tewas

    Xnewss.com, Dumai- Terkait meninggalnya salah seorang warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Dumai, Muhammad Yusuf (38) alias Unyil yang mengalami serangan jantung, Rabu (18/7) sekira pukul 09.17 WIB dini

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak