Milenial
  • Home
  • Peristiwa
  • Ngaji Berjamaah, Siswa SMPN 5 Khatam Al-Quran Sekaligus Peringati 1 Muharram

Ngaji Berjamaah, Siswa SMPN 5 Khatam Al-Quran Sekaligus Peringati 1 Muharram

redaksi
Kamis, 13 Sep 2018 13:19
Sar
Khatam Alquran yang digelar pelajar di SMPN 5 Dumai.
Xnewss.com, Dumai- Penerapan jam sekolah di SMPN 5 Dumai terus berjalan sampai saat ini. Bahkan sudah masuk tahun kedua SMPN5 mengkhatamkan Alquran sejak penerapan jam belajar  ke Nol ini dimulai.

Untuk edisi khatam kali ini, diikuti oleh 50 siswa sekaligus memperingati 1 Muharram 1440 Hijiriah yang digelar di lapangn sekolah. Para siswa dipandu oleh beberapa siswa yang bagus mengajinya untuk menyelesaikan juz 30 secara berjamaah, Kamis (13/09/2018)

Lantunan ayat suci pun bergema dan masing-masing siswa memegang Alquran khusyuk mengaji untuk mengkhatamkan sampai surat terakhir.

Wakil Kepala Sekolah SMPN5 Wasrin SPd   mengatakan tahun ini merupakan tahun Dua dan mampu selesai dalam kurun 8 bulan untuk mengkhatamkan Alquran.

"Biasanya baru khatam saat bulan suci Ramadhan.Tapi tahun ini Alhamdulillah lebih cepat," ujarnya.

Ia menjelaskan, kebiasaan siswa untuk mengaji setiap pagi ini terus dilakukan. Maka itu pihaknya sudah mengatur jadwal yakni sebelum belajar, pada pukul 06.40 hingga 07.15 WIB atau dalam waktu 45 menit mereka mengaji.

Tak cukup sampai disana, usai mengaji anak-anak juga langsung melanjutkan sholat Sunnah Dhuha, bahkan tahsin tilawah di kelas.

Dengan adanya kebiasaan ini diharapkan ada perubahan kenakalan remaja dan menjadikan mereka unggul di bidang Imtaq, terangnya.

Lanjutnya, setiap hari Jumat juga ada pencerahan tausiah atau siraman rohani bagi siswa dan guru. Untuk kali ini diisi oleh Arokhan Sag selaku penceramah.

"Usai khatam ini kita akan terus melanjutkan mengaji lagi dari juz pertama. Dengan demikian jam ke Nol bisa bermanfaat dengan baik dan memberikan kebiasaan positif bagi siswa kita," ujarnya.

Disamping Itu Camat Bukit Kapur, Syamsir Ssos mengapresiasi kalangan siswa untuk lebih mandiri. Dirinya juga  menegaskan bahwa Al-Quran adalah sumber segala ilmu pengetahuan, baik tradisional maupun modern,  karena para ahli ilmu pengetahuan baik fisika, teknokrat, kesehatan, sampai pada ilmu kimia, semua di peroleh dari kandungan Alquran.

Karena itu, lanjut syamsir sangatlah rugi bila umat  Islam tidak memahami kandungan Alquran dan lebih celaka lagi kalau generasi muda Islam tidak bisa membaca Alquran sebagai pedoman hidup ini, maka marilah kita terapkan kejujuran dalam kehidupan ini

Terlihat hadir, Camat Bukit Kapur, Syamsir , Lurah Bukit Nenas,tokoh agama dan pemuda setempat .(ck5)
T#g:Bukut KapurDumai RiauMasyarakat Kota DumaiPemko Dumai
Berita Terkait
  • Jumat, 22 Feb 2019 18:32

    Ditinggal Pergi Pemiliknya, Tiga Petak Rumah Terbakar

    Xnewss.com, Dumai - Malang tidak berbau, nasip tidak dapat ditolak. Tiga petak rumah yang terdapat di Jalan Perjuangan, Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur dilalap sijago merah, Jumat (

  • Jumat, 22 Feb 2019 15:54

    Cegah Karhutla, Kasat Binmas Polres Dumai Gelar FGD

    Xnewss.com, Dumai - Mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) yang terjadi di wilayah Kecamatan Sungai Sembilan, Satuan Binmas Polres Dumai yang dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Dumai

  • Rabu, 20 Feb 2019 16:14

    Berikut Kronologis Kecelakaan Kerja di PT Ivo Mas Yang Mengakibatkan Korban Meninggal Dunia

    Xnewss.com, Dumai - Kecelakaan kerja yang merenggut nyawa Dayat Karyawan PT. Ivo Mas Tunggal meninggalkan cerita dibalik meninggalnya korban.Informasi yang berhasil dihimpun dilapangan menye

  • Rabu, 20 Feb 2019 16:03

    Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Polres Dumai Kerja Bakti Bersama Masyarakat

    Xnewss.com, Dumai - Memperingati sekaligus mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan, bersempena Hari Peduli Sampah Nasional 2019. Jajaran Polres Dumai bersama masyarakat me

  • Selasa, 19 Feb 2019 17:09

    Tim Disnaker Provinsi Riau Akan Selidiki Laka Kerja di PT Ivo Mas Tunggal

    Xnewss.com, Dumai - Menanggapi kejadian kecelakaan kerja yang menekan korban jiwa di PT. Ivo Mas Tunggal yang terjadi beberapa waktu lalu. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Riau selaku

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak