Milenial
  • Home
  • Peristiwa
  • Penipuan Via Selular Marak, Kapolres Himbau Masyarakat Waspada

Penipuan Via Selular Marak, Kapolres Himbau Masyarakat Waspada

redaksi
Rabu, 11 Jul 2018 18:17
Sarwadi
Kapolres Dumai AKBP Restika Pardamean Nainggolan.
Xnewss.com, Dumai - Setelah lama tidak terdengar penipuan melalui telepon selular kini kembali terulang. Aksi penipuan itu kembali terjadi di Kota Dumai, Riau, Rabu (11/07/2018) siang.

Dana (25) warga Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, Riau. Ia terpedaya oleh seseorang melaui telepon selular, pemuda ini mengalami kerugian hingga satu juta rupiah lebih.

Kejadian berawal saat Dana ditelepon seseorang dengan menggunakan nomor yang tidak dikenal. Pelaku mulai memperdaya korban dengan mengatakan  menemukan sebuah tas berisikan barang berharga milik saudara korban yang tertinggal didalam sebuah toilet disebuah SPBU.

"Pelaku menelpon dengan menyebutkan nama Adi yang merupakan salah satu rekan saya, dan saya tidak menaruh curiga awalnya. Pelaku kemudian meminta saya mengirimkan sejumlah pulsa untuk diberikan kepada petugas SPBU yang menemukan barang tersebut sebagai imbalan," ujarnya saat dikomfimasi Xnewss.com melalui telefon selular, Rabu (11/07/2018).

Lanjut Dana menceritakan, Ia tidak menaruh curiga dikarenakan saat kejadian dirinya sedang dalam perjalanan keluar kota. Kecurigaan dirinya muncul setelah pelaku beberapa kali meminta untuk dikirimkan sejumlah pulsa ke nomor yang berbeda.

"Saya yang mulai curiga kemudian menelpon rekan yang juga mengenal Adi untuk memastikan hal tersebut. Setelah saya berikan nomor penelpon itu, ternyata bukanlah nomor Adi yang dimaksud dan baru menyadari bahwa saya telah terpedaya dengan pelaku," jelasnya.

Berbeda, menanggapi hal tersebut Kapolres Dumai AKBP Restika Pardamean Nainggolan, menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terpedaya dengan modus penipuan melalui telepon selular dan lain sebaginya.

"Kita menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap modus penipuan melalui telepon selular ini. Apabila menerima telepon dari nomor baru dan mengaku seseorang yang kita kenal, untuk dapat terlebih dahulu memastikanya agar tidak menjadi korban," himbau Kapolres Dumai.

Terakhir ditambahkan, masyarakat harus cerdas dalam menanggapi hal seperti ini, banyak modus yang digunakan para pelaku dalam mengelabuhi korbanya baik itu dari online, sms maupun telepon. Apabila terdapat warga yang dirugikan dapat melaporkan ke Polisi. (Wadi)
T#g:Dumai RiauHukrimMasyarakat Kota DumaiPenipuan Minta PulsaPolres Dumai
Berita Terkait
  • Sabtu, 23 Feb 2019 19:09

    Guna Antisipasi Golput, KPU Siak Gelar Sosialisasi ke Pemilih Pemula

    Xnewss.com, Siak - Dalam menghadapi pesta demokrasi yang akan berlangsung pada 17  April 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak terus melakukan sosialisasi disetiap tempat, gu

  • Sabtu, 23 Feb 2019 11:42

    Ulah Orang Keterbelakangan Mental, 2 Hektar Lahan Dilalap Api

    XNEWSS.COM--DUMAI-- Akibat ulah warga yang diduga mengalami gangguan kejiwaan, 2 hektar lahan milik warga yang berada di Jalan Meranti Laut, Kelurahan Simpang Tetap Darul Ichsan, Kecamatan Dumai Barat

  • Jumat, 22 Feb 2019 19:10

    Antisipasi Gangguan, PT PLN UP3 Dumai Lakukan Pemeliharaan, Ini Lokasi Terkena Pemadaman

    Xnewss.com, Dumai - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan mengantisipasi terjadinya gangguan yang lebih besar, PT PLN UP3 Dumai melaksanakan pemeliharaan jaringan Listrik Tegangan Mene

  • Jumat, 22 Feb 2019 18:32

    Ditinggal Pergi Pemiliknya, Tiga Petak Rumah Terbakar

    Xnewss.com, Dumai - Malang tidak berbau, nasip tidak dapat ditolak. Tiga petak rumah yang terdapat di Jalan Perjuangan, Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur dilalap sijago merah, Jumat (

  • Jumat, 22 Feb 2019 16:26

    Sempat Kabur dan Buang Barang Bukti, Seorang Pengedar Sabu Ini Berhasil Dibekuk Polisi

    Xnewss.com, Dumai - Tim Sat Res Narkoba Polres Dumai berhasil membekuk seorang pria diduga pengedar sabu, Selasa (19/02/2019) sekira pukul 13.00 WIB lalu. Dalam penangkapan itu pelaku sempat berupaya

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak