• Home
  • Peristiwa
  • Penipuan Via Selular Marak, Kapolres Himbau Masyarakat Waspada

Penipuan Via Selular Marak, Kapolres Himbau Masyarakat Waspada

redaksi
Rabu, 11 Jul 2018 18:17
Sarwadi
Kapolres Dumai AKBP Restika Pardamean Nainggolan.
Xnewss.com, Dumai - Setelah lama tidak terdengar penipuan melalui telepon selular kini kembali terulang. Aksi penipuan itu kembali terjadi di Kota Dumai, Riau, Rabu (11/07/2018) siang.

Dana (25) warga Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, Riau. Ia terpedaya oleh seseorang melaui telepon selular, pemuda ini mengalami kerugian hingga satu juta rupiah lebih.

Kejadian berawal saat Dana ditelepon seseorang dengan menggunakan nomor yang tidak dikenal. Pelaku mulai memperdaya korban dengan mengatakan  menemukan sebuah tas berisikan barang berharga milik saudara korban yang tertinggal didalam sebuah toilet disebuah SPBU.

"Pelaku menelpon dengan menyebutkan nama Adi yang merupakan salah satu rekan saya, dan saya tidak menaruh curiga awalnya. Pelaku kemudian meminta saya mengirimkan sejumlah pulsa untuk diberikan kepada petugas SPBU yang menemukan barang tersebut sebagai imbalan," ujarnya saat dikomfimasi Xnewss.com melalui telefon selular, Rabu (11/07/2018).

Lanjut Dana menceritakan, Ia tidak menaruh curiga dikarenakan saat kejadian dirinya sedang dalam perjalanan keluar kota. Kecurigaan dirinya muncul setelah pelaku beberapa kali meminta untuk dikirimkan sejumlah pulsa ke nomor yang berbeda.

"Saya yang mulai curiga kemudian menelpon rekan yang juga mengenal Adi untuk memastikan hal tersebut. Setelah saya berikan nomor penelpon itu, ternyata bukanlah nomor Adi yang dimaksud dan baru menyadari bahwa saya telah terpedaya dengan pelaku," jelasnya.

Berbeda, menanggapi hal tersebut Kapolres Dumai AKBP Restika Pardamean Nainggolan, menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terpedaya dengan modus penipuan melalui telepon selular dan lain sebaginya.

"Kita menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap modus penipuan melalui telepon selular ini. Apabila menerima telepon dari nomor baru dan mengaku seseorang yang kita kenal, untuk dapat terlebih dahulu memastikanya agar tidak menjadi korban," himbau Kapolres Dumai.

Terakhir ditambahkan, masyarakat harus cerdas dalam menanggapi hal seperti ini, banyak modus yang digunakan para pelaku dalam mengelabuhi korbanya baik itu dari online, sms maupun telepon. Apabila terdapat warga yang dirugikan dapat melaporkan ke Polisi. (Wadi)
T#g:Dumai RiauHukrimMasyarakat Kota DumaiPenipuan Minta PulsaPolres Dumai
Berita Terkait
  • Minggu, 23 Sep 2018 13:36

    Semen Padang Gelar Temu Ramah Dengan Pelanggan

    Xnewss.com, Dumai -  Guna merajut jembatan hati dan membina silaturrahmi dengan pelanggan dan stakeholders-nya di Provinsi Riau Daratan dan sekitarnya, PT Semen Padang menggelar temu ramah di&nbs

  • Minggu, 23 Sep 2018 13:28

    Walikota Apresiasi Pabrik Pengepalan Semen Padang di Dumai

    Xnewss.com, Dumai - Walikota Dumai H. Zulkifli AS menghadiri acara temu ramah dengan pelanggan yang ditaja PT. Semen Padang Jumat (21/09/2018) malam. Kegiatan ini digelar untuk merajut jembatan h

  • Sabtu, 22 Sep 2018 12:32

    Sampaikan Hak Tolak, MA: Berita Itu Tidak Benar, Itu Difitnah

    Xnewss.com- MA, Staf Humas PT.Wilmar Grup Dumai menyampaikan hak jawabnya kepada media online Tintariau.com, terkait berita berjudul "Diduga Saudara MA, Staf Pt.Wilmar Cabang Dumai Melakukan Tindak Pi

  • Jumat, 21 Sep 2018 19:44

    Diterjang Angin Puting Beliung, Sejumlah Rumah Warga Rusak

    Xnewss.com, Dumai - Dua petak rumah warga Jalan Mattaim, Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan, Medang Kampai mengalami kerusakan akibat dilanda bencana alam angin puting beliung, Kamis (20/09/2018)&

  • Jumat, 21 Sep 2018 12:00

    Perkuat Program Promprev, BPJS Kesehatan Dumai Adakan Pertemuan Koordinasi FKTP se-Kota Dumai

    Xnewss.com, Dumai - BPJS Kesehatan Cabang Dumai mengadakan pertemuan koordinasi FKTP yang ada di Kota Dumai dan turut dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kota Dumai, Kamis (20/09/2018). Pertemuan ini d

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak