• Home
  • Peristiwa
  • Dalam Kapal Tak Bertuan, BC Sita Ratusan Barang Bekas

Dalam Kapal Tak Bertuan, BC Sita Ratusan Barang Bekas

redaksi
Kamis, 01 Mar 2018 20:08
IST
PLI KPPBC Dumai Khairil Anwar saat menunjukkan ratusan barang bekas yang diamankan dari kapal tanpa awak di Alur Sungai Berkey, Kabuoaten Rokan Hilir.
Xnewss.com, Dumai- Kantor Pelayanan dan penindakan Bea dan Cukai (KPPBC) TMP B Dumai mengamankan sebuah kapal tanpa nama GT 6 yang mengangkut barang bekas diduga asal Malaysia pada, Sabtu (24/02/2018) sekira pukul 22.00 WIB.

Kapal kayu yang mengangkut ban bekas, spare part mobil, komputer dan asesoris komputer ini ditemukan tidak bertuan di alur sungai hutan bakau pulau Berkey (hutan lindung yang tidak berpenghuni) dengan kondisi barang berserakan di bibir pantai.

Namun sayang, penangkapan ini kembali tidak ada awak kapal yang diamankan petugas dan kapal ditemukan dalam kondisi tidak berawak dibibir pantai.

Petugas pusat layanan informasi (PLI) KPPBC Dumai Khairil Anwar membenarkan adanya penangkapan barang seludupan asal Malaysia tersebut.

"Barang seludupan kita amankan dari atas kapal kayu yang diduga sedang melakukan pembongkaran muatan di Alur sungai hutan bakau pulau Berkey, Kabaputan Rokan Hilir dengan kondisi muatan kapal ada yang berserakan dibibir pantai," ujarnya.

Lanjut nya, "Saat kita amankan memang masih kita temukan diduga awak kapal, namun mereka berhasil kabur saat didekati. Kondisi medan yang tidak kita pahami dengan detail karena hutan, membuat awak kapal berhasil kabur dari kejaran kita. Karena diperkirakan mereka telah menguasai seluk beluk lokasi pulau tersebut," jelas pria yang akrab disapa Boy ini.

Terkait barang barang yang diamankan lanjut khairul, untuk barang yang diamankan semuanya merupakan barang bekas asal Malaysia dengan rincian ban bekas sebanyak 420 pcs, spare part mobil 9 pcs, CPU komputer 331 pcs, keyboard 1.831 pcs, monitor 113 pcs, speaker 6 koli dan seolah asesoris komputer lainnya seperti mouse, power suplai, kontrol game dan lainnya sebanyak 15 koli.

Untuk nilai barang sendiri perkirakan mencapai Rp350 juta, namun karena barang bekas yang diselundupkan pihaknya tidak dapat melelangnya. Nantinya atas barang tersebut akan dilakukan pemusnahan dan sudah meminta surat edaran pemusnahan dari KPKNL Dumai.

"Melihat dari kondisi barang yang diseludupkan besar kemungkinan barang yang kita amankan ini akan dibawa keluar Rohil seperti ke Medan dan lainnya sementara Rohil hanya dijadikan lokasi bongkar barang aja," tutupnya. (Sa)
T#g:Bea Cukai DumaiDumai RiauHukrimMasyarakat Kota Dumai
Berita Terkait
  • Selasa, 18 Sep 2018 19:37

    Forkopincam Medang Kampai Perdana Deklarasikan Pileg dan Pilpres 2019 Aman dan Damai

    Xnewss.com, Dumai - Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Medang Kampai perdana dalam melaksanakan Deklarasi Pileg dan Pilpres 2019 yang aman dan damai, Selasa (18/09/2019) di Kantor Camat

  • Selasa, 18 Sep 2018 17:32

    Ratusan Warga Bumi Ayu Protes ke Pengadilan Negeri Dumai Terkait Sengketa Lahan

    Xnewss.com, Dumai - Kantor Pengadilan Kelas I A Dumai mendadak disesaki warga, Selasa (18/09/2018) pagi. Kedatangan ratusan warga dari 4 Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan

  • Selasa, 18 Sep 2018 16:50

    8 Pasangan Remaja Dijaring Petugas Gabungan di Wisma dan Kos-kosan

    Xnewss.com, Dumai - Sedikitnya terdapat 8 pasangan remaja yang diamankan petugas gabungan saat menggelar Operasi Yustisi, Selasa (18/09/2018) pagi, di sejumlah Wisma dan kamar kos-kosan. Pasangan

  • Selasa, 18 Sep 2018 16:05

    Operasi Yustisi Menyasar Rumah Kos, Tim Gabungan Amankan Pasangan Bukan Suami Istri

    Xnewss.com, Dumai - Dengan menyasar sejumlah rumah kos-kosan yang terdapat di Kota Dumai. Tim gabungan yang menggelar Operasi Yustisi berhasil menjaring sejumlah penghuni kos yang tidak memiliki Kartu

  • Kamis, 13 Sep 2018 15:58

    Pemilu Damai 2019, Dideklarasikan Pemko Dumai

    Xnewss.com, Dumai - Pemerintah Kota (Pemko) Dumai menggelar deklarasi Pemilu dan Pilpres Damai 2019, Kamis, (13/09/2018) pagi. Kegiatan tersebut dipusatkan di halaman Kantor Walikota Lama di Jala

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak