• Home
  • Peristiwa
  • Kelurahan Bagan Besar Gelar Lomba Gapura Kemerdekaan Dalam Membangkitkan Gotong Royong

Kelurahan Bagan Besar Gelar Lomba Gapura Kemerdekaan Dalam Membangkitkan Gotong Royong

redaksi
Minggu, 19 Agu 2018 14:11
Sar
Xnewss.com, Dumai - Tim Juri lomba gapura melakukan penilaian terhadap gapura-gapura kemerdekaan Republik Indonesia  ke-73 di 26 lingkungan Rukun Tetangga (RT) se-Kelurahan Bagan Besar, Kota Dumai.

Pada hari kedua perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indinesia ke-73, tim juri gapura yang terdiri dari pihak Kelurahan Bagan Besar, LPMK , Babinsa, Bhabinkamtibmas dan karang Taruna serta mahasiswa UIN Suska yang lagi KKN melakukan penilaian terhadap gapura yang ada di Kelurahan Bagan Besar, dari 26 wilayah Rukun Tetangga.

"Dua hari ini kita sudah menyelesaikan penilaian Gapura serta lingkungannya," Ujar Lurah Bagan Besar Hafis Hasbandi MSi kepada xnewss.com melalui media sosial whatsapp pribadinya, Sabtu (18/08/2018).

Hasil penilaian gapura ini, kata Lurah Bagan Besar menunjukkan kreatifitas masing-masing warga dalam menerjemahkan arti kemerdekaan, yang mereka tuangkan dalam desain maupun tema gapura yang dibuat.

"Gapura kita ini dinamakan gapura penuh warna. Gapura ini kita buat secara gotong royong oleh warga disini yang beragam profesi, suku maupun agama. Makanya ornamen yang kita buat juga menunjukkan keragaman penuh warna tersebut. Tetapi tetap puncaknya adalah merah putih, yakni NKRI," ujarnya.

Sedangkan untuk beberapa gapura dilingkungan RT ada yang  gapuranya   mencerminkan potensi yang ada diwilayah Rukun Tetangga, di Kelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai itu sendiri, papar Lurah yang enerjik dan open terhadap masukan warganya.

"Gapura ini adalah hasil karya silahturrahmi warga sini, dan ada juga gapura yang sudah permanen di bangun oleh pemerintah Kota Dumai beberapa waktu lalu. Dan ada juga yang baru membuat gapura merupakan sumbangan warga. Gapura ini wujud kekeluargaan," sebutnya.

Melihat animo masyarakat kelurahan Bagan Besar membuat gapura kemerdekaan yang ada di Kelurahan Bagan Besar. terlihat meriah dan baru, jelas hal ini selaku pemerintah Kota Dumai dari Kelurahan Bagan Besar sangat apresiasi dan mengaku bangga terhadap sikap kebangsaan dan kekluargaan masyarakat, papar Hafis sapaan akrabnya.

"Saya bangga melihat antusiasme warga mengikuti lomba gapura ini. Saya juga ucapkan terima kasih kepada seluruh elemen,baik itu Babinsa, Bhabinkamtibmas, para ketua RT serta karang taruna dan mahasiswa UIN Suska yang mempunyai kepedulian untuk menyemarakan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, dengan ide cemerlang mengadakan lomba kreatif bangunan gapura serta lingkungan dalam membangkitkan jiwa gotong royong," jelasnya.

Menurutnya, melalui lomba gapura ini bisa menumbuhkan kebanggaan rasa nasionalisme masyarakat Bagan Besar, sesuai dengan tema HUT kemerdekaan RI  ke 73, kerja merupakan prestasi bangsa. Selain itu, juga menurut Hafis melalui lomba gapura ini akan bangkit sikap kekeluargaan dan gotong royong yang selama ini mulai memudar tergerus jaman.

"Program ini kita harapkan pada tahun-tahun depan pasti akan bertambah meriah lagi," tukasnya.(Sar)
T#g:Dumai RiauHUT RI ke 73Lomba 17 AgustusMasyarakat Kota DumaiPemko Dumai
Berita Terkait
  • Selasa, 18 Sep 2018 19:37

    Forkopincam Medang Kampai Perdana Deklarasikan Pileg dan Pilpres 2019 Aman dan Damai

    Xnewss.com, Dumai - Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Medang Kampai perdana dalam melaksanakan Deklarasi Pileg dan Pilpres 2019 yang aman dan damai, Selasa (18/09/2019) di Kantor Camat

  • Selasa, 18 Sep 2018 17:32

    Ratusan Warga Bumi Ayu Protes ke Pengadilan Negeri Dumai Terkait Sengketa Lahan

    Xnewss.com, Dumai - Kantor Pengadilan Kelas I A Dumai mendadak disesaki warga, Selasa (18/09/2018) pagi. Kedatangan ratusan warga dari 4 Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan

  • Selasa, 18 Sep 2018 16:50

    8 Pasangan Remaja Dijaring Petugas Gabungan di Wisma dan Kos-kosan

    Xnewss.com, Dumai - Sedikitnya terdapat 8 pasangan remaja yang diamankan petugas gabungan saat menggelar Operasi Yustisi, Selasa (18/09/2018) pagi, di sejumlah Wisma dan kamar kos-kosan. Pasangan

  • Selasa, 18 Sep 2018 16:05

    Operasi Yustisi Menyasar Rumah Kos, Tim Gabungan Amankan Pasangan Bukan Suami Istri

    Xnewss.com, Dumai - Dengan menyasar sejumlah rumah kos-kosan yang terdapat di Kota Dumai. Tim gabungan yang menggelar Operasi Yustisi berhasil menjaring sejumlah penghuni kos yang tidak memiliki Kartu

  • Kamis, 13 Sep 2018 15:58

    Pemilu Damai 2019, Dideklarasikan Pemko Dumai

    Xnewss.com, Dumai - Pemerintah Kota (Pemko) Dumai menggelar deklarasi Pemilu dan Pilpres Damai 2019, Kamis, (13/09/2018) pagi. Kegiatan tersebut dipusatkan di halaman Kantor Walikota Lama di Jala

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak