Peristiwa

46 Orang Kontak Erat dengan Kapolsek Kundur di Rapid Test, ini hasilnya

redaksi
Istimewa
Xnewss.com, Karimun - Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun mulai melacak orang-orang yang sempat kontak erat dengan Kapolsek Kundur, Kompol Endi Endarto.


Hal itu dilakukan karena Kompol Endi Endarto dinyatakan positif Covid-19 sebelum meninggal dunia pada, Rabu (29/07/2020) lalu.


Pelacakan itu dibenarkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi saat dihubungi wartawan Kamis (30/07/2020).


"Dari hasil tracing, didapati 46 orang yang kontak erat dengan Kapolsek Kundur," ujar Rachmadi.


Rachmadi mengatakan, usai dilakukan Tracing pihaknya langsung melakukan rapid test terhadap 46 orang tersebut.


"46 orang itu diantaranya dari institusi Polri, pejabat setempat dan masyarakat. Sudah kita lakukan rapid test, dan hasilnya 2 orang dinyatakan reaktif," katanya.


Rachmadi juga menjelaskan mengenai arti kontak erat pasien Covid-19.


"Berdasarkan aturan dari Kementrian Kesehatan, kontak erat itu ialah mereka yang berjarak kurang dari 1 meter dan lebih dari 15 menit bersama pasien yang dinyatakan positif Covid-19," jelasnya.


Sambungnya, terkait Kapolsek Kundur itu. Rachmadi mengimbau masyarakat yang merasa sempat kontak erat dengannya agar segera memeriksakan diri ke tempat pelayanan kesehatan terdekat.


"Utamanya bagi warga yang merasa kontak erat di atas tanggal 12 Juli dengan pasien dan merasakan gejala Covid-19, kita imbau segera memeriksakan diri di Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat," tutup Rachmadi. (G/boy)

Penulis: redaksi