• Home
  • Peristiwa
  • Dalam Kapal Tak Bertuan, BC Sita Ratusan Barang Bekas

Dalam Kapal Tak Bertuan, BC Sita Ratusan Barang Bekas

redaksi
Kamis, 01 Mar 2018 20:08
IST
PLI KPPBC Dumai Khairil Anwar saat menunjukkan ratusan barang bekas yang diamankan dari kapal tanpa awak di Alur Sungai Berkey, Kabuoaten Rokan Hilir.
Xnewss.com, Dumai- Kantor Pelayanan dan penindakan Bea dan Cukai (KPPBC) TMP B Dumai mengamankan sebuah kapal tanpa nama GT 6 yang mengangkut barang bekas diduga asal Malaysia pada, Sabtu (24/02/2018) sekira pukul 22.00 WIB.

Kapal kayu yang mengangkut ban bekas, spare part mobil, komputer dan asesoris komputer ini ditemukan tidak bertuan di alur sungai hutan bakau pulau Berkey (hutan lindung yang tidak berpenghuni) dengan kondisi barang berserakan di bibir pantai.

Namun sayang, penangkapan ini kembali tidak ada awak kapal yang diamankan petugas dan kapal ditemukan dalam kondisi tidak berawak dibibir pantai.

Petugas pusat layanan informasi (PLI) KPPBC Dumai Khairil Anwar membenarkan adanya penangkapan barang seludupan asal Malaysia tersebut.

"Barang seludupan kita amankan dari atas kapal kayu yang diduga sedang melakukan pembongkaran muatan di Alur sungai hutan bakau pulau Berkey, Kabaputan Rokan Hilir dengan kondisi muatan kapal ada yang berserakan dibibir pantai," ujarnya.

Lanjut nya, "Saat kita amankan memang masih kita temukan diduga awak kapal, namun mereka berhasil kabur saat didekati. Kondisi medan yang tidak kita pahami dengan detail karena hutan, membuat awak kapal berhasil kabur dari kejaran kita. Karena diperkirakan mereka telah menguasai seluk beluk lokasi pulau tersebut," jelas pria yang akrab disapa Boy ini.

Terkait barang barang yang diamankan lanjut khairul, untuk barang yang diamankan semuanya merupakan barang bekas asal Malaysia dengan rincian ban bekas sebanyak 420 pcs, spare part mobil 9 pcs, CPU komputer 331 pcs, keyboard 1.831 pcs, monitor 113 pcs, speaker 6 koli dan seolah asesoris komputer lainnya seperti mouse, power suplai, kontrol game dan lainnya sebanyak 15 koli.

Untuk nilai barang sendiri perkirakan mencapai Rp350 juta, namun karena barang bekas yang diselundupkan pihaknya tidak dapat melelangnya. Nantinya atas barang tersebut akan dilakukan pemusnahan dan sudah meminta surat edaran pemusnahan dari KPKNL Dumai.

"Melihat dari kondisi barang yang diseludupkan besar kemungkinan barang yang kita amankan ini akan dibawa keluar Rohil seperti ke Medan dan lainnya sementara Rohil hanya dijadikan lokasi bongkar barang aja," tutupnya. (Sa)
T#g:Bea Cukai DumaiDumai RiauHukrimMasyarakat Kota Dumai
Berita Terkait
  • Jumat, 14 Des 2018 16:13

    Gandeng Poktan Lansia, Pertamina RU II Sulap Asset 'Tidur' Jadi Kebun Buah

    Xnewss.com, Dumai- Komitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pertamina RU II Dumai kembali melakukan gebrakan. Kali ini perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menggandeng Kelompok

  • Jumat, 14 Des 2018 15:38

    BNNK Dumai Amankan 500 Gram Sabu, 75 Butir Ekstasi dan 1 Kg Ganja

    Xnewss.com, Dumai- Selama 2018, Badan Narkotika Nasional Kota(BNNK) Dumai berhasil mengungkap sebanyak 7 perkara narkotika dengan 6 tersangka diungkap selama 12 bulan belakangan ini. Hal itu sesu

  • Kamis, 13 Des 2018 21:19

    Narkoba Kejahatan Tertinggi di Riau

    Xnewss.com, Dumai- Tindak kejahatan narkoba menjadi tingkat kejahatan tertinggi di Provinsi Riau dalam beberapa tahun belakangan iniPanjangnya bibir pantai dan banyaknya pelabuhan tikus yang ada

  • Rabu, 12 Des 2018 18:25

    Laga Kambing Dengan Truk CPO, Mobil Avanza Ringsek

    Xnewss.com, Dumai - Sebuah mobil avanza ringsek parah usai beradu kambing dengan mobil truk cpo, Selasa (11/12/2018) sekira pukul 21.00 WIB. Kecelakaan itu terjadi di Jalan Soekarno Hatta dekat pos Di

  • Selasa, 11 Des 2018 15:38

    Gelper King Zone Langgar Jam Operasional, Ini Kata Satpol PP

    Xnewss.com, Dumai- Masyarakat mengeluhkan Gelanggang permainan (Gelper) King Zone yang berada di Jalan Hasanudin diduga menyalahi aturan. Pasalnya tempat usaha tersebut buka hingga pukul 01.00 WIB. S

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak