• Home
  • Peristiwa
  • Meski Tingkat Kelurahan, Upacara Bendera Kampung Baru Ini Tetap Khidmat

Meski Tingkat Kelurahan, Upacara Bendera Kampung Baru Ini Tetap Khidmat

redaksi
Jumat, 17 Agu 2018 11:35
Sar
Xnewss.com, Dumai - Upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia,  jarang sekali dilaksanakan pada wilayah lingkungan rukun tetangga atau kampung. Tetapi, itulah yang dilakukan puluhan warga Kelurahan Kampung Baru, Kota Dumai, Jumat (17/08/2018).

Alhasil, suasana peringatan kemederkaan di halaman Kantor Kelurahan Kampung Baru itu  terasa berbeda, lebih khidmat.

Warga yang terdiri dari pelajar, para ketua  RT, pemuda dari karang taruna, Ibu PKK, pemuda pancasila tokoh masyarakat, tokoh agama dan Korpri serta ASN.

Komadan upacara langsung dipimpin Bhbinkamtibmas Brigadir S Simamora, sedangkan inspektur upacara langsung dipimpin Lurah Kampung Baru, Waginen.

Sekitar 30 menit sebelum upacara dimulai warga sudah berkumpul di tempat upacara. Mereka melakukan gladi resik.

Diawali dengan suara lantang komandan upacara yang sigap menyiapkan peserta. Para peserta tampak khidmat. Meski diantara mereka ada yang mengunakan sandal jepit juga namun berkemeja rapi, dan bersikap sempurna saat komandan memberikan aba-aba. Tidak ada terdengar canda dan tawa seperti lazim dalam upacara-upacara resmi di stadion atau instansi.

Ada seorang warga berkemeja batik, bercelana gelap dan bersepatu hitam tampak tergopoh datang. "Maaf, saya terlambat," katanya dengan mimik yang menyesal. Oleh panitia ia langsung dipersilakan masuk ke barisan upacara.

Lurah Kampung Baru Waginen  mengingatkan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, dan itu bisa dimulai dari lingkup RT. Dari tingkatan kecil inilah kebersamaan, kekompakan, dan kepedulian kita diuji. Namun kalau dari lingkup yang kecil ini saja kita tidak bisa mampu menjaganya, bagaimana kita akan menciptakan dikomunitas dan tatanan yang lebih besar.

"Perjuangan pada zaman dulu mungkin lebih mudah karena mengusir penjajah. Jelas musuh yang kita hadapi. Tapi kalau sekarang jauh lebih sulit, karena yang kita hadapi adalah bangsa kita sendiri. Terutama kalangan pelajar selaku generasi bangsa, marilah jauhi narkoba, karena bisa merusak bangsa ini," katanya.

Setelah upacara bendera, dilanjutkan dengan penyerahan tropi perhelatan pesta rakyat dari RT02 ke Kelurahan untuk kembali diperebutkan, yang akan dipandu langsung oleh ketua karang taruna dan mahasiswa KKN UIN Suska Sultan sarikasim.

Selain penyerahan tropi, Lurah Kampung Baru juga menyerahkan sertifikat kepada para petugas pengibar bendera dan acara pun di lanjutkan dengan kegiatan pesta rakyat.(Sar)
T#g:Dandim 0320 DumaiFKRT Bukit NenasHUT RI ke 73Masyarakat Kota DumaiPemko Dumai
Berita Terkait
  • Jumat, 16 Nov 2018 19:25

    137 Warga Terjaring Selama Lima Hari Menggelar Operasi Yustisi

    Xnewss.com, Dumai - Ratusan orang terjaring  Operasi Yustisi 2018 di Kota Dumai. Ada 137 orang terjaring dalam operasi yang berlangsung selama lima hari. Operasi ini berakhir, Jum'at (1

  • Jumat, 16 Nov 2018 19:21

    Selama Operasi Yustisi, 18 Orang Kedapatan Sedang Mesum

    Xnewss.com, Dumai - Selama menggelar operasi Yustisi di Kota Dumai. Tim gabungan mengamankan sedikitnya 18 orang yang kedapatan berduaan di sejumlah wisma saat operasi berlangsung.Mereka yang diamanka

  • Jumat, 16 Nov 2018 18:01

    Bentuk Kepedulian, Polsek Dumai Kota Santuni Warga Kurang Mampu

    Xnewss.com, Dumai - Tim Safari Berkah Polsek Dumai Kota kembali menyambangi masyarakat kurang mampu dan sakit di Kelurahan Kelurahan Bintan, Kecamatan Dumai Kota, Kamis(15/11/2018) kemarin.Pelaks

  • Kamis, 15 Nov 2018 22:30

    Pertagas Janji Segera Memperbaiki Lubang Box Culvert di Kelurahan Bukit Nenas

    Xnewss.com, Dumai -  PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk beserta rekanan tidak akan membiarkan ambles dan kerusakan di jalan Soekarno Hatta, Kecamatan

  • Kamis, 15 Nov 2018 18:59

    Demi Keselamatan, PT. CPI Bersihkan Area Sekitar Jaringan Pipa Migas

    Xnewss.com, Dumai - PT Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI), selaku Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia, akan melaksanakan pekerjaan perawatan dan perbaikan pipa penyalur mig

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak