• Home
  • Peristiwa
  • Cegah Banjir, LPMK Jaya Mukti Bersihkan Tumbuhan Liar di Parit

Cegah Banjir, LPMK Jaya Mukti Bersihkan Tumbuhan Liar di Parit

redaksi
Minggu, 25 Agu 2019 17:51
Sar
LPMK Kelurahan Jaya Mukti saat gotong royong membersihkan tumbuhan liar yang menutupi parit di sepanjang Jalan Janur Kuning.
Xnewss.com, Dumai - Kelurahan Jayamukti bersama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Jaya Mukti menggelar aksi Gotong Royong (Goro) membersihkan tumbuhan liar enceng gondong yang penuhi parit di Jalan Janur Kuning, Minggu (25/08/2019) pagi.

Aksi bersih-bersih yang dilaksanakan LPMK bersama warga itu bentuk kepedulian lingkungan sekaligus upaya mencegah penyumbatan parit yang dapat mengakibatkan kebanjiran saat musim penghujan.

Dengan menggunakan peralatan seadanya, belasan warga yang didominan oleh para petua tersebut secara bahu membahu mengangkat keluar tumbuhan enceng gondok yang telah menutupi hampir keseluruhan permukaan parit.

"Aksi bersih-bersih yang kami laksanakan hari ini merupakan salah satu program peduli lingkungan yang telah di canangkan. Kedepanya kami berharap kegiatan serupa dapat dukungan lebih banyak lagi baik dari pemerintah dan masyarakat di Kelurahan Jaya Mukti khususnya," ujar Supriyadi Ketua LPMK Kelurahan Jaya Mukti.

Lanjut Supriyadi mengatakan, meski dalam kegiatan ini pihaknya tidak dapat membersihkan disepanjang parit Jalan Janur Kuning, namun apabila dilaksanakan secara rutin dan berkala tentunya akan mendapatkan hasil yang maksimal.

"Dibutuhkan banyak tenaga dan prasana untuk dapat membersihkan sepanjang parit ini (Janur kuning,red). Terlebih apabila dibantu oleh alat berat, selain membersihkan hal itu juga dapat memgatasi pendangkalan parit yang diakibatkan oleh tumpukan sampah dan tanaman liar tersebut," jelas pria yang akrap disapa Supri itu.

Kedepanya Pemerintah dalam hal ini Kelurahan Jaya Mukti dan LPMK mengharapkan kepedulian warga terdapat lingkungan lebih dioptimalkan. Pihaknya tak bosan-bosan Menghimbau kepada masyarakat di Kelurahan Jayamukti untuk dapat membudayakan kegiatan gotong royong.

"Dengan bergotong royong, bersama kita bisa mengatasi permasalahan lingkungan baik itu banjir maupun penyebaran wabah DBD yang diakibatkan oleh nyamuk Aides Aggty," Imbuhnya. (Sa)
T#g:
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir

RSS

Kontak