• Home
  • Peristiwa
  • Ini Cerita Korban Tragedi Kelam Kerusuhan Rutan Siak

Ini Cerita Korban Tragedi Kelam Kerusuhan Rutan Siak

redaksi
Selasa, 14 Mei 2019 22:36
Wan
Siswanto perlihatkan bekas luka tembakan.
Xnewss.com, Siak- Siswanto (36) salah seorang masyarakat menjadi korban kerusuhan Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Siak, menyebutkan kejadian itu merupakan kisah kelamnya ketika berada dilokasi kejadian. 

Ia menuturkan, keberadaan dirinya di Rutan Kelas IIB Siak ingin mengetahui keberadaan dan keselamatan adik kandungnya yang masih menjalani masa hukum. 

Saat ini masih terbayang-bayang kejadian mencekam itu berlangsung. Ia memikirkan bagaimana nasib sang adik kandungnya yang berada ditengah terjadinya kerusuhan. 

"Bukan hanya saya, orang tua dirumah juga ikut tidak tenang maka dari itu saya bersama saudara kandungnya bergegas menuju Rutan untuk memastikan kondisi adik saya," ujarnya kepada Xnewss.com, Selasa (14/05/2019).

 Setibanya di Rutan Siak, ia melihat semua napi fokus pada pintu tembok belakang lapas, dengan rasa percaya diri, Siswanto masuk ingin memastikan nasib saudara kandungnya. 

"Karena saya terbayang bagaimana kondisi tengah malam, dan tentunya pintu sel digembok sementara adiknya didalam bersama napi lainnya. Kalaulah api menjalar tentu terlintas dipikiran adik saya bakal terpanggang bersama napi lainnya," ceritanya.

Ia mengakui, bahwa dirinya pernah merasakan hidup dibalik jeruji tersebut, justru itu dirinya tau situasi dan kondisi Rutan Siak. 

Selain ingin melihat keadaan sang adik, Siswanto juga bermaksud baik yaitu jika bertemu sang adik dan napi lainnya yang juga ikut mengenal dirinya untuk tidak melarikan diri karena masa hukuman tidak lama lagi, kalau melarikan diri alangkah ruginya.

"Namun, disaat saya mencoba menerobos masuk dari pintu tembok belakang, tiba-tiba dari jarak 7 meter terdengar letupan senjata berpeluru karet menghantam antara bahu dan lehernya. Saat itu, saya sempat pingsan terkejut dan disambut saudara saya (Ucok, red) ada perasaan sangat haus dan panas sekali saat itu," ucapnya sembari menunjuk bekas lika dibagian antar leher dan bahunya tersebut. 

Disisi lain, pria yang ingin memastikan kondisi adiknya itu berhasil mengamankan sedikitnya delapan orang napi yang hendak melarikan diri pada saat kejadian kerusahan. 

"Setelah mengevakuasi warga binaan saat itu baru saya ke RSUD Siak dini hari, setiba dirumah sakit memang sempat dironsen," katanya. 

Namun saat itu dirinya sangat kecewa terhadap penanganan pihak RSUD Siak yang tidak memberikan penanganan terhadap dirinya hingga pukul 10.00 WIB. "Sampai pagi saya tidak diberikan obat apapun oleh petugas RSUD, lantaran tidak ada yang bertanggungjawab untuk biaya administrasi, merasa tidak dilayani saya pulang ke rumah," sebutnya kesal. 

 Padahal saat itu dirinya membutuhkan obat penahan sakit. Namun lantaran kesal atas pelayanan rumah sakit ia pulang dan kembali menghubungi pegawai Rutan Siak. "Setelah itu saya disuruh lagi ke RSUD dan baru dilayani dan diberi obat karena ditanggung oleh pihak Rutan Siak," tutupnya.(Wan)
T#g:Ricun Antar NapiRutan Kelas II Siak Terbakar
Berita Terkait
  • Kamis, 16 Mei 2019 16:38

    Tahanan Rutan Siak Kembali di Pindahkan ke Rutan Dumai

    Xnewss.com, Dumai - Paska kerusahan beberapa waktu lalu, kembali sebanyak 20 orang warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II Siak kembali di pindahkan ke Rutan Kelas II B Dumai, Rabu (15/05) se

  • Minggu, 12 Mei 2019 21:10

    Rutan Siak Terbakar, Sejumlah Narapidana Dipindahkan ke Rutan Kelas II B Dumai

    Xnewss.com, Dumai - Lima narapidana dari Rumah Tahanan (Rutan) Siak dipindahkan ke Rutan Kelas II Dumai, Sabtu (11/05/2019). Pemindahan itu mendapat pengawalan dari personil Polres Dumai dengan b

  • Sabtu, 11 Mei 2019 04:58

    Rutan Kelas II Siak Terbakar Usai Terjadi Kericuhan Antar Narapidana

    Xnewss.com, Siak - Rumah Tahanan (Rutan) kelas II Siak hangus terbakar. Kebakaran itu terjadi diduga akibat kegaduhan yang berlangsung dari pukul 22.00 WIB, Jumat (10/05/2019) di dalam ruang tahanan R

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak