• Home
  • Peristiwa
  • Dalam Kapal Tak Bertuan, BC Sita Ratusan Barang Bekas

Dalam Kapal Tak Bertuan, BC Sita Ratusan Barang Bekas

redaksi
Kamis, 01 Mar 2018 20:08
IST
PLI KPPBC Dumai Khairil Anwar saat menunjukkan ratusan barang bekas yang diamankan dari kapal tanpa awak di Alur Sungai Berkey, Kabuoaten Rokan Hilir.
Xnewss.com, Dumai- Kantor Pelayanan dan penindakan Bea dan Cukai (KPPBC) TMP B Dumai mengamankan sebuah kapal tanpa nama GT 6 yang mengangkut barang bekas diduga asal Malaysia pada, Sabtu (24/02/2018) sekira pukul 22.00 WIB.

Kapal kayu yang mengangkut ban bekas, spare part mobil, komputer dan asesoris komputer ini ditemukan tidak bertuan di alur sungai hutan bakau pulau Berkey (hutan lindung yang tidak berpenghuni) dengan kondisi barang berserakan di bibir pantai.

Namun sayang, penangkapan ini kembali tidak ada awak kapal yang diamankan petugas dan kapal ditemukan dalam kondisi tidak berawak dibibir pantai.

Petugas pusat layanan informasi (PLI) KPPBC Dumai Khairil Anwar membenarkan adanya penangkapan barang seludupan asal Malaysia tersebut.

"Barang seludupan kita amankan dari atas kapal kayu yang diduga sedang melakukan pembongkaran muatan di Alur sungai hutan bakau pulau Berkey, Kabaputan Rokan Hilir dengan kondisi muatan kapal ada yang berserakan dibibir pantai," ujarnya.

Lanjut nya, "Saat kita amankan memang masih kita temukan diduga awak kapal, namun mereka berhasil kabur saat didekati. Kondisi medan yang tidak kita pahami dengan detail karena hutan, membuat awak kapal berhasil kabur dari kejaran kita. Karena diperkirakan mereka telah menguasai seluk beluk lokasi pulau tersebut," jelas pria yang akrab disapa Boy ini.

Terkait barang barang yang diamankan lanjut khairul, untuk barang yang diamankan semuanya merupakan barang bekas asal Malaysia dengan rincian ban bekas sebanyak 420 pcs, spare part mobil 9 pcs, CPU komputer 331 pcs, keyboard 1.831 pcs, monitor 113 pcs, speaker 6 koli dan seolah asesoris komputer lainnya seperti mouse, power suplai, kontrol game dan lainnya sebanyak 15 koli.

Untuk nilai barang sendiri perkirakan mencapai Rp350 juta, namun karena barang bekas yang diselundupkan pihaknya tidak dapat melelangnya. Nantinya atas barang tersebut akan dilakukan pemusnahan dan sudah meminta surat edaran pemusnahan dari KPKNL Dumai.

"Melihat dari kondisi barang yang diseludupkan besar kemungkinan barang yang kita amankan ini akan dibawa keluar Rohil seperti ke Medan dan lainnya sementara Rohil hanya dijadikan lokasi bongkar barang aja," tutupnya. (Sa)
T#g:Bea Cukai DumaiDumai RiauHukrimMasyarakat Kota Dumai
Berita Terkait
  • Minggu, 24 Jun 2018 23:36

    Diduga KTV Dinasty Sering Digunakan Sebagai Lokasi Penyalahgunaan Narkoba

    Xnewss.com, Dumai - Sebelum dilakukan penggerebekan terhadap KTV Dinasty, Kamis (21/06/2018) lokasi itu diduga sering dijadikan sebagai lokasi penyalahgunaan narkoba. Dalam penangkapan itu Satuan Rese

  • Minggu, 24 Jun 2018 23:14

    SMEKER 98 Temu Kangen Pertama Setelah 20 Tahun Berpisah

    Xnewss.com, Dumai - Selama lebih kurang 20 tahun alumni SMEKER Dumai (Smea Erna) angkatan 1998 berpisah sejak kelulusan. Beragam kesibukan dan keadaan, membuat komunikasi antar alumnus terputus.Diawal

  • Minggu, 24 Jun 2018 16:18

    Polisi Gerebek KTV Dinasty, 6 Tersangka dan Barang Bukti Ekstasi Diamankan

    Xnewss.com, Dumai - Satuan Reserse dan Narkoba (Satnarkoba) Polres Dumai melakukan penggerebekan di KTV Dinasty, Kamis (21/06/2018) lalu sekira pukul 00.30 WIB. Dalam penggerebekan itu Polisi berhasil

  • Sabtu, 23 Jun 2018 20:11

    Sedang Pasang Tenda Pesta, 4 Orang Terpental Tersengat Listrik Tegangan Tinggi

    Xnewss.com, Dumai- Tersengat aliran listrik tegangan tinggi, empat orang (Pria,Red) pingsan serta alami luka bakar, di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Bukit Kapur, Kecamatan Bukit Kapur, Dumai Saptu (

  • Sabtu, 23 Jun 2018 12:31

    Tak Disosialisasi ke Warga, Pembangunan Safety Valve PGN Bikin Resah

    Xnewss.com, Dumai - Pembangunan lokasi Safety Valve (SV) pump untuk tekanan pembagian jaringan gas dari Perusahaan Gas Negara Di Bukit Nenas. Warga RT09 saat ini resah, terutama rumahnya bersebelahan

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak