Notice: Use of undefined constant kat - assumed 'kat' in /home/u7391150/public_html/xnewss/include/fungsi.php on line 695

    Notice: Use of undefined constant title - assumed 'title' in /home/u7391150/public_html/xnewss/include/fungsi.php on line 699

    Notice: Use of undefined constant alias - assumed 'alias' in /home/u7391150/public_html/xnewss/include/fungsi.php on line 703

    Notice: Use of undefined constant Kategori - assumed 'Kategori' in /home/u7391150/public_html/xnewss/include/fungsi.php on line 703

    Notice: Use of undefined constant Judul - assumed 'Judul' in /home/u7391150/public_html/xnewss/include/fungsi.php on line 703
  • Home
  • Peristiwa
  • Belum Sembuh, Pasien Positif Covid-19 Justru Dipulangkan

Belum Sembuh, Pasien Positif Covid-19 Justru Dipulangkan

redaksi
Senin, 18 Mei 2020 18:59
Istimewa
Foto ilustrasi.
Xneess.com, Karimun - Pemulangan Pasien positif Covid-19 di Karimun oleh pihak RSUD Karimun yang menimbulkan pro dan kontra ditengah masyarakat, hal itu dibenarkan oleh juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Drs.Rachmadi, Apt, M. AP yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Karimun saat dihubungi Wartawan via telepon, Senin (18/05/2020).

"Iya, pasien nomor lima yang berusia 15 tahun sudah dipulangkan kurang lebih seminggu yang lalu untuk menjalani isolasi mandiri dirumahnya," ujar Rachmadi.

Terkait pemulangan pasien positf tersebut Rachmadi menjelaskan bahwa Pasien tersebut dipulangkan berdasarkan analisa dokter anak RSUD Muhammad Sani lantaran kondisinya yang telah membaik.

"Pasien sudah tidak memiliki gejala, maka sesuai protokol penanganan covid-19 pasien tersebut boleh dipulangkan," tutur Rachmadi menjelaskan ucapan dokter tersebut.

Namun menurut Rachmadi sendiri menjelaskan, hasil swab dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kota Batam, pasien nomor lima itu belum bisa dinyatakan sembuh.

"Pasien itu hasil swab pertamanya negatif, namun kedua kalinya positif, sedangkan untuk menyatakan pasien telah sembuh itu harus mendapat hasil negatif dua kali berturut-turut," jelasnya.

Terpisah, salah seorang warga yang tinggal tidak jauh dari kediaman pasian 05 menjelaskan kepada awak media ini mengaku cemas dengan dipulangkannya pasien positif tersebut.

"siapa yang bisa menjamin isolasi mandiri yang dilakukan pihak keluarga pasien sesuai protokoler kesehatan, apakah pihak RSUD bisa memantau 24 jam pak?," ucap warga tersebut yang enggan disebutkan namanya.

Untuk diketahui, pasien nomor lima tersebut terpapar Covid-19 dari cluster pasien nomor dua yakni kakeknya yang berusia 90 tahun, dan dilaporkan hingga saat ini di Kabupaten Karimun dari lima kasus positif, sudah empat pasien dinyatakan sembuh dari virus yang pertamakali muncul di Kota Wuhan Tiongkok tersebut. (G/baron)
T#g:
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2020 xnewss.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir

RSS

Kontak