• Home
  • Peristiwa
  • Cegah Abrasi, Lanal Dumai Tanam 4500 Pohon Mangrove

Cegah Abrasi, Lanal Dumai Tanam 4500 Pohon Mangrove

redaksi
Senin, 07 Okt 2019 12:00
Sar
Penanaman mangrove oleh Lanal Dumai rangka HUT TNI ke 74.
Xnewss.com, Dumai- Permasalahan abrasi menjadi perhatian khusus di Kota Dumai, bentuk kepedulian dan pencegahan hal tersebut Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) melakukan penanaman 4500 pohon mangrove atau bakau di Dermaga TNI Angkatan Laut, Senin (07/10/2019) pagi.

Penanaman pohon mangrove berlangsung serantak diseluruh Indonesia. Ada sekitar 300 ribu pohon yang ditanam sempena Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 74.

Komandan Lanal Dumai, Kolonel Laut (P) Wahyu Dili Yudha Hadianto dalam sambutannya menyampaikan, penanan pohon mangrove ini dalam rangka peringatan HUT ke 74 TNI, sekaligus pemecahan rekor muri penanaman pohon mangrove sebanyak 300.047 pohon tersebur diseluruh periran di Indonesia.

"Penanaman ini mulai dari Armada I hingga Armada III. Untuk Kota Dumai ada 4500 pohoj yang dilakukan penanaman," ungkap Kolonel Laut (P) Wahyu Dili Yudha.

Menurutnya, Lanal Dumai sebagai komponen maritim yang mempunyai tugas membina potensi nasional kekuatan maritim. Satu diantaranya dengan memelihara lingkungan hidup, khususnya di wilayah Desa Pesisir binaan Lanal Dumai untuk masa depan generasi penerus bangsa.

"Kegiatan ini juga bertujuan mencegah permasalahan abrasi yang menjadi perhatian khusus di Kota Dumai. Untuk itu dalam rangka memperingati HUT ke 74 TNI ini dapat melestarikannya kekayaan alam khususnya di Kota Dumai melalui penanaman pohon mangrove ini," harapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo menambahkan, Kota Dumai terdapat 135 kilo garis pantai dan 40 persen APBD Kota Dumai berasal dari laut, untuk itu mari bersama menjaga kelestarian alam yang ada di Kota Dumai, guna peningkatan perekonomian masyarakat.

Disamping itu, dengan potensi besar yang dihasilkan dari laut, Wawako Dumai tidak menafikan bahwa polusi dan pencemaran laut di Kota Dumai dampak dari keberadaan dan aktivitas-aktivitas perusahaan. Termasuk abrasi, meski Pemerintah sendiri sudah berupaya memasang turap disejumlah bibir pantai bentuk upaya pencegahan.

"Abrasi juga menjadi perhatian bersama, dimana banyaknya aktivitas di perairan membuat pengikisan tanah dipinggir pantai menjadi hal yang cukup memprihatinkan. Terimakasih untuk Lanal Dumai yang sangat peduli terhadap lingkungan, kita juga berharap dengan penanaman 4500 pohon mangrove ini dapat mencegah terjadinya abrasi dan bermanfaat kedepannya," pungkas Wawako Dumai.(Ry)
T#g:
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2019 xnewss.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir

RSS

Kontak