• Home
  • Peristiwa
  • Penipuan Via Selular Marak, Kapolres Himbau Masyarakat Waspada

Penipuan Via Selular Marak, Kapolres Himbau Masyarakat Waspada

redaksi
Rabu, 11 Jul 2018 18:17
Sarwadi
Kapolres Dumai AKBP Restika Pardamean Nainggolan.
Xnewss.com, Dumai - Setelah lama tidak terdengar penipuan melalui telepon selular kini kembali terulang. Aksi penipuan itu kembali terjadi di Kota Dumai, Riau, Rabu (11/07/2018) siang.

Dana (25) warga Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, Riau. Ia terpedaya oleh seseorang melaui telepon selular, pemuda ini mengalami kerugian hingga satu juta rupiah lebih.

Kejadian berawal saat Dana ditelepon seseorang dengan menggunakan nomor yang tidak dikenal. Pelaku mulai memperdaya korban dengan mengatakan  menemukan sebuah tas berisikan barang berharga milik saudara korban yang tertinggal didalam sebuah toilet disebuah SPBU.

"Pelaku menelpon dengan menyebutkan nama Adi yang merupakan salah satu rekan saya, dan saya tidak menaruh curiga awalnya. Pelaku kemudian meminta saya mengirimkan sejumlah pulsa untuk diberikan kepada petugas SPBU yang menemukan barang tersebut sebagai imbalan," ujarnya saat dikomfimasi Xnewss.com melalui telefon selular, Rabu (11/07/2018).

Lanjut Dana menceritakan, Ia tidak menaruh curiga dikarenakan saat kejadian dirinya sedang dalam perjalanan keluar kota. Kecurigaan dirinya muncul setelah pelaku beberapa kali meminta untuk dikirimkan sejumlah pulsa ke nomor yang berbeda.

"Saya yang mulai curiga kemudian menelpon rekan yang juga mengenal Adi untuk memastikan hal tersebut. Setelah saya berikan nomor penelpon itu, ternyata bukanlah nomor Adi yang dimaksud dan baru menyadari bahwa saya telah terpedaya dengan pelaku," jelasnya.

Berbeda, menanggapi hal tersebut Kapolres Dumai AKBP Restika Pardamean Nainggolan, menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terpedaya dengan modus penipuan melalui telepon selular dan lain sebaginya.

"Kita menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap modus penipuan melalui telepon selular ini. Apabila menerima telepon dari nomor baru dan mengaku seseorang yang kita kenal, untuk dapat terlebih dahulu memastikanya agar tidak menjadi korban," himbau Kapolres Dumai.

Terakhir ditambahkan, masyarakat harus cerdas dalam menanggapi hal seperti ini, banyak modus yang digunakan para pelaku dalam mengelabuhi korbanya baik itu dari online, sms maupun telepon. Apabila terdapat warga yang dirugikan dapat melaporkan ke Polisi. (Wadi)
T#g:Dumai RiauHukrimMasyarakat Kota DumaiPenipuan Minta PulsaPolres Dumai
Berita Terkait
  • Kamis, 15 Nov 2018 22:30

    Pertagas Janji Segera Memperbaiki Lubang Box Culvert di Kelurahan Bukit Nenas

    Xnewss.com, Dumai -  PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk beserta rekanan tidak akan membiarkan ambles dan kerusakan di jalan Soekarno Hatta, Kecamatan

  • Kamis, 15 Nov 2018 18:59

    Demi Keselamatan, PT. CPI Bersihkan Area Sekitar Jaringan Pipa Migas

    Xnewss.com, Dumai - PT Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI), selaku Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia, akan melaksanakan pekerjaan perawatan dan perbaikan pipa penyalur mig

  • Kamis, 15 Nov 2018 18:07

    Tingkatkan Kelulusan di Program Full Day School, SMAN 3 Gelar Jam Tambahan

    Xnewss.com, Dumai- Semenjak adanya kebijakan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Full Day School (FDS) diterabkan sesuai peraturan yang tertuang dalam Permendikbud Nomo

  • Kamis, 15 Nov 2018 15:51

    Masyarakat Kota Dumai Antusias Saksikan Atraksi Kirap Taruna/I AAL Angkatan 64 Tahun 2018

    Xnewss.com, Dumai - Ribuan Masyarakat Kota Dumai dengan penuh antusias menyaksikan atraksi Kirap dan Drumband dari Taruna Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 64 Tahun 2018, Kamis (15/11/2

  • Kamis, 15 Nov 2018 10:58

    Taruna/I AAL Angkatan 64 Tahun 2018 Tampilkan Pagelaran Seni Nusantara

    Xnewss.com, Dumai - Sejumlah pargelaran aneka kesenian nusantara ditampilkan para taruna dan taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Angkatan 64 tahun 2018 Rabu (14/11/2018) malam.Dalam pagelara

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak