• Home
  • Nasional
  • Hebat Siak, Bisa Meraih Anugerah HAM untuk Kedua Kali

Hebat Siak, Bisa Meraih Anugerah HAM untuk Kedua Kali

Kamis, 08 Des 2016 23:27

Sempena Peringatan Hari Hak Asasi Nasional se-Dunia ke-68 Tahun 2016, Kabupaten Siak kembali meraih penghargaan kabupaten peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tingkat Nasional oleh Kementerian Hukum dan HAM RI. 

Anugerah yang kedua kalinya diraih Siak tersebut diserahkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoli kepada Wakil Bupati Siak Alfedri di Surabaya, Kamis (8/12/2016).
 
Penghargaan yang diserahkan di Komplek Gedung Negara Grahadi tersebut, diberikan kepada Kabupaten Siak berdasarkan penilaian konsistensi kebijakan pembangunan di Negeri Istana dalam menciptakan iklim masyarakat yang peduli HAM. Tampak sejumlah petinggi dilingkungan Kemenkumham, Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia turut hadir dalam kesempatan itu.

Penghargaan yang diraih tersebut kata Wabup Siak Alfedri, semakin memacu motivasi jajaran Pemkab Siak untuk terus mewujudkan implementasi HAM, misalnya terkait layanan aduan online Simas (Sistem Pelayanan Komunikasi Masyarakat Hak Asasi Manusia on-line) yang dilaunching Kemenkum HAM RI pada hari yang sama.

"Setidaknya ada 9 indikator menjadi penilaian Siak sebagai Kabupaten peduli HAM, diantaranya kabupaten peduli anak, upaya memajukan pendidikan, penanggulangan kemiskinan, serta kondisi sosial budaya yang mendukung," kata Alfedri.

Sementara itu Kabag Hukum Setda Kabupaten Siak Jhon Efendi, mengatakan implementasi nilai HAM sejak lama jadi bagian paradigma membangun di Kabupaten Siak.

"Saat ini, kita sudah punya jaringan informasi dokumentasi hukum, kedepan kita akan mengkaji apakah sistem ini bisa diintegrasikan. Dalam waktu dekat, Pemkab akan konsultasi lebih lanjut upaya tersebut bersama jajaran Kemenkumham," jelasnya. ***(rls/fit)


Sumber : wasiatnews.com
T#g:
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2018 xnewss.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir

RSS

Kontak